Rekomendasi Piring Makan Hotel Untuk Fine Dining Di Rumah

by | Mar 7, 2022 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Piring merupakan salah satu alat dapur yang fungsinya sangat banyak dalam bidang kuliner. Dalam bidang kuliner keestetikaan makanan tidak hanya terletak bagaimana cara kita menyusun makanan di piring, namun juga pada model dan bentuk piring sangat mempengaruhinya.

Bagi anda yang senang membuat konten makanan jenis piring yang anda gunakan untuk di akhir penyajian gambar sangat menentukan kualitas makanan juga. Piring dengan bahan keramik merupakan piring yang mempunyai kualitas yang baik. Selain hal tersebut piring dengan bahan keramik lebih banyak memiliki corak yang beragam.

Pada ulasan kali ini kami akan membahas beberapa seputar piring makan hotel yang biasa digunakan untuk fine dining di rumah. Pada saat akan menyiapkan makanan yang baik dan berkualitas plate juga sangat penting untuk diperhatikan. Oleh karena itu daripada anda penasaran bagaimana table manner yang baik berikut akan kami bahas rekomendasi plate piring yang rekomended untuk anda gunakan.

Piring makan hotel untuk fine dining di rumah begini cara memilihnya

  1. Dessert Plate 

Meskipun piring ini dikenal dengan piring dessert palte namun piring ini mempunyai peran yang multifungsi. Piring ini biasanya digunakan untuk menyajikan dessert, appetizer, atau sebagai alas appetizer/ dessert.

Pada umumnya ukuran jenis piring hotel ini lebih kecil daripada piring pada umumnya karena sesuai dengan fungsinya untuk menyajikan dessert atau appetizer. Diameter ukuran piring ini adalah 18 cm.

  1. Dinner Plate

Dinner plate merupakan piring berbentuk lingkaran ceper atau landai yang biasa digunakan saat akan malam. Ukuran piring ceper ini lebih besar daripada piring Dessert Plate dengan diameter 26 cm. Hal ini menyesuaikan dengan tujuan fungsi piring ini pada table manner adalah sebagai main course atau menu utama.

  1. BnB Plate 

BnB merupakan singkatan dari Butter and Bread atau biasa disebut sebagai side plate/quarter plate. Hal ini karena jenis piring ini merupakan piring yang digunakan untuk menyajikan roti dan mentega dalam table manner dan selalu diletakan di samping kiri garpu.

Bentuk dari piring ini tidak jauh berbeda dengan jenis piring dessert dan dinner plate dengan ukuran diameter  lebih kecil yaitu 15 cm.

  1. Fish Plate

Sesuai dengan nama piringnya fungsi dari piring ini sebagai tempat menyajikan menu berupak ikan atau seafood. Piring ini berbentuk Lebih lonjong dan besar daripada piring pada umumnya.

Baca Juga : Aneka Ragam Paket Sendok Makan Korea Untuk Usaha Kuliner

Setelah anda mengetahui rekomendasi piring yang biasa digunakan untuk fine dining di hotel atau di restaurant maka setelah itu anda perlu mempelajari table manner agar sensasi fine dining terasa di restoran mewah. Berikut yang harus anda ketahui mengenai table manner

  1. Mengatur posisi duduk

Pada aturan table manner di fine dining posisi duduk sangat ditentukan kerapiannya. Untuk mengatur posisi duduk sebaiknya dalam posisi tegak, dan saat memegang peralatan makan alangkah baiknya siku tetap mengambang agar tidak mengganggu orang disebelahnya.

  1. Ketahui menu makanan yang akan disajikan 

Saat akan menyelenggarakan acara fine dining dan mengatur table manner sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu menu yang akan disajikan agar dapat dengan baik menentukan  peralatan makan yang digunakan dengan baik

  1. Pengaturan serbet

Pada acara fine dining jika dilakukan di restoran maka serbet akan diletakan dipangkuan oleh pelayan sesuai SOP waiter . Namun jika fine dining dilakukan di rumah maka anda dapat meletakan serbet setelah tuan rumah meletakan serbet terlebih dahulu. Perlu anda ketahui bahwasannya serbet hanya digunakan untuk mengelap bibir dan tangan serta tidak diperkenankan untuk mengelap peralatan makanan.

Demikianlah ulasan mengenai rekomendasi piring makan hotel untuk fine dining, semoga ulasan ini membantu anda untuk menyiapkan acara fine dining keluarga.