5 Jenis Piring yang Cocok Digunakan untuk Konsep Restoran Tradisional

by | Dec 4, 2021 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Konsep restoran tradisional hingga saat ini masih banyak dilirik oleh pebisnis kuliner dari berbagai penjuru daerah di Indonesia. Tak hanya berfokus pada varian makanan saja, detail interior hingga peralatan makan yang ada di restoran juga tentu wajib diperhatikan.

Salah satu faktor utama untuk menjunjung nilai estetika pada sebuah makanan ialah dengan menggunakan piring yang tepat. Terlebih jika Anda memiliki restoran berkonsep tradisional. Pastikan Anda dapat memilih jenis piring yang tepat agar bisa menambah selera makan konsumen.

Jenis Piring Berkonsep Tradisional

konsep restoran tradisional

Ada beberapa jenis piring yang bisa dijadikan pilihan untuk Anda yang ingin menciptakan nuansa tradisional di restoran. Dengan memiliki material bahan terbaik, Anda bisa melihat daftar jenis piring di bawah berikut ini:

1. Piring Keramik
Ya, sudah tidak diragukan lagi piring keramik memang merupakan jenis piring yang paling populer digunakan banyak orang. Karena desainnya yang simple, piring keramik banyak juga digunakan pada restoran modern maupun tradisional.
Selain aman untuk dipakai, jenis piring keramik ini memiliki motif dan varian yang beragam. Harganya yang cukup terjangkau, membuat piring satu ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin membuka bisnis restoran.

2. Piring Kayu
Konsep restoran tradisional biasanya sangat lekat dengan penggunaan perabotan berbahan dasar kayu. Inilah mengapa piring kayu bisa dijadikan pilihan untuk Anda yang ingin mengunsup konsep tradisional dan alami.
Meski harga dari piring kayu tidak semurah dengan jenis piring lainnya, namun piring ini dinilai sangat aman karena tidak bermasalah jika berada di dalam suhu panas. Jika dirawat dengan benar, piring kayu juga sangat tahan lama dan tidak akan pecah.

Baca Juga : SOP sangat berperan penting dalam kesuksesan jalannya operasional suatu restaurant

3. Piring Anyaman
Piring anyaman bisa menjadi pilihan jika Anda ingin menggunakan peralatan makan yang lebih terjangkau dibandingkan piring kayu. Piring ini didesain menggunakan lidi rotan dan bambu sehingga motifnya terlihat cantik seperti motif bunga.
Jika Anda ingin mencari yang lebih murah, Anda juga bisa memilih piring anyaman plastik yang merupakan imitasi dari motif rotan dan bambu tersebut. Meski harga pasar yang dijual lebih terjangkau, namun piring ini perlu menggunakan alas di atasnya seperti kertas nasi atau daun pisang.

4. Piring Tembikar
Piring tembikar umumnya berbentuk bulan ceper dengan sedikit tekstur bergelombok di badan piring. Seperti kita tahu, proses pembuatan tembikar menggunakan bahan dasar tanah liat, yang dibuat di atas meja putar kemudian dibakar. Proses pembuatannya yang cukup rumit, membuat piring ini cukup terbilang mahal daripada jenis piring yang ada.

Meski terbilang mahal, piring tembikar bisa dibilang sebagai piring mewah yang memiliki sisi unik tersendiri. Tak heran restoran kelas atas sering menggunakan jenis piring satu ini. Bahannya yang kokoh dan berat, piring ini mampu meningkatkan aksen tradisional pada sajian makanan nusantara.

Baca Juga : Tempat Saus Bumbu untuk Anekaragam Kebutuhan Dapur yang Menarik

5. Piring Enamel
Jika Anda tertarik dengan konsep restoran tradisional pada era zaman dahulu, piring enamel bisa menjadi pilihan yang terbaik. Hingga saat ini, penggunaan peralatan makanan berbahan material enamel ini masih banyak digunakan di warung kopi hingga restoran tradisional.

6. Piring Melamin
Piring dengan bahan melamin sering pula digunakan di konsep restoran tradisional, dengan tampilan yang terlihat elegan menambah esetika restaurant yang cukup menarik untuk pengunjung. Anda bisa mendapatkan piring melamin terbaik di Glori Melamine.

Meski desain yang dibuat sederhana, piring ini memiliki ketahanan yang cukup kuat dan mudah dibersihkan. Hanya saja, Anda perlu merawat dengan baik agar lapisan enamel tidak terkelupas. Sebab, jika lapisan enamel sudah terkelupas, akan sangat memungkinkan piring mudah berkarat dan menipis.