Tips Untuk Membersihkan Dapur Restoran Sesuai Standarnya

by | Apr 28, 2022 | Tips dan Rekomendasi | 0 comments

Rumah makan merupakan salah satu tempat yang menyediakan berbagai makanan serta minuman untuk kebutuhan para pengunjung yang ingin mencari makan atau bisa juga ditujukan untuk kepentingan umum.

Sedangkan restoran sendiri merupakan sebuah jasa pangan yang bertempat di seluruh bangunan permanen yang dilengkapi dengan peralatan serta perlengkapan untuk proses pembuatan, penyimpanan, penjualan makanan dan minuman di tempat tersebut.

Dengan menggunakan prinsip Hazard analysis and critical control point atau HACCP juga dapat membantu bisnis restoran yang sedang dibangun untuk memastikan bahwa makanan yang disajikan aman untuk dikonsumsi. Berikut beberapa standar kebersihan restoran yang menjadi salah satu hal untuk anda pertimbangkan.

Tips Membersihkan Dapur Restoran

tips membersihkan dapur restoran

Memperhatikan kebersihan restoran sebaiknya dilakukan sesuai dengan standar world health organization atau biasa yang disingkat menjadi WHO. Dengan menggunakan prosedur WHO yang sudah ditetapkan ini juga tidak begitu sulit dan cenderung mudah untuk diikuti sebagai SOP Restaurant . Hal ini dilakukan agar restoran selalu higienis.

  1. Mencuci perlengkapan dapur setelah digunakan, setelah menggunakan peralatan memasak sebaiknya para staff tidak mendiamkan peralatan begitu saja. Alangkah baiknya, jika peralatan tersebut segera dicuci dengan menggunakan sabun cuci piring yang mempunyai zat antibakteri. Jangan biarkan alat masak tersebut menjadi salah satu media yang dapat membuat penyebaran mikroorganisme dan menyebabkan penyakit. Tetapi, jika peralatan masak tersebut segera dicuci maka anda juga tidak kesulitan untuk membersihkan noda yang melekat pada peralatan tersebut.

Baca Juga : Keunggulan Bahan Melamin Untuk Keperluan Alat Makan & Minum

  1. Mengganti spons cuci piring secara teratur, tidak banyak yang mengetahui kalau penggunaan spons cuci piring juga harus diganti secara teratur. Spons yang selalu basah juga dapat menjadi habitat hidup untuk mikroorganisme. Oleh sebab itu, mengganti spons juga sangat dianjurkan untuk menjadi salah satu standar kebersihan restoran. Spons juga dapat diganti paling tidak dua minggu sekali. Usahakan membersihkan spons menggunakan air hangat dan letakkan spons ditempat yang kering.
  1. Menggunakan cairan khusus yang bertujuan agar dapat membersihkan kuman, saat membersihkan peralatan memasak juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Tetapi harus menggunakan cairan seperti sabun untuk mencuci peralatan masak.
  1. Membersihkan kulkas secara teratur, selain mencuci peralatan dapur, kulkas juga perlu untuk dibersihkan. Jangan biarkan kulkas yang kotor juga menjadi salah satu media penyebaran penyakit. Proses membersihkan kulkas ini juga sebaiknya dilakukan dalam satu minggu sekali dengan menggunakan spons bersih. Dengan membersihkan kulkas secara teratur juga tidak hanya membuat bahan makanan bertahan lebih lama, tetapi juga untuk menghindari bau yang tidak sedap.
  1. Memperhatikan kebersihan tuas kompor dan tempat cuci piring, tuas kompor dan tempat cuci piring merupakan dua hal yang terkadang dilupakan. Tuas kompor selalu menjadi suatu benda yang sering bersentuhan dengan tangan, sehingga alangkah baiknya tuas dan seluruh permukaan kompor tersebut harus dibersihkan dengan cairan desinfektan sebelum dan sesudah dibersihkan. Sedangkan tempat cuci piring juga dibersihkan menggunakan cairan sabun dan sikat kawat.
  1. Menyapu dan mengepel lantai, hal yang paling utama adalah kebersihan lantai, berlaku untuk lantai dapur atau lantai yang selalu diinjak oleh pengunjung. Lantai dapur harus dibersihkan agar nyaman untuk dipijak. Usahakan untuk selalu menyapu dan mengepel lantai. Untuk lantai dapur, paling tidak lakukan dua kali sehari, biasanya dapat dilakukan sebelum restoran dibuka atau setelah restoran selesai beroperasi. Usahakan jika ada kotoran yang jatuh ke lantai segera dibersihkan, sebelum meninggalkan noda membandel. Gunakan cairan lantai anti bakteri agar lantai nyaman untuk dipijak. Beberapa tips tersebut dapat diterapkan untuk standar kebersihan restoran.