Cangkir Gelas Kopi dengan Bahan Terbaik

by | Feb 19, 2021 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Cangkir kopi – Menikmati kopi seakan sudah menjadi salah satu kebiasaan bahkan gaya hidup. Untuk dapat minum serta menikmati kopi, tak akan lepas dari yang namanya cangkir. Saat ini telah banyak wadah minuman tersebut yang memiliki aneka ragam bentuk dan bahannya. Salah satunya yaitu cangkir gelas kopi.

Bahan Utama dari Cangkir Gelas Kopi

Berbicara mengenai cangkir, gelas atau bahkan mug untuk dapat menyeduh kopi. Semua itu sangatlah bergantung kepada bahan utama yang produksi gunakan untuk membuat wadah tersebut. Saat ini telah banyak bahan cangkir yang beraneka ragam, bahkan salah satunya tahan pada panas.

  1. Cangkir Kopi Stainless Steel

Pada umumnya, bahan dasar stainless steel ini selalu berbentuk termos travelling maupun mug yang cukup besar ukuran diameternya. Mengingat bahan satu ini sangatlah bermanfaat, bagi Anda yang selalu menyukai minuman dalam kondisi masih hangat. Itu karena bahannya sendiri awet untuk panas.

Hal tersebut sama halnya pada cangkir berbahan stainless steel ini, manakala Anda menyeduh air panas untuk membuat kopi. Maka kopi tersebut kehangatannya akan tahan lama, akan tetapi ada kekurangannya. Aroma bahan metal aka menguap dan justru akan merusak aroma inti kopinya.

  1. Cangkir Kopi Plastik

Kemudian, ada cangkir kopi berbahan dasar plastik. Wadah ini bisa Anda gunakan ketika keadaan darurat saja, karena kehangatan kopi tak akan bertahan lama di sana. Apalagi merendahkan derajat si kopi. Bahkan ketika cangkir plastik baru saja dicuci, pastinya zat berbahaya akan tetap menempel.

Namun, dari segi ramah lingkungannya memang benar. Itu karena selain mudah untuk Anda temukan, harganya juga lebih terjangkau. Bahkan kini sudah banyak cangkir plastik yang tahan terhadap air panas. Akan tetapi bukan dalam fungsinya, jadi kopi akan mudah dingin jika di plastik.

  1. Cangkir Kopi Enamel

Selanjutnya, salah satu bahan cangkir yang masuk ke dalam kategori tidak mudah pecah yaitu berbahan dasar enamel. Cangkir satu ini biasanya terbuat dari baja maupun logam yang terlampiaskan oleh enamel. Mengenai baunya, jangan khawatir karena wadah ini tak terlalu mengganggu aroma kopi.

Namun, ,jika berbicara mengenai ketahanan terhadap kehangatan kopinya. Cangkir bahan enamel ini masih kurang, akan tetapi ada kelebihan lain dari wadah ini. Seringkali bisa Anda jumpai di beberapa cafe maupun angkringan. Itu karena cangkirnya sendiri menimbulkan suasana yang tradisional.

  1. Cangkir Kopi Kaca

Seringkali cangkir dengan bahan dasar kaca ini, selalu dapat Anda jumpai di pusat perbelanjaan mana pun. Pasalnya, dengan berbahan ini maka tampilannya akan terlihat jauh lebih elegan daripada bahan sebelumnya. Apalagi kini telah banyak wadah kopi kaca ini yang sangat kuat terhadap panas.

Kelebihan dari cangkir kaca ini, tidak mudah menyerap cairan, tak meninggalkan bau. Jadi, seduhan kopi yang masuk ke dalam wadah tersebut aromanya masih terasa murni dan nikmat saat Anda nikmati. Sebelum menggunakannya untuk menyeduh kopi, ada baiknya pilih lagi jenis yang tahan panas.

  1. Cangkir Kopi Keramik Porselain

Poin yang paling menarik dari cangkir berbahan dasar keramik porselain ini, yaitu tampilan serta manfaatnya yang sama-sama cocok untuk teman minum kopi. Rasanya terjamin super nikmat, karena cangkir ini tak akan meninggalkan aroma lain. Bahkan ketahanannya terhadap panas, bagus.

Hal tersebut berlaku pada cangkir, mug kerucut dan bundar atau bahkan kotak. Semua wadah berbahan dasar keramik porselain, akan awet karena tahan panas. Apalagi bagi yang tampilannya polos, Anda bisa mendesainnya kepada orang yang khusus untuk desain sesuai keinginan.

