Piring Melamin Hijau yang Aman untuk Anda Gunakan

by | Apr 7, 2021 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Berbagai bentuk piring melamin hijau beredar luas di pasaran yang bisa Anda beli secara bebas. Hanya saja mengingat finishing tersebut berasal dari campuran beberapa bahan kimia, tentu penting mengetahui tingkat keamanannya supaya tidak sampai terjadi efek buruk nantinya.

Ciri-ciri Piring Melamin Hijau yang Aman untuk Anda Gunakan

piring daun pisang hijau piring melamin ulir hijau Piring Ceper Daun Jati

Secara umum bahan melamin merupakan turunan dari plastik yang paling banyak difungsikan untuk perlengkapan rumah tangga. Oleh sebab itu peredarannya di pasaran terdiri dari berbagai tingkatan, pastikan saat membeli sudah berstandar SNI dan tentunya food grade. Berikut ulasan lengkapnya:

  1. Tidak Mudah Retak

Piring melamin yang mudah retak akan menjadi salah satu ciri-ciri yang menandakan bahwa tingkat elastisitasnya rendah. Ketika melakukan pembelian cermati bagian permukaannya jika terkesan kasar maka kemungkinan besar nantinya akan mudah rusak atau bahannya terlarut ke makanan.

Cermati saat pembelian barang jika terjadi kecacatan sebaiknya pilih dengan kualitas bagus baik dari permukaannya maupun bawah. Hal ini karena bagian tersebut bisa menjadi sarang bakteri dan penyakit berbahaya apalagi jika mengkonsumsinya dalam jumlah besar secara continue.

  1. Daya Tembus Uap Rendah

Kehati-hatian saat menggunakan piring melamin arus Anda lakukan untuk beberapa kondisi. Pada umumnya jenis ini tidak tahan dengan suhu tinggi, untuk itu jangan sampai menuangkan makanan panas langsung ke dalamnya atau menaruhnya pada mesin penghangat baik sebentar maupun lama.

Selalu tunggu makanan atau lauk sampai dingin untuk mengurangi terkelupasnya bahan kimia yang ada di dalamnya karena bisa berakibat fatal jika menumpuk dalam tubuh. Agar lebih aman silahkan mencari produk dengan standar SNI dan kualitasnya terjamin.

Rekomendasi Desain Piring Melamin Hijau

Meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk produk satu ini menjadikan para produsen terus mengembangkan menjadi berbagai macam bentuk dan motif. Hijau menjadi salah satu warna yang banyak digunakan, berikut rekomendasi desain uniknya:

  1. Desain Daun yang Mirip Aslinya

Bentuk ini sudah memiliki pengguna cukup banyak karena keunikannya dan warna hijaunya membawa kesan segar. Detail dari produk tersebut hampir menyerupai aslinya lengkap dengan tulang daun serta lekuk bagian pinggir. Anda bisa memanfaatkannya untuk berbagai keperluan di dapur.

Selain bentuknya yang unik dan membawa kesan menarik, produk satu ini juga sudah berstandar SNI sehingga sangat aman untuk Anda gunakan sebagai wadah. Terkait harganya tidak terlalu mahal yakni mulai dari Rp 30.000 per itemnya tergantung dari toko penjual serta kualitas bahan.

  1. Motif Floral Berbentuk Bulat

Sampai saat ini motif floral masih memiliki banyak peminat dari berbagai kalangan terutama kaum wanita. Jika Anda termasuk, maka sangat cocok menerapkan piring motif bunga dan dedaunan warna warni. Kesan estetikanya akan nampak ketika menggunakannya untuk wadah makan.

Baca Juga : Harga Piring Melamin Putih Polos dengan Kualitas Super

Meski secara keseluruhan terlihat sederhana, namun motif floral yang ada didalamnya akan menambah tingkat keeleganan. Keunggulan lainnya pirin ini memiliki berat ringan karena terbuat dari 100% melamin dengan daya tahan tinggi, berikut beberapa penerapannya:

  • Tempat menyajikan buah-buahan segar baik yang sudah terpotong atau belum.
  • Wadah makan untuk keluarga yang cukup aman jika tidak terkena bahan panas.

Pastikan peralatan makan melamine yang Anda gunakan food grade, lihat apa arti food grade

Demikian penjelasan mengenai piring melamin hijau dengan berbagai motif yang bisa menjadi referensi nantinya untuk berbagai acara. Saat ini semakin mudah menemukan produk terkait hanya saja tetap perhatikan tingkat keamanannya terutama jika berhubungan dengan anak-anak.