Cangkir Kopi Arab dan Ciri Khasnya

by | Feb 20, 2021 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Cangkir kopi – Dalam menikmati seduhan kopi yang panas, setiap orang pastilah memiliki cara menyeduhnya masing-masing. Termasuk dalam memilih cangkirnya, itu karena wadah tersebut dapat mempengaruhi kualitas dari minuman yang akan diminum. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui juga cangkir kopi Arab.

Apa Itu Cangkir Kopi Arab?

Mengingat tradisi dari setiap negara berbeda-beda dalam menikmati kopi, hal ini sama dengan orang Arab yang pastinya memiliki tradisinya sendiri. Berbicara mengenai cangkirnya, di sana mempunyai keunikan wadah kopi yang tampilannya sangat elegan. Seakan seperti gelas ala sultan berlapis emas.

Hal tersebut memang benar adanya, jika Anda penasaran dengan bagaimana bentuk dan motif dari cangkir kopi Arab ini. Produknya sudah tersebar luas di beberapa marketplace, pastinya dengan harga yang juga sangat bervariatif. Namun, jangan terkejut bila harganya tergolong sangat mahal.

Mengingat cangkir kopi dari Arab ada yang berlapiskan emas, bahkan ada warna silver yang pastinya sangat elegan dan sangat mewah. Sangat cocok sebagai hiasan di rumah maupun menjadikannya sebagai teman minum kopi para tamu. Anda bisa mencarinya di mesin pencari google atau marketplace.

Ciri Khas dari Cangkir Kopi Arab

Ciri khas dari cangkir kopi yang berasal dari Arab ini memiliki keunikannya sendiri. Perlu Anda ketahui, bahwa wadah satu ini mempunyai tampilan yang sangat mewah dan elegan. Motifnya pun juga sangat bagus, kesan pertama kali saat melihat cangkir ini adalah menarik dan desainnya ala sultan.

Tidak heran memang, di Arab cenderung lebih terkenal karena ada seorang sultan kaya yang memiliki kekayaan luar biasa. Hal ini terbukti dari cangkir kopi satu ini. Meskipun wadahnya kecil atau tidak sebesar yang ada di Indonesia. Akan tetapi, bentuk, desain, motif serta warnanya elegan.

Tidak hanya sebagai teman minum kopi saja, Anda pun bisa memajangnya sebagai salah satu koleksi di rumah. Apalagi jika cangkir tersebut sudah lengkap satu set, yaitu beserta dengan teko, gelas kecil dan juga nampannya. Warnanya pun bisa dipilih sesuai keinginan, ada silver dan emas.

Mengenal Tentang Gahwa (Jenis Kopi Arab)

Jika berbicara mengenai kopi Arab, hal ini seringkali terkenal dengan sebutan Gahwa. Biasanya gahwa tersaji ke dalam ceret yang disebut dallah. Kemudian, dallah tersebut akan orang bawa secara berkeliling ke seluruh tamu. Gahwa ini kerap kali menjadi welcome drink bagi masyarakat di Arab.

Uniknya, Gahwa ini berbeda dengan kopi yang ada di tanah air Indonesia. Itu karena warnanya bukannya hitam pekat, akan tetapi cenderung berwarna coklat muda atau kekuningan. Bahkan aromanya seperti rempah. Perbedaan warna tersebut karena biji kopinya dipanggang lama.

Oleh karena itu, kandungan kafeinnya cukup tinggi. Untuk dapat menetralisir kafeinnya, Gahwa ini melewati proses perebusan yang nantinya produsen tambah menggunakan rempah. Seperti halnya saffron, cengkeh, kapulaga, jahe atau bahkan kunyit. Itulah mengapa rempah dan rasanya pahit.

Ciri Khas Kopi Arab yang Mendunia

ciri khas kopi arab

Sebagai kopi yang terkenal dengan keunikan dan cita rasanya, kopi Arab ini juga terkenal karena bisa tersaji dengan cara yang berbeda dengan kopi pada umumnya. Bagi Anda yang ingin mendapatkan khasiat dari meminum kopi, cobalah mengonsumsi kopi Arab satu ini.

  1. Tersaji Dalam Wadah yang Unik

Salah satu ciri khas yang terdapat pada kopi Arab ini, yaitu memiliki perbedaan dalam bentuk penyajiannya. Itu karena masyarakat di Arab selalu menyajikan minuman panas ini di perangkat yang cukup unik. Mengingat setiap cangkirnya berukuran kecil dan bermotif sangat elegan.

