Gambar Cangkir Kopi yang Unik dan Menarik

by | Feb 17, 2021 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Cangkir Kopi – Bagi beberapa orang yang memang memiliki hobi untuk menggambar dan mewarnai, maka segala jenis benda apapun bisa menjadi inspirasi. Salah satunya yakni gambar cangkir kopi. Umumnya kebanyakan dari pemula akan belajar cara dalam mengarsir menggunakan pensil.

Cara Membuat Gambar Cangkir Kopi

Salah satu inspirasi cukup umum yang orang-orang pilih untuk menggambar adalah cangkir kopi. Bentuknya pun beragam sehingga membuat mereka akhirnya gemar mencoba hal-hal baru demi meningkatkan kemampuannya. Lantas bagaimana sebenarnya cara membuatnya? Berikut ulasannya:

  1. Mempersiapkan Cangkir Kopi sebagai Model

cangkir kopi keramik model abstrak

Tentu akan menjadi hal yang menyulitkan apabila Anda menggambar namun tidak ada contoh sebagai model objeknya. Begitu pun dengan membuat gambar cangkir kopi satu ini. Pastinya setiap orang memiliki setidaknya satu buah di rumah sehingga dapat mereka manfaatkan menjadi alat bantu.

Anda bisa melakukannya sesuai dengan sudut pandang sesuai keinginan. Satu hal perlu mereka perhatikan yaitu darimana sumber cahayanya. Pasalnya faktor ini akan berpengaruh pada bayangan setiap objek sehingga berkaitan pada tingkat kegelapan suatu objek setelah gambar jadi.

  1. Mempersiapkan Alat-alat Gambar

peralatan gambar cangkir kopi

Tidak hanya mengutamakan model objeknya saja, Anda juga harus mempersiapkan apa saja alat gambarnya. Hal ini akan sesuai dengan kebutuhan menggambarnya. Misalnya ketika hanya ingin memutuskan untuk mengarsir hitam putih saja maka akan memerlukan pensil dengan berbagai jenis.

Lain halnya jika Anda ingin menggambar dengan warna selain hitam putih maka bisa menggunakan berbagai jenis pewarna. Mulai dari pensil warna, crayon, cat air atau pewarna lainnya. Jangan lupa untuk mempersiapkan alat gambar seperti kertas, penghapus dan penggaris.

  1. Memulai dengan Menggambar Objek

Hal pertama yang dapat Anda lakukan yakni dengan menggambar objek mulai dari garis tepinya. Perhatikan bentuk pada cangkir kopi ini sesuai pada objek. Usahakan untuk tidak sering menghapusnya karena hal ini justru menjadi kebiasaan kurang baik bagi pemula saat mengarsir.

Jadikan kesalahan coretan menggunakan pensil ini sebagai lanjutan untuk menggambarnya kembali. Jangan fokus pada tingkat kegelapan di bayangan yang ada namun perhatikan dahulu agar gambar cangkir kopi berhasil sesuai dengan wujud aslinya. Setidaknya bentuknya hampir menyerupai.

  1. Mengarsir atau Mewarnai

Bagi Anda yang sudah berhasil membuat gambar cangkir kopi secara kasar dan belum memiliki warna sama sekali, kini saatnya untuk mewarnai atau mengarsir. Objek ini akan masuk ke golongan gambar tiga dimensi ketika bayangan pada permukaannya menjadi penentu dari tingkat kegelapan.

Umumnya penggunaan gambar objek 3 dimensi ini kebanyakan akan menggunakan pensil untuk mengarsirnya. Namun bukan berarti Anda tidak bisa memakai pewarna lain. Hal ini tentu masih dapat menjadi salah satu cara asalkan masih memperhatikan tingkat kegelapan dari objek aslinya.

Jenis-jenis Gambar Cangkir Kopi

Banyak sekali gambar cangkir kopi yang dapat Anda coba untuk menggambarnya. Umumnya setiap objek ini akan memiliki model dan motif berbeda. Adanya perbedaan ini akan memberikan pengalaman baru bagi masing-masing orang khusus jika mereka ingin meningkatkan skill-nya. Berikut ulasannya:

  1. Gambar Cangkir Kopi Bercincin

model cangkir kopi cincin

Cangkir kopi ini menjadi salah satu jenis yang paling umum Anda jumpai di rumah. Bentuk seperti ini bisa saja sebagai contoh objek paling utama sebelum mencoba gambar lainnya. Modelnya pun sederhana hanya memiliki pegangan di permukaan tubuhnya.

