Cangkir Kopi Aluminium dengan Banyak Keunggulan

by | Feb 21, 2021 | Perlengkapan Rumah Tangga, Uncategorized | 0 comments

Cangkir kopi set – Dalam menikmati minuman hangat, tidak akan lengkap rasanya bila wadahnya tidak tahan terhadap panas. Seperti saat Anda mengonsumsi kopi, ada baiknya selektif dalam memilih cangkir supaya kehangatannya terjaga baik. Salah satu jenis terbaiknya yaitu cangkir kopi aluminium.

Mengenal Cangkir Kopi Aluminium

Dalam mengonsumsi kopi, tak akan lengkap jika Anda tidak menggunakan cangkir aluminium. Kabarnya, produk dengan bahan aluminium ini memang terkenal mahal daripada stainless steel. Namun, kegunaan dan manfaatnya sama yaitu merupakan salah satu produk penghantar panas terbaik.

Perlu Anda ketahui, bahwa aluminium itu termasuk ke dalam logam kelas atas atau IIIA. Jangan heran jika harganya jauh lebih mahal dari stainless steel. Itu karena pengolahannya cukup sulit, terutama dalam mendapatkan biji aluminiumnya sendiri. Kabarnya, harga produknya mencapai harga emas serta perak.

Kini produk aluminium, termasuk cangkir kopi sudah banyak tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia. Mengingat sifatnya yang cukup kuat dan merupakan penghantar panas terbaik, aluminium ini seringkali terkenal karena menyaingi produk platina serta magnesium.

Keunggulan dari Cangkir Kopi Aluminium

Cangkir Brand Maspion

Cangkir Brand Maspion

Dengan penjelasan sebelumnya, kini Anda sudah mengetahui betapa pentingnya dan bagusnya manfaat dari produk berbahan dasar aluminium. Meskipun terkadang banyak orang menyamakannya dengan stainless steel, akan tetapi untuk produk ini jauh lebih mahal. Mengingat pembuatannya sulit.

  1. Produk Penghantar Panas Terbaik

Mengingat sifatnya yang cukup kuat, produk yang memiliki bahan dasar alumunium ini terkenal karena merupakan penghantar panas terbaik. Tidak hanya pada cangkir kopi saja, akan tetapi banyak perabotan rumah atau peralatan masak yang menggunakan bahan tersebut.

Tentu saja hal tersebut dapat memudahkan manusia dalam beraktivitas. Itulah mengapa cangkir kopi aluminium atau produk sama lainnya, terkenal dengan harga yang cukup mahal. Daripada dengan produk stainless steel atau wadah lainnya. Meskipun sama-sama tahan panas, tapi kualitasnya beda.

  1. Warna pada Produknya Tidak Cepat Berubah

Kemudian, salah satu keunggulan dari cangkir kopi yang terbuat dari bahan dasar alumunium ini ialah mempunyai warna yang jauh lebih cerah. Bahkan warna tersebut tak akan cepat pudar, walaupun sudah tersimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Produk aluminium ini cepat bereaksi pada oksigen.

Kemudian, membentuk aluminium oksida. Dengan hal tersebut, justru akan melindungi dari setiap lapisan dalam cangkir kopi aluminiumnya. Sehingga sifatnya menjadi tahan dengan pengaruh dari luar secara kimia.

  1. Tidak Memiliki Reaksi Apapun dengan Bahan Kimia

Salah satu alasan mengapa produk dengan bahan dasar aluminium banyak orang gunakan sebagai wadah makanan dan minuman. Termasuk pada peralatan masak di rumah, itu karena logam satu ini tak akan menimbulkan reaksi pada bahan kimia. Alhasil, sangat aman saat Anda menggunakannya.

Baik untuk makan maupun minum, sama halnya menggunakan cangkir kopi berbahan dasar alumunium ini. Oleh karena itu, banyak sekali yang menyarankan untuk mengkonsumsi kopi menggunakan wadah aluminium saja daripada jenis lainnya. Seperti kaca, plastik, kayu dan lain-lain.

Harga Cangkir Kopi Aluminium

Berbicara mengenai keunggulan dari cangkir kopi aluminium, pasti tak akan ada habisnya. Pasalnya produk berbahan dasar ini terkenal karena kuat dan tahan terhadap panas. Dengan fakta tersebut, membuat harganya pun ikut berpengaruh.

  1. Mug Aluminium

Salah satu produk dengan bahan dasar aluminium, yaitu mug. Seringkali banyak orang gunakan sebagai wadah untuk minum minuman hangat. Seperti kopi, susu, jahe dan masih banyak lagi lainnya. Jika ingin kehangatannya terjaga, Anda patut memilih produk satu ini.

Hanya dengan harga sekitar Rp 18.000 an saja, Anda sudah bisa mendapatkan produk satu ini. Sebagai teman minum minuman hangat, mug alumunium ini cocok sekali. Apalagi fungsi dan manfaatnya sangat membantu. Salah satunya menjaga agar kehangatannya tetap terjaga.