Perangkat kopi di Arab memiliki keunikan, yaitu warna dan motifnya sangat elegan. Bahkan warnanya pun juga, seperti silver dan kuning keemasan. Kopi Arab yang dimasukkan ke dalam wadah adalah dallah, lalu masyarakat Arab tuangkan lagi ke cangkir kecil yaitu finjan gahwa.

  1. Tidak Menggunakan Pemanis

Saat Anda ingin menikmati dan mencoba kopi Arab ini, jangan berharap jika rasa dari kopinya sama seperti yang ada di tanah air Indonesia. Pasalnya kopi tersebut tak menggunakan pemanis alias tanpa gula. Jadi, rasanya akan pahit secara natural. Tidak cocok bagi Anda yang tak suka pahit.

Rasa pahitnya cukup pekat, hal tersebut juga merupakan dampak dari proses pembuatan kopinya sendiri. Namun, inilah yang menjadi keunikan kopi Arab. Pada umumnya, ketika hendak menikmati minuman ini biasanya akan tersajikan juga dengan kurma. Tujuannya untuk menghilangkan rasa pahit.

  1. Mempunyai Aroma yang Aromatik

Bagi Anda pecinta minuman kopi satu ini, mungkin cita rasa akan menjadi salah satu hal paling penting. Itu karena setiap pembuatan dan pengolahan kopi, memiliki ciri khasnya masing-masing. Setiap kopi yang berasal dari negara lain, tentu saja juga mempunyai cara olahannya sendiri.

Sama halnya seperti kopi Arab ini. Namun, hal inilah yang menjadi salah satu keunikan dari kopinya. Cita rasa serta aromanya menjadi sangat khas. Kopi Arab inni terkenal di berbagai kalangan, karena sangat aromatik. Mengingat kopi ini melalui proses perebusan terlebih dahulu memakai kapulaga.

Manfaat Penting dari Kopi Arab

ciri khas kopi arab

Sebagai salah satu jenis kopi yang sangat terkenal karena memiliki cita rasa dan aroma yang khas. Kopi Arab juga terkenal mempunyai manfaat yang sangat penting bagi kesehatan Anda. Dengan begitu, sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai pencegahan penyakit.

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Mengingat akan banyaknya orang terkena penyakit kanker, semakin marak pula angka kematian di Indonesia. Mengambil langkah yang tepat sebagai tindak pencegahan merupakan upaya yang sangat tepat, untuk dapat menghentikan penyakit mematikan tersebut.

Dalam proses upaya tersebut, kini ada minuman yang bisa juga mencegah datangnya penyakit mematikan ini. Salah satunya adalah kopi Arab. Perlu Anda ketahui, bahwa kopi ini akan menyehatkan tubuh bila rajin orang konsumsi. Itu karena adanya antioksidan yang bisa menekan kanker.

  1. Mengurangi Risiko Diabetes

Kemudian, tak hanya mencegah penyakit kanker saja. Namun, kopi Arab ini juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit diabetes. Memang, produk apapun yang berasal dari sana selalu memiliki manfaat tak terhitung bahkan masalah kesehatan juga.

Bila Anda mengkonsumsi kopi Arab ini secara rutin, maka akan terhindar dari risiko terkena penyakit diabetes. Mengingat kopi tersebut tak ada pemanis yaitu gula, jadi penyerapan gulanya akan terhambat karena minum kopi. Dengan hal ini, maka risiko terkena penyakitnya menurun 50%.

  1. Menjaga Kesehatan Pada Mulut

Selanjutnya, kopi Arab juga dapat menjaga kesehatan pada mulut Anda. Itu karena di dalam kandungan kopi tersebut ada sifat antibakterinya. Dengan kata lain, dapat juga menyembuhkan berbagai macam masalah gigi.

Bisa juga menyembuhkan masalah gigi seperti gigi berlubang maupun infeksi pada gusi. Bahkan lebih hebatnya lagi, kopi Arab ini juga dapat melawan terkena risiko penyakit kanker mulut. Serta pedagang di gigi bisa Anda hindari dengan mengonsumsinya.

Baca Juga : Cangkir Gelas Kopi dengan Bahan Terbaik

Demikian penjelasan secara mendalam terkait cangkir kopi Arab. Beserta dengan pembahasan mengenai pengertian, ciri khas cangkir, mengenal tentang gahwa, ciri khas kopi Arab sampai dengan manfaatnya. Semoga artikel di atas dapat memberikan ilmu baru untuk Anda tentang produk Arab.