Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Syarat Dapur yang Baik

by | May 2, 2022 | Tips dan Rekomendasi | 0 comments

Dapur merupakan salah satu ruangan yang digunakan untuk mengolah makanan, maka dari itu tempat ini harus dipastikan agar tetap higienis. Tempat ini menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan karena sebagai tempat untuk mengelola segala macam makanan dan minuman, tempat penghasil sampah yang terdiri dari sampah busuk dan sisa makanan, tempat untuk mempersiapkan makanan dan minuman.

Tempat pengolahan makanan alat makan dan minuman serta fasilitas lainnya yang memegang peranan penting sebagai salah satu media penyebaran penyakit. Oleh sebab itu ada beberapa syarat dapur yang baik dan dapat diterapkan pada restoran, hotel atau rumah.

Syarat Dapur Yang Baik

tips membersihkan dapur restoran

1. Mempunyai ventilasi yang baik, ventilasi yang berada di dapur harus dipastikan dan benar-benar cukup. Karena biasanya akan terbentuk uap, panas dan berbagai macam bau. Oleh sebab itu, banyak orang yang membuat ventilasi atau membuka jendela secara lebar untuk membantu kelancaran sirkulasi udara dalam ruangan tersebut. Selain beberapa hal di atas, matahari juga dapat masuk dan memberikan cahaya penerangan yang baik bagi ruangan dapur.

2. Disiplin untuk membersihkan dapur, selain mencuci perlatan piring melamin, mangkok, gelas dan lainnya saat selesai masak dapur juga harus dibersihkan. Hal ini dilakukan agar dapur terbebas dari tumbuhnya jamur dan bakteri. Dengan membersihkan dapur juga membuat anda lebih nyaman untuk memasak dan tidak khawatir apabila masakan yang anda buat terkontaminasi oleh jamur.

Baca Juga : Tips Untuk Membersihkan Dapur Restoran Sesuai Standarnya

3. Bahan pembersih dapur, apabila sedang membersihkan dapur maka sebaiknya jangan menggunakan bahan pembersih dapur yang dianggap berbahaya. Jangan gunakan deterjen atau pembersih keramik meja dapur. Jika anda terpaksa menggunakan bahan tersebut untuk membersihkan dapur, maka sebaiknya membuka jendela lebar-lebar untuk menghindari bertumpuknya udara yang dihasilkan pembersih keras tersebut. Syarat dapur yang baik juga salah satunya dengan memperhatikan kebersihan dapur.

4. Saluran air kitchen sink lancar, pastikan saluran air sink untuk tetap lancar. Aliran sink yang tersumbat biasanya juga dihasilkan karena sisa makanan yang menumpuk dan berpotensi membusuk sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap. Jika dirasa aliran air sink mulai tersumbat, maka cobalah untuk menggunakan soda kue dan cuka serta larutan air hangat untuk membersihkan aliran air. Anda juga bisa memasang penyaring di lbang kitchen sink untuk menghindari makanan sisa yang berukuran besar agar tidak menyumbat.

5. Mengatur ruang simpan di dapur, dengan meminimalisir peralatan dapur yang berada di meja dapur juga harus memberikan kondisi dapur yang rapi. Dapur memiliki pengaturan ruang simpan yang baik dan sudah terorganisir. Untuk itu perlu menyimpan peralatan di dalam lemari atau kabinet yang berada di ruang simpan dapur. Beberapa hal ini dapat membantu untuk menata dapur agar terlihat lebih rapi. Misalnya dengan meletakkan bumbu masakan di dalam toples kaca dan memberikan label pada tiap bumbu masakan.

6. Dilarang menghangatkan makanan berkali-kali, jika memasak sayur secukupnya usahakan disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga. Sayur yang sudah dimasak harus dihabiskan dalam sehari. Jika terpaksa harus menghangatkan sayur, maka juga harus menghindari menghangatkannya berkali-kali terutama saat memasak sayur bersantan. Dengan melakukan proses penghangatan sayur berulang kali juga dapat mengikis gizi yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga : SOP kebersihan restoran

Ketika menghangatkan sayuran, usahakan tidak menggunakan tempat makanan yang berbahan plastik karena proses pemanasan tersebut akan mengakibatkan timbulnya gangguan kesehatan terutama kanker, karsinogen. Beberapa hal diatas merupakan syarat dapur yang baik dan perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.