  1. Cangkir Kopi Kayu

Salah satu cangkir yang sampai saat ini masih bertahan, yaitu cangkir berbahan dasar kayu. Mungkin sebelumnya Anda akan susah menemukannya, karena untuk sekarang cangkir tersebut kembali marak. Mengingat kegunaannya yang sangat bermanfaat, apalagi tampilannya sangatlah tradisional.

Biasanya cangkir seperti ini seringkali banyak cafe atau rumah makan tradisional gunakan, tampilannya yang unik karena berbahan dasar kayu. Apalagi aroma minuman akan tahan lama, termasuk kopi. Sehingga cita rasa dari kopi yang terseduh, Anda bisa menikmati dengan nikmat.

Alasan Orang Lebih Memilih Cangkir Gelas Kopi

memilih cangkir kopi gelas

Berbicara mengenai cangkir yang seringkali banyak masyarakat gunakan untuk menyeduh minuman hangat, termasuk kopi. Mengingat minuman tersebut harus terjaga aroma dan kehangatannya, tak heran jika mereka selalu selektif dalam memilih wadah khusus untuk dapat menikmati kopinya.

Hal tersebut seringkali menjadi permasalahan tersendiri, pasalnya tak sedikit bahan dasar cangkir yang sudah ada saat ini. Apalagi tidak semua wadah tersebut tidak bisa tahan terhadap panas, jadi harus benar-benar selektif dalam memilihnya. Bagi Anda yang masih bingung, pilihlah gelas kaca.

Atau bisa juga stainless steel maupun kayu, dari cangkir tersebut aroma kopi yang Anda seduhkan akan lebih tahan lama. Sehingga minum kopi menjadi sangat nikmat. Apalagi bahan tersebut juga tahan terhadap panas, jadi tak perlu khawatir jika mudah pecah.

Cara Memilih Cangkir Kopi yang Ideal

Cangkir Kopi Bening

Bagi Anda penikmat dan pecinta kopi atau bahkan ingin membuka usaha bisnis cafe, ada baiknya perhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Salah satunya yaitu dengan memilih cangkir kopi ataupun wadah kopinya. Jangan sampai salah pilih, karena cangkir tersebut yang mempengaruhi aroma kopi.

  1. Memilih Cangkir Kopi Sesuai Fungsinya

Bila memang Anda ingin membuka coffee shop, sudah pasti hal ini perlu menjadi bahan pertimbangan. Hal tersebut bertujuan untuk dapat menyesuaikannya dengan menu kopi yang tersedia. Cangkir espresso misalnya, wadah ini berbeda dengan cangkir cappucino dan black coffee.

Biasanya pengusaha dari kedai kopi selalu tahu jenis apa yang harus mereka berikan kepada pelanggan. Namun, jika Anda tidak membuka usaha coffee shop tapi tetap ingin memiliki cangkir seperti itu. Ada baiknya sesuaikan dengan kebutuhan, bila di rumah cangkir keramik juga bisa jadi pilihan.

  1. Memilih Cangkir Unik dan Bergaya

Selain memperhatikan fungsinya, cangkir kopi juga memiliki keanekaragaman serta keunikannya sendiri-sendiri. Bila Anda menyukai cangkir yang modelnya biasanya saja, wadah tersebut mudah untuk ditemukan karena biasanya selalu terjual di mana pun. Ada juga wadah yang berbentuk lucu.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan kekreatifitasan manusia, kini telah hadir inovasi baru dari cangkir dengan berbagai macam bentuknya. Bahkan ada bentuk lucu, unik dan menarik pastinya. Jadi, bagi Anda yang menyukai keunikan bisa juga memilih cangkir tersebut sebagai teman minum kopi.

  1. Memilih Material Cangkir Kopi Terbaik

Setelah itu, Anda juga harus memilih cangkir yang memiliki material terbaik. Seperti pada bahan porselain maupun keramik. Itu karena wadah tersebut terkenal mampu menahan panas jauh lebih lama daripada jenis cangkir lainnya. Bahkan cangkir ini menduduki posisi pertama sebagai wadah terbaik.

Baca juga : Gelas Cangkir Kopi: Perawatan dan Ciri Khas

Selain itu, kopi yang Anda seduhkan ke dalam cangkir berbahan dasar porselain juga tak akan mudah dingin. Senyawanya yang membuat minuman panas terjaga kehangatannya, jadi sangat cocok bagi pengguna yang selalu sering meminum minuman panas sehingga akan lebih menikmati.

Seperti itulah penjelasan secara mendetail dari cangkir gelas kopi. Beserta dengan pembahasan mengenai bahan utama pembuatan cangkir kopi, alasan memilihnya sampai dengan cara memilih wadah kopi yang terbaik. Dengan begitu Anda bisa menikmati minumannya dengan sangat nikmat.