Apa Arti Food Grade dan Mengapa Penting?

by | Apr 3, 2021 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Apa arti food grade, apa itu food grade mengapa penting, ini menjadi pertanyaan umum yang masih masyarakat belum ketahui. Baik bagi produsen makanan maupun produsen peralatan makanan, sangat penting untuk mengirimkan produk yang telah mengikuti proses yang menjamin keamanan dalam hal produksi maupun konsumsi.

Arti Food Grade

Food grade memiliki dua definisi terpisah:

  • Itu adalah bahan yang aman untuk dikonsumsi manusia.
  • Ini adalah bahan yang cocok untuk bersentuhan langsung dengan produk makanan.

Bergantung pada siapa Anda bertanya dan di bidang apakah yang dijalani orang tersebut, food grade dapat memiliki arti yang berbeda. Misalnya, FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan AS), memiliki rangkaian strata peraturan dan proses yang kompleks yang menentukan apakah setiap aditif dalam makanan tertentu aman untuk dikonsumsi manusia.

Prosedur badan tersebut mencakup daftar panjang langkah-langkah yang harus diambil untuk menjamin status tingkat makanan, dimulai dengan identifikasi zat, perincian sifat dan standar kemurnian untuk setiap zat, dan batasan kondisi penggunaan.

Di ujung lain spektrum adalah bahan food grade, seperti baja tahan karat food grade , yang dianggap cocok untuk bersentuhan langsung dengan produk makanan. Ini menyiratkan bahwa permukaan tidak boleh mengandung komponen beracun apa pun; mereka juga harus dirancang agar pengguna akhir dapat mengikuti aturan utama berikut:

Bahan tersebut digunakan dalam kisaran suhu aman yang direkomendasikan.
Bahannya aman untuk jenis makanan yang bersentuhan dengannya.
Keutuhan bahan tidak akan goyah selama proses sanitasi dan pembersihan rutin.

Secara singkat bisa diartikan food grade adalah apabila bahan tersebut tidak mentransfer zat-zat yang berbahaya ke dalam makanan atau minuman yang hendak dikonsumsi.

Sementara lembaga seperti FDA AS  tidak memberikan sertifikasi ‘food grade’, kepatuhan food grade adalah proses yang mencakup semua yang mengharuskan semua komponen makanan dan permukaan yang bersentuhan dengan komponen  mengandung bahan yang aman bagi manusia konsumsi.

Baca Juga : Cara Memilih Peralatan Makan Sehari-hari yang Sehat

Perbedaan Antara Food Grade dan Food Safe

Terakhir, perusahaan layanan makanan, produsen, dan produsen peralatan harus mampu membedakan ‘food grade’ dari ‘food safe.’ Meskipun cukup umum untuk mendengar kedua istilah ini digunakan secara bergantian, konsep – dan peraturan terkait – di belakangnya sebenarnya sangat berbeda.

Sebagaimana dijelaskan, ‘food grade’ menuntut agar semua komponen makanan, serta permukaan dan alat yang berinteraksi dengannya selama proses pembuatan / perakitan, aman untuk dikonsumsi dan / atau terpapar oleh manusia. Di sisi lain, ‘aman makanan’ mengacu pada bahan yang bersentuhan dengan makanan yang tidak memiliki efek berbahaya bagi konsumen.

Apa yang membuat kedua konsep ini berbeda adalah bahwa ‘food grade’ berisi detail bahwa suhu atau lingkungan tidak akan memengaruhi integritas bahan, tetapi itu tidak selalu berlaku untuk bahan ‘aman makanan’. Misalnya, wadah plastik mungkin ‘aman untuk makanan’, tetapi tidak memenuhi kriteria status ‘food grade’ karena tidak dapat menahan suhu tinggi tertentu.

Jelasnya, pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatan makanan – dan bahan-bahan yang bersentuhan dengannya – semuanya sama-sama bertanggung jawab atas setiap komponen produk. Tanpa pedoman ini, konsumen dihadapkan pada risiko yang tidak perlu.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan Glori Melamine sebagai produsen piring melamin food grade terbaik, menjamin peralatan makan yang kami produksi adalah barang food grade, kami juga sudah memliki label SNI jadi dijamin aman.

Demikian penjeal