  1. Cangkir Aluminium

Kemudian, ada cangkir yang terbuat dari aluminium lainnya. Perlu Anda ketahui, bahwa produk ini selalu ada di berbagai macam market place. Jadi, ada kemungkinan harganya pun juga berbeda-beda / bervariasi. Tak selalu murah dan juga tidak selalu mahal.

Namun, untuk cangkir aluminium 1 Pc ini seringkali terjual di salah satu marketplace seharga Rp 93. 600. Meskipun harganya tergolong mahal, manfaatnya juga masih sama saja seperti produk sebelumnya. Hanya saja yang menjadi perbedaannya adalah desain dari wadah itu sendiri.

  1. Alocs Gelas Aluminium

Ada lagi produk aluminium lainnya yang tidak kalah menarik. Alocs gelas ini adalah salah satu produk yang terbuat dari bahan dasar aluminium. Namun, produsen buat dengan desain dan pembawaan warna yang pastinya lebih menarik dari gelas lainnya.

Bahan cangkirnya sendiri adalah aluminium anodized, tidak hanya wadahnya saja akan tetapi gagangnya pun juga terbuat dari bahan tersebut. Sedangkan kapasitasnya mencapai 300 ml, sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati kopi panas serta tak ingin kehilangan kehangatannya dengan cepat.

  1. Cangkir Aluminium dalam Bentuk Mini

Berbeda dari produk sebelumnya, untuk cangkir satu ini bentuknya jauh lebih kecil. Sedangkan ukuran jenis lain adalah normal. Pada cangkir ini biasanya cocok sebagai tempat kocok telur atau bisa juga sebagai wadah untuk mengonsumsi minuman hangat lain dalam porsi yang sedikit.

Mengingat bentuknya yang kecil atau mini, jadi harganya juga berpengaruh. Harganya akan jauh lebih murah, jika Anda mencarinya di beberapa marketplace maka akan terjual dengan harga sekitar Rp 9.261. Namun, tidak ada salahnya membeli di store lain karena siapa tahu harganya lebih murah.

Jenis Kopi yang Cocok untuk Cangkir Aluminium

manfaat kopi arab

Bagi penikmat kopi, tentu saja akan selektif dalam memilih berbagai jenis kopi yang ada. Hal ini merupakan hal yang lumrah saja, mereka pasti ingin menikmati dan mencoba rasa baru dari setiap kopi tersebut. Nah, jenis kopi yang cocok Anda coba antara lain:

  1. Kopi Aceh Gayo

Salah satu jenis kopi yang cocok untuk Anda konsumsi di cangkir aluminium, yaitu kopi Aceh Gayo. Jenisnya sendiri adalah termasuk arabika yang biasanya banyak tumbuh pada dataran tinggi. Dengan aroma yang khas, cangkir aluminium bisa membantu menjaga ketahanan aromanya.

Mengingat proses pembuatan dari kopi Aceh Gayo ini sangat panjang, inilah yang membuat cita rasa dan aromanya juga sangat khas. Biji kopinya dimasak di dalam oven selama 4 jam sampai dengan tingkat kematangan sekitar 80%.

  1. Kopi Kintamani Bali

Berbeda dengan jenis kopi pada umumnya, kopi satu ini memiliki karakteristiknya sendiri. Ciri khasnya ialah terasa dari rasa pahit yang terdapat di kopi Kintamani Bali. Namun, rasa tersebut dibarengi dengan rasa jeruk juga. Itu karena petani kopinya dekat dengan kebun jeruk.

Hal tersebut akan menimbulkan aftertaste yang sangat segar dari kopi Kintamani Bali. Dengan cita rasa yang khas tersebut, Anda patut menggunakan cangkir kopi aluminium ini. Mengingat sifatnya yang selain bisa tahan terhadap panas, juga bisa menjaga ketahanan rasa agar selalu segar.

  1. Kopi Papua Wamena

Salah satu jenis kopi Indonesia terbaik selanjutnya, yaitu kopi Papua Wamena. Kabarnya kopi satu ini memiliki cita rasa yang cukup unik, karena mempunyai aroma seperti cokelat serta floral. Sedangkan rasanya asam sedang.

Baca Juga : Cangkir Kopi Arab dan Ciri Khasnya

Inilah mengapa Anda harus menggunakan cangkir aluminium, supaya cita rasa khas dan aromanya tetap terjaga dengan baik. Bukankah akan sangat nikmat bila kopi hangat memiliki aromatik? Dengan begitu, pilihlah wadah yang mampu mempertahankan kualitas dari minuman kopinya.

Demikian penjelasan secara mendalam terkait cangkir kopi aluminium. Beserta dengan pembahasan mengenai cangkir kopi tersebut dari segi harga, pengertian sampai dengan jenis kopi yang cocok Anda gunakan wadah aluminium tersebut.