Gelas Cangkir Kopi: Perawatan dan Ciri Khas

by | Feb 18, 2021 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Cangkir Kopi – Banyak orang menjadikan gelas cangkir kopi sebagai salah satu peralatan dapur yang wajib ada di rumahnya. Beberapa dari mereka bahkan mengoleksinya sebab memiliki bentuk beragam dan motif unik sehingga indah untuk menjadi hiasan. Lantas bagaimana cara merawat barang pecah belah ini?

Cara Perawatan Gelas Cangkir Kopi

Gelas cangkir kopi bisa masuk ke dalam kategori peralatan dapur dengan berbagai jenis bahannya. Mulai dari kaca, stainless steel hingga kayu tentunya memiliki cara perawatan yang berbeda. Bagi Anda yang memilikinya tentu harus memperhatikan banyak hal agar tidak mudah rusak. Berikut tipsnya:

  1. Langsung Membersihkan Setelah Anda Pakai
Membersihkan Gelas Cangkir Kopi

Membersihkan Gelas Cangkir Kopi

Satu hal yang paling wajib untuk Anda lakukan ketika merawat gelas cangkir kopi yakni dengan membersihkannya secara langsung setelah memakainya. Jangan biarkan noda minuman sisa mengendap begitu lama pada permukaannya karena bisa merusak nilai estetikanya.

Khususnya pada gelas cangkir kopi yang memiliki bahan utama dari kayu. Sifat dari material ini mampu meresap bahan cairan lantaran mempunyai pori-pori mikroskopis pada permukaannya. Pastikan untuk tidak membiarkannya begitu lama dengan segala jenis minuman baik panas ataupun dingin.

  1. Membersihkan Gelas Cangkir Kopi Kayu Menggunakan Spons Kasar
Membersihkan Gelas Dengan Spon Kasar

Membersihkan Gelas Dengan Spon Kasar

Tips ini hanya berlaku pada Anda yang memiliki gelas cangkir kopi dengan bahan kayu. Alangkah lebih baik apabila menggunakan spons kasar ketika membersihkannya. Jangan lupa untuk menambahkan air dan sabun dahulu sebelum menggosokkannya pada permukaannya.

Bukan saran yang bagus apabila Anda menggunakan sikat kawat untuk membersihkannya. Pasalnya hal ini kemungkinan tinggi akan merusak permukaan peralatan khususnya gelas cangkir kopi dari bahan kayu. Material ini memang lebih sensitif daripada lainnya sehingga harus berhati-hati.

  1. Menyimpan Gelas Cangkir Kopi dalam Keadaan Kering

tempat piring cuci

Selanjutnya, setelah Anda memastikan jika gelas cangkir kopi sudah bersih maka perhatikan kembali dalam hal penyimpanannya. Jangan sampai menyimpannya di dalam almari ketika masih dalam keadaan basah. Kondisi seperti ini akan meningkatkan kemungkinan tumbuhnya jamur di permukaan.

Jadi Anda perlu menunggu cangkir kopi ini sampai kering dahulu sebelum menyimpannya. Tipsnya yaitu gantunglah dengan keadaan mulut gelas ada di bawah. Penyimpanan dengan cara menumpuk bisa menjadi salah satu trik.

  1. Mengoleskan Minyak Kelapa pada Gelas Cangkir Kopi Plastik

Tips ini bisa Anda lakukan pada gelas cangkir kopi yang berbahan dasar plastik. Umumnya material seperti ini memiliki warna lebih mencolok sehingga harus mencari cara untuk mempertahankannya dalam pemakaian waktu lama. Salah satunya dengan mengoleskan minyak kelapa secara menyeluruh.

Anda bisa mengoleskan minyak kelapa sebelum membersihkannya. Oleskan secara menyeluruh menggunakan kapas. Selanjutnya cuci gelas cangkir kopi pakai sabun piring seperti biasanya. Lakukan hal ini dengan rutin tanpa harus selalu saat mencucinya.

  1. Memasukkan ke Larutan Garam atau Lemon untuk Menghilangkan Bau Sisa Kopi

Seringkali bau sisa kopi masih ada pada gelas cangkir meskipun sudah mencucinya berkali-kali. Anda bisa menyiasatinya dengan memasukkannya ke dalam larutan garam atau lemon agar menghilangkannya dalam beberapa menit sebelum membilasnya menggunakan air kembali.

Caranya yakni menambahkan air bersih dengan beberapa sendok garam atau perasan lemon secukupnya. Alangkah lebih baik jika larutan ini masih hangat agar meningkatkan efektivitas dalam menghilangkan bau sisa kopi. Selanjutnya rendam gelas cangkir ke dalamnya selama beberapa menit.

