Baki Melamin, Begini Tips Aman Menggunakannya Untuk Wadah Makanan

by | Nov 6, 2021 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Baki melamin adalah salah satu perlengkapan yang biasa Anda lihat di rumah dan biasanya sering digunakan untuk menyimpan bahan makanan, sebagai wadah bahan makanan hingga digunakan untuk menyajikan makanan dan minuman.

Baki sendiri biasanya dibuat dari berbagai macam bahan, seperti baki anyaman, baki plastik hingga baki melamin.

Apakah Bahaya Menggunakan Bahan Melamin?

Bahan melamin merupakan salah satu bahan yang paling sering digunakan pada perlengkapan dapur seperti piring, gelas hingga baki. Bahan melamin sendiri sebenarnya dianggap sebagai salah satu bahan yang tidak terlalu ramah untuk digunakan.

Namun dibalik semua itu, bahan melamin sebenarnya memiliki banyak kelebihan karena kuat, tahan lama dan memiliki bentuk serta warna yang menarik dibandingkan dengan bahan lainnya. Itulah sebabnya belakangan ini bahan melamin sering digunakan untuk perlengkapan masak.

Meskipun sebagian besar baki digunakan sebagai wadah untuk meletakkan minuman, tapi tidak jarang jika bagi juga dimanfaatkan sebagai tempat untuk membuat makanan hingga menyimpan makanan yang sudah jadi.

Terutama baki berbahan melamin yang pastinya sering Anda lihat di rumah, karena baki bahan melamin atau plastik adalah jenis baki yang lebih sering digunakan jika dibandingkan dengan baki berbahan lain seperti baki stainless atau baki anyaman.

Tips Aman Menggunakan Baki Melamin

nampan melamine hitam

Cari baki melamin? dapatkan di Glori Melamine tempat jual baki melamin merk terbaik

Seperti yang dikatakan diatas bahwa perlengkapan makanan yang dibuat dengan bahan melamin memiliki resiko yang cukup besar jika tidak tahu bagaimana cara menggunakannya yang benar.

1.) Memperhatikan Kode Barang

Tips pertama adalah dengan memperhatikan kode yang ada pada peralatan makanan yang ada digunakan. Ada beberapa kode yang menunjukkan bahwa peralatan makanan tersebut aman digunakan yakni :
• PP (Polyprophylene)
• BPA free
• non-BPA
Kode ini juga berlaku pada saat memilih baki berbahan melamin agar lebih aman digunakan. Merk melamin terbaik Glori Melamine bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda mencari baki melamin merk terbaik.

2.) Tak Berwarna Mencolok

Jika baki yang dibeli berbahan melamin sebaiknya pilihlah baki yang berbahan ringan dengan bentuk jernih agar terlihat kandungan plastik yang ada di dalamnya sehingga memiliki tembus uang yang rendah.

Selain itu pastikan juga warnanya mengkilap, karena baki dengan ciri-ciri ini merupakan salah satu baki dari bahan melamin yang aman digunakan.

Hindari baki yang terlihat berwarna mencolok, sebab meskipun terlihat bagus namun kurang sehat jika digunakan apalagi dalam jangka waktu yang panjang.

3.) Hindari Goresan

Setelah membeli baki berbahan melamin sebaiknya sebelum menggunakannya, cuci dahulu hingga bersih agar bahan bahan berbahaya yang masih menempel bisa hilang. Selain itu jangan sampai membuat permukaan baki tergores karena hal ini akan membuat sarang bagi bakteri dan kuman.

Bakteri dan kuman yang bersarang di dalam peralatan makan seperti baki pastinya sangat berbahaya. Apalagi jika baki sering digunakan sebagai wadah bahan makanan maupun makanan jadi. Sehingga perhatikan permukaan baki.
Jika sudah tidak mulu lagi, banyak baret atau bahkan mengelupas dan berlubang maka sebaiknya dibuang saja dan jangan digunakan lagi.

Baca Juga : Mangkok Melamin Putih, Dengan Berbagai Ukuran dan Bentuk Menarik

4.) Perhatikan Usia Pakai

Peralatan makan juga memiliki usia pakai yang aman termasuk baki yang bebahan melamin, sebaiknya jangan digunakan lagi jika sudah menginjak usia 6 bulan pemakaian. Namun usia pemakaian juga bergantung pada cara penggunaannya.

Jika tidak sering digunakan maka mungkin usia pemakaiannya juga lebih lama.

Namun sebaiknya ganti baki tersebut jika di permukaannya sudah banyak baret dan terdapat bagian yang mengelupas.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memilih baki melamin yang aman dan baik digunakan beserta dengan tips dan cara menggunakan baki agar aman bagi bahan makanan dan masakan Anda.