Aneka Ragam Paket Sendok Makan Korea Untuk Usaha Kuliner

by | Mar 3, 2022 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Peralatan makan menjadi salah satu elemen penting dalam menikmati produk kuliner apapun. Makanan sebagai produk budaya seringkali memiliki ciri khusus yang berkaitan dengan cara makan dan juga alat makan yang digunakan. Hal yang sama berlaku pada masakan Korea yang memiliki cara dan peralatan makan yang khas. Penggunaan alat makan berupa sumpit dan sendok makan korea memiliki ciri yang berbeda dari alat makan serupa yang digunakan pada kultur berbeda.

Mengenal Sujeo Set

Masakan Korea umumnya dimakan dengan menggunakan sendok dan sumpit. Kedua alat ini dikenal dengan nama Sujeo atau Sujeo Set. Istilah Sujeo berasal dari kata sutgarak yang memiliki arti sendok dan jeotgarak yang artinya adalah sumpit. Sendok Korea umumnya memiliki ukuran agak kecil dengan bentuk yang membulat.

Sebuah paket alat makan berupa sumpit dan sendok makan korea otentik biasanya dikemas dalam satu paket. Alat makan ini cukup umum dijadikan cinderamata. Sujeo Set biasanya dikemas dalam kantong kain atau karton yang diberi motif serta simbol dengan makna umur panjang.

Kedua alat tersebut tidak dipakai bersamaan dengan menggunakan kedua tangan, tetapi digunakan secara bergantian. Dalam tata krama makan ala Korea, sendok melamin atau sumpit yang tidak digunakan akan diletakkan di atas meja. Tata krama atau aturan makan ini menjadi bagian penting dari kultur Korea dalam hal menikmati hidangan kuliner.

Sujeo Set Logam

Salah satu pilihan sendok makan korea murah bisa diperoleh dengan memilih Sujeo Set dengan bahan logam. Produk ini merupakan yang paling umum ditemukan dan juga digunakan. Sujeo Set logam umumnya dibuat dari bahan stainless steel dengan kode 304 yang masuk dalam kategori food grade.

Sama seperti Sujeo Set pada umumnya; paket ini berisi satu buah sendok dan satu pasang sumpit yang semuanya terbuat dari bahan logam stainless steel. Harga paket Sujeo Set ini juga sangat beragam tergantung dari kualitas produk yang ditawarkan. Paket sendok makan korea dan sumpit dalam kategori murah bisa diperoleh dengan harga mulai dari sekitar IDR 20.000.

Sujeo Set Kayu

Selain Sujeo Set dengan bahan logam, kini produk serupa yang terbuat dari bahan kayu juga semakin umum digunakan. Bahan kayu terkesan lebih elegan dan memiliki bobot yang lebih ringan. Produk dengan bahan kayu ini bisa dicari dengan cukup mudah menggunakan kata kunci sendok makan korea kayu untuk menemukan beragam pilihan Sujeo Set dari bahan tersebut.

Sujeo Set dari bahan kayu bisa diperoleh dengan harga mulai sekitar IDR 10.000. Harga produk Sujeo Set kayu ini umumnya dipengaruhi oleh jenis dan kualitas kayu yang digunakan. Salah satu tips penting menggunakan alat makan dengan bahan kayu adalah harus selalu mengeringkannya sebelum disimpan untuk menghindari jamur.

Baca Juga : Asbak Hitam Yang Sering Di Gunakan, Tersedia Berbagai Bentuk Pilihan

Paket Lain Peralatan Makan Korea

Selain bahan dari logam dan kayu, kini bahan melamine juga semakin umum dipakai. Alat makan dari bahan ini menjadi pilihan yang praktis untuk digunakan. Melamine selain ringan dan kuat juga mudah dibersihkan dan tentu saja masuk dalam kategori peralatan makan food grade.

Beberapa paket sendok makan korea kini tidak lagi berupa Sujeo Set yang terdiri atas sendok dan sumpit, tetapi juga sudah dilengkapi dengan garpu. Hal ini disebabkan karena tidak semua orang terbiasa dan bisa makan dengan menggunakan sendok dan sumpit. Garpu dapat digunakan sebagai pengganti sumpit ketika penggunanya kesulitan makan dengan alat tersebut. Anda bisa memakai alternatif ini untuk aktivitas makan yang lebih mudah.