Cangkir kopi bercincin seperti ini akan memberikan bayangan khusus dari pegangannya. Sementara bentuk bodinya sendiri umumnya berbentuk seperti biasanya tabung ataupun balok pada beberapa jenisnya. Anda bisa menambah cawan di bawahnya sebagai pelengkap ketika hendak menggambar.

  1. Gambar Cangkir Kopi Kaca
Cangkir Kopi Double Wall

Cangkir Kopi Double Wall

Perlu Anda ketahui bahwa setiap bahan untuk menyusun gelas cangkir kopi ini akan memberikan bayangan sendiri. Salah satunya yaitu kaca yang memiliki ciri khas apabila bersanding dengan material lain seperti keramik atau kayu. Jadi jenis satu ini cocok untuk menjadi model untuk membuat gambar.

Cangkir kopi dengan bahan kaca akan memiliki bayangan baik di luar maupun di dalamnya. Hal seperti ini akan mengasah kemampuan Anda dalam mengarsir khususnya pada tingkat kegelapan dari arsiran. Selanjutnya perbedaan kehalusan pada setiap area juga memerlukan keahlian khusus.

  1. Gambar Cangkir Kopi Keramik

Cangkir Kopi Desain

Satu bahan lain yang umum menjadi penyusun utama dari cangkir kopi adalah keramik. Anda bisa menjadikannya sebagai model objek ketika ingin menggambarnya. Umumnya akan memiliki beberapa motif menarik sehingga menjadi tambahan unik ketika hendak membuat gambarnya.

Cangkir kopi yang berbahan dasar keramik tidak akan menghasilkan banyak bayangan sehingga Anda hanya perlu fokus pada bentuknya saja. Mengingat bahwa bahan ini memang mudah sekali saat pembuatannya sehingga akan beragam sekali modelnya di pasaran atau bahkan di rumah sendiri.

  1. Gambar Cangkir Kopi Stainless Steel

Bahan lain yang juga umum menjadi komponen utama cangkir kopi adalah stainless steel. Anda pun bisa saja menjadikannya sebagai model karena memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi ketika hendak menggambarnya. Pasalnya material ini akan memberikan efek mengkilap pada permukaannya.

Bentuknya pun juga beragam sehingga Anda bisa saja menemukannya dalam berbagai jenis. Selanjutnya berikan detail penuh pada efek mengkilap dan bayangannya untuk memberikan kesan terang gelap yang berbeda. Pastikan jika penempatannya sudah memiliki sumber cahaya sesuai.

  1. Gambar Cangkir Kopi Enamel Blirik

Bagi Anda yang sudah tidak asing dengan jenis satu ini, maka cobalah untuk memanfaatkannya sebagai objek saat menggambarnya. Pasalnya akan dijumpai motif unik pada permukaan body-nya sehingga akan meningkatkan tingkat kesulitannya karena tidak hanya fokus di bayangannya saja.

Anda bisa menggambar cangkir kopi enamel blirik ini lengkap dengan penutupnya. Umumnya salah satu perabotan ini memang menjadi benda yang unik sehingga sering orang-orang jumpai pada rumah-rumah warga di zaman dahulu.

  1. Gambar Cangkir Kopi Motif Ayam Jago

Berikutnya, Anda bisa menggunakan cangkir kopi yang memiliki motif ayam jago. Bentuknya memang cukup unik karena umumnya relatif rendah namun mempunyai mulut gelas cenderung lebar. Pastikan untuk memberi perhatian lebih pada gambarnya.

Anda bisa menjadikannya sebagai objek gambar sekaligus dengan penutupnya dan cawannya. Jangan meninggalkan kedua pelengkap ini karena mampu menambah kesan lengkap saat lukisan berhasil jadi baik menggunakan arsiran pensil atau warna.

  1. Gambar Cangkir Kopi Motif Unik

Terakhir, Anda bisa menggunakan cangkir kopi yang memiliki motif unik sebagai modelnya. Satu hal akan menjadi poin fokusnya yakni berada pada gambar di permukaannya. Bahan penyusunnya pun beragam sehingga memberikan efek bayangan berbeda.

Anda bisa memilih motif mana yang sebenarnya unik untuk menjadi model objek saat menggambar cangkir kopi. Jangan lupa menyusunnya dahulu sebelumnya karena akan berpengaruh pada hasil akhir gambarnya.

Baca Juga : Cangkir Kopi Banjarmasin dengan Desain Menarik

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai gambar cangkir kopi yang memiliki berbagai macam bentuk dan motif. Anda bisa menjadikannya sebaga model objek untuk menggambarnya baik dengan menggunakan sketsa pensil atau penuh warna.