  1. Mencuci dengan Menggunakan Air Hangat

Ada alasan sendiri mengapa menggunakan air hangat justru menjadi salah satu tips daripada memakai air dingin saat mencuci gelas cangkir kopi. Umumnya perabotan dapur ini akan meninggalkan bau sisa dari minuman sebelumnya, tentu hal ini kurang ibu rumah tangga sukai lantaran tampak tidak bersih.

Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan air hangat pada saat mencucinya. Suhu relatif tinggi ini akan lebih mudah untuk menghilangkan bau sisa pada gelas cangkir kopi. Tidak hanya itu saja, pencucian seperti ini pun mampu membersihkan kuman dan jamur dalam waktu lebih cepat.

  1. Menggunakan Cuka pada Gelas Cangkir Kopi Stainless Steel

Ada perawatan khusus yang perlu Anda lakukan untuk mempertahankan efek mengkilap dari gelas cangkir kopi berbahan stainless steel. Gunakan cuka dapur dengan mengoleskannya secara lembut dan sesuai bentuknya.

Pastikan untuk menggunakan kain yang halus dan tidak berserat agar menghindari kerusakan permukaan dari stainless steel. Pasalnya bahan ini memang sangat sensitif dengan barang kasar sehingga harus berhati-hati saat membersihkannya.

Ciri Khas dari Gelas Cangkir Kopi

Cangkir Kopi Keramik Warna-Warni

Bagi penggemar kopi, mereka bahkan menyadari adanya perbedaan gelas cangkir kopi dengan jenis gelas pada umumnya. Hal seperti ini nyatanya menjadi salah satu cara untuk sebagian orang ketika sedang mencari salah satu peralatan dapur ini. Berikut beberapa ciri khasnya:

  1. Memiliki Pegangan Cangkir

Salah satu ciri utama yang pasti Anda jumpai di gelas cangkir kopi adalah adanya pegangan pada bagian tubuhnya. Bukan tanpa alasan, hal ini akan memudahkan penikmatnya ketika sedang meminumnya dalam keadaan panas tanpa harus memegangi seluruh sisi body-nya.

Kini Anda bisa menjadikan semua gelas yang memiliki pegangan sebagai cangkir kopi. Minuman ini tentu menjadi lebih nikmat apabila menikmatinya ketika masih panas. Jadi adanya komponen ini membuat para penikmatnya mudah saat memegangnya tanpa harus menuangkan ke dalam cawan.

  1. Memiliki Ukuran Cukup Rendah

Masih bersangkutan dengan poin sebelumnya, kopi memang lebih nikmat saat Anda nikmati ketika masih panas. Penikmatnya tentu akan meminumnya secara perlahan-lahan. Hal ini menjadi alasan mengapa minuman ini memang sering membuat sajikan dalam takaran cukup sedikit dari lainnya.

Takaran kopi yang sedikit ini membuat akhirnya cangkir kopi juga menyesuaikan ukurannya. Tentu sangat kurang cocok apabila gelas minuman ini berbentuk cukup tinggi dan lebar karena hanya memuat sebagian saja dari seluruh isinya.

  1. Cangkir Memiliki Cawan sebagai Pelengkapnya

Sebagian penikmat kopi juga memilih untuk menikmatinya dengan cara menuangkan ke dalam cawan secara perlahan. Hal ini juga menjadi salah satu trik paling nikmat dalam meminum minuman paling populer di dunia.

Jadi salah satu ciri dari cangkir kopi tentunya akan bersanding dengan cawan sebagai pelengkapnya. Banyak orang beranggapan apabila keduanya memang sudah tidak dapat Anda pisahkan baik di dapur maupun saat menyajikannya.

  1. Menggunakan Berbagai Bahan untuk Membuatnya

Gelas cangkir kopi ini memiliki berbagai jenis bahan untuk membuatnya. Salah satunya yakni tanah liat. Selama proses pembuatannya akan menjalani tahap pembakaran dengan suhu tinggi dan penjemuran baru mendapatkan hasil akhirnya.

Baca Juga : Gambar Cangkir Kopi yang Unik dan Menarik

Selanjutnya gelas cangkir kopi juga dapat Anda jumpai pada bahan lainnya misalnya kaca dan stainless steel. Beberapa jenis material ini akan mempengaruhi bentuk dan nilai estetika di hasil akhirnya sehingga menjadi bahan pertimbangan sebelum membelinya.

Itulah tadi beberapa ulasan mengenai gelas cangkir kopi yang masih banyak orang mencarinya untuk menikmati minuman kesukaan mereka. Anda pun harus tahu mengenai cara merawatnya agar tetap tampak bagus dan indah saat menyajikan.