Fungsi Nampan Selain Sebagai Perlengkapan Dapur, Inilah Kegunaannya

by | Nov 10, 2021 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Nampan adalah sinonim dari lengseran, nampan memiliki berbagai macam tampilan. Fungsi nampan pada umumnya adalah sebagai wadah menghidangkan sajian. Dengan menggunakan nampan, Anda dapat membawa sajian dengan mudah.

Selain penjelasan tersebut, nampan masih memiliki fungsi yang lain loh. Penasaran apa saja kegunaan nampan? Silahkan simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Nampan

nampan motif kayunampan melamin kayunampan ornamen unik

Anda sedang mencari nampan dengan berbagai variasi warna dan bentuk? dapatkan di jual nampan melamin Glori Melamine.

Mungkin Anda sudah kenal dengan nampan, terutama bagi kalangan perempuan. Peralatan dapur ini tentu ada di tempat tinggal Anda. Sekarang nampan telah tampil dengan corak yang lebih variatif. Selain dipakai sebagai keperluan di rumah, nampan juga mempunyai nilai keindahan sendiri.

Tidak hanya sebagai perlengkapan dapur, ternyata nampan mempunyai fungsi lain. Kegunaan nampan utama adalah sebagai wadah menghidangkan sajian pada tamu. Nampan biasanya mempunyai ukuran yang besar sehingga dapat digunakan untuk meletakkan piring, mangkok dan atau gelas.

Dengan menggunakan nampan, Anda dapat membawa hidangan dengan mudah. Adapun fungsi lain nampan adalah sebagai hiasan. Pada era modern ini, nampan sudah biasa dijadikan hiasan di dalam rumah.

Fungsi-fungsi Nampan Selain Sebagai Perlengkapan Dapur

Selama ini pastinya Anda sudah tahu jika nampan memiliki fungsi sebagai perlengkapan dapur, biasanya digunakan untuk menyimpan bahan makanan atau menyajikan minuman. Tapi fungsi nampan yang lainnya adalah bisa dijadikan sebagai hiasan.

Karena desain dan tampilannya yang cantik, nampan bisa digunakan dalam hal menghias dan mempercantik ruangan. Nampan dapat tampil cantik jika diletakkan di dapur, ruang tamu atau bahkan toilet.

Tidak berhenti disitu, fungsi nampan berikutnya adalah untuk hadiah. Jika Anda kebingungan memberikan kado yang berguna kepada seseorang, maka nampan dapat menjadi alternatif pilihan. Nampan kini sudah direkomendasikan sebagai hadiah pada acara tertentu.
Berbicara tentang nampan, ternyata tidak hanya sebatas mengerti tentang fungsinya. Anda juga perlu tahu tentang varian nampan yang saat ini dijual baik di pasaran maupun di toko online. Banyaknya tampilan nampan, menyebabkan pilihan yang beragam pula untuk Anda. Mari simak penjelasan berikut.

Variasi Corak Nampan

Seperti kita ketahui nampan terbuat dari banyak bahan. Ada yang terbuat dari plastik, kayu, stainless steel ataupun melamin. Tentunya bahan-bahan tersebut memiliki ciri yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, mari perhatikan uraian berikut.

Nampan bahan plastik merupakan nampan yang terbuat dari bahan plastik. Nampan plastik ini akan memiliki tampilan yang mulus dan licin. Warna yang tersedia beragam dan berwarna-warni. Akan tetapi, nampan ini akan meninggalkan bekas goresan di permukaan nampan jika tergores.

Baca Juga : Piring List Emas Berkualitas, Berbagai Ukuran dan Motif Terbaru

Nampan bahan kayu adalah nampan yang terbuat dari bahan kayu. Nampan kayu ini memiliki tampilan dan tekstur yang seperti kayu. Warnanya hanya satu yaitu cokelat, sebagaimana warna kayu. Nampan kayu diketahui juga akan meninggalkan bekas goresan jika tergores di permukaannya.

Nampan bahan logam atau stainless steel adalah nampan yang terbuat dari bahan logam. Nampan logam atau stainless steel ini relatif berat, keras dan sangat kuat. Nampan jenis ini tidak bisa berkarat dan terlihat baik walau sudah dipakai lama.

Nampan bahan melamin merupakan nampan yang terbuat dari bahan melamin. Nampan melamin mempunyai tampilan mengkilap dan bening. Warnanya tersedia beragam dan tidak berawan. Nampan jenis ini akan sangat tahan lama dan lebih awet.

Terlepas dari berbagai jenis dan tampilan yang dimiliki oleh nampan, fungsi nampan tetap sama dan tidak ada perbedaan. Anda dapat mempertimbangkan pilihan Anda dengan cara memilih sesuai selera dan keperluan Anda. Pastikan Anda menemukan nampan yang tepat ya.