Piring Makan yang Bagus Diusaha Restoran, Cafe, Rumah Makan

by | Nov 12, 2021 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Ketika membeli suatu barang, apa yang anda lihat pertama kali? Tentu saja nilai estetika nya terlebih dahulu bukan? Sama hal nya ketika anda menyantap hidangan favorit ditemani dengan sebuah piring makan yang bagus dan cantik, selain menambah selera makan tentunya sangat memanjakan mata.

Namun perlu anda ketahui jenis bahan yang dipilih sangat memengaruhi kualitas piring makan yang akan anda beli loh. Artikel kali ini akan memberikan Anda referensi piring makan yang sering digunakan oleh para pengusaha bidang kuliner seperti restoran, cafe dan rumah makan.

Rekomendasi Piring Makan yang Bagus

Sudahkah anda mengenali piring makan yang bagus dari berbagai macam bahannya?

1.) Piring dari Kayu

piring kayu bagus

Material kayu terkenal dengan corak dan warnanya yang unik, tentu menambah tampilan estetik dan dapat mempercantik hidangan anda.
Tetapi tidak semua jenis kayu dapat dipakai sebagai bahan peralatan makan, hanya ada beberapa jenis yang bisa ditemui di pasaran contohnya seperti kayu jati karena sangat kuat terhadap pergantian cuaca dan suhu yang membuatnya tidak mudah lembap terserang serangga.

Tidak hanya itu, kayu mahoni pun banyak dicari sebagai pilihan kedua setelah kayu jati untuk membuat berbagai macam furniture. Meskipun, tidak sekuat dan seawet kayu jati tapi kayu ini cukup bagus karena memiliki tekstur yang mulus untuk dibentuk menjadi peralatan makan seperti piring dan perabot dapur lainnya.

2.) Piring dari Keramik

piring keramik cantik

Piring berbahan keramik sudah melewati proses yang sangat panjang dalam pembuatannya, meskipun begitu merupakan yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Desain piring keramik pun sangat beragam, anda tidak perlu khawatir karena bahan ini sangat mudah anda temui di setiap toko perlengkapan dapur.

Tidak hanya itu saja, piring ini mampu menahan panas, tentu anda tidak perlu khawatir untuk memasukkannya kedalam microwave.

3.) Piring dari Melamin

piring gelombang oriental

Lihat disini >> Jual Piring Melamin

Melamin adalah bahan yang biasanya digunakan dalam pembuatan peralatan makan eklusif. Selain ringan, bahan melamin diketahui memiliki banyak pilihan warna, dan ketika terjatuh bahan piring melamin ini tidak rentan pecah. Ini yang membuat piring berbahan dasar melamin banyak diminati restoran, rumah makan, cafe dan usaha kuliner lainnya.

Tapi, tahukah sobat, anda perlu memperhatikan penggunaan piring tersebut karena sangat tidak dianjurkan untuk diletakkan di atas penanak nasi dan microwave ketika sedang dipanaskan. Akibatnya, suhu yang tinggi akan menyeb
abkan piring menjadi meleleh.

4.) Piring dari Kaca

piring kaca bagus

Piring kaca dapat menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang ingin membuat hidangan telihat lebih berkelas. Bahkan, seperti beberapa piring sebelumnya, piring berbahan kaca selain cantik namun sangat baik ketika diaplikasikan.

Saat ini terdapat beraneka ragam desain dan bentuk untuk piring yang berbahan kaca loh. So anda bisa menentukan desain yang paling cocok dengan gaya anda.

5.) Piring dari Bambu

piring bambu terbaru

Pada awalnya anda sudah mengetahui tentang piring kayu, bukan? Selain ada piring kayu, ternyata ada juga piring bambu loh.

Hampir semua rumah makan Sunda dan Jawa mengaplikasikan bambu sebagai desain interior restoran mereka, karena kesan tradisionalnya yang sangat melekat, bahkan bukan hanya itu, bambu pun sering kali digunakan sebagai peralatan makan, salah satunya yakni piring.
Keutamaan dari bahan ini tidak hanya aman melainkan juga mudah terurai, tentu sangat ramah lingkungan, ya.

6.) Piring dari Tembikar

Termasuk tidak banyak digunakan, namun bukan berarti tidak menarik untuk dijadikan wadah makanan.

Desain dari piring tembikar biasanya lebih sederhana dari jenis piring lainnya dan warna yang digunakan pun bernuansa earth tone, sangat cocok bagi anda yang menyukai desain kontemporer.

Baca Juga :  Fungsi Nampan Selain Sebagai Perlengkapan Dapur, Inilah Kegunaannya

8.) Piring dari Periuk

Piring Periuk atau yang banyak dikenal dengan stoneware merupakan salah satu jenis piring yang juga terbuat dari keramik namun letak perbedaannya yaitu terdapat penambahan bahan kaca yang tebal dan lebih buram agar daya tahannya makin kuat.

Meskipun kaca termasuk kedalam material yang digunakan, para foodies memilih stoneware sebagai favoritnya lho. Ini bukan tanpa alasan, pasalnya sama sekali tidak memengaruhi kualitasnya, bahkan lebih kuat dan tidak mudah tergores.

Bagaimana sobat, apakah anda sudah mengenali berbagai jenis piring makan yang bagus yang sering digunakan para usaha kuliner restoran, hotel, dan rumah makan, jika dilihat dari segi bahan dan kualitasnya?

Bagi anda pencinta kuliner yang hobi mengunggah foto makanan ke sosial media, bisa memilih mana desain dan bahan piring makan yang bagus dan cocok dengan konsep anda, pastinya akan Instagramable sekali kan?