Warna Piring Dapat Mengubah Nafsu Makan Serta Kebiasan Makan Anda

by | Mar 24, 2021 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Piring Melamin – Bagaimana warna piring dapat mengubah nafsu makan Anda, jika Anda mencoba menurunkan berat badan atau diet, Anda tahu bahwa mendengarkan isyarat lapar internal dapat membantu Anda menyadari kapan Anda benar-benar lapar dan kenyang. Namun, mungkin ada dorongan eksternal yang lebih yang berpotensi meningkatkan atau menurunkan nafsu makan Anda. Salah satu strategi yang bisa dimanfaatkan adalah warna.

Para ilmuwan setuju bahwa warna memiliki pengaruh yang signifikan terhadap seberapa menarik atau tidak menariknya suatu makanan bagi Anda. Hanya melihat makanan menyebabkan segala macam reaksi dalam tubuh Anda. Neuron di bagian otak Anda yang disebut hipotalamus, yang mengatur nafsu makan, mulai menyala. Hanya melihat makanan menyebabkan kelenjar di mulut Anda mulai meningkatkan produksi air liur sebagai persiapan untuk makan.

Beberapa Warna Piring yang Dapat Mempengaruhi Nafsu Makan

  • Merah

Hasil studi baru yang baru-baru ini diterbitkan di Appetite, sebuah jurnal ilmiah, menemukan bahwa orang makan lebih sedikit makanan saat disajikan di piring merah. Mungkin orang mengkonsumsi lebih sedikit di piring merah karena seringkali warna merah dikaitkan dengan bahaya, peringatan atau penghentian (rambu berhenti muncul di benak). Namun, kebanyakan penelitian lain menemukan hasil sebaliknya dan telah menunjukkan bahwa merah sebenarnya adalah warna yang merangsang nafsu makan. Faktanya, orang menganggap makanan berwarna merah adalah yang paling menarik secara keseluruhan. Merah mengaktifkan nafsu makan Anda sehingga sering digunakan dalam logo restoran, menu, taplak meja, dan serbet.

  • Hijau

cenderung berpikir bahwa semua makanan hijau itu sehat, terlepas dari apakah makanan itu benar-benar bergizi atau tidak. Kebiasaan ini dapat ditelusuri kembali ke kebiasaan makan nenek moyang kita. Makanan hijau sering dianggap aman dan tidak beracun atau mematikan.

  • Kuning

Warna kuning juga terbukti merangsang nafsu makan karena kuning dikaitkan dengan kebahagiaan. Otak Anda sebenarnya mengeluarkan lebih banyak serotonin, hormon perasaan senang, saat Anda melihat warna kuning. Inilah sebabnya mengapa Anda mungkin memperhatikan bahwa banyak restoran memiliki bunga kuning di atas meja karena kuning membuat Anda merasa optimis dan semakin Anda merasa optimis, semakin besar kemungkinan Anda untuk berbelanja secara royal. Sama halnya dengan warna kuning, makanan berwarna jingga sering kali menimbulkan perasaan hangat dan nyaman.

  • Putih

Makanan berwarna putih sering kali dikaitkan dengan konsumsi yang berlebihan, terutama jika menyangkut camilan. Anda cenderung lupa bahwa makanan putih mengandung kalori dan ini menyebabkan makan sembarangan. Makanan berwarna putih dan makanan yang dimakan dari alat makan berwarna putih juga kurang memuaskan. Jauhkan tanganmu dari keripik kentang putih itu!

Warna untuk Membatasi Nafsu Makan Anda

Adakah warna tertentu yang menjaga selera makan kita dan membantu membatasi seberapa banyak Anda mengkonsumsinya? Penelitian menunjukkan bahwa warna biru menekan nafsu makan karena tidak banyak makanan berwarna biru yang muncul secara alami selain blueberry, gooseberry, terong, dan mungkin kentang ungu kebiruan.

Dahulu kala ketika nenek moyang Anda keluar mencari sumber makanan, biru, hitam dan ungu menandakan bahwa ada sesuatu yang beracun dan mungkin saja perilaku menghindari warna-warna tersebut dalam makanan masih ada pada Anda. Penelitian telah menemukan bahwa ketika makanan diwarnai dengan warna biru, orang-orang menganggapnya kurang menarik meskipun makanan itu terasa enak. Bahkan disarankan agar Anda meletakkan lampu biru di lemari es Anda untuk mencegah Anda meraih lebih banyak makanan.

Baca Juga : Cangkir Kopi Blirik dan Fakta Unik di Baliknya

Merah muda tidak merangsang nafsu makan Anda karena warnanya agak tidak alami dan sering membuat orang berpikir tentang daging mentah atau pengawet buatan.

Abu-abu adalah warna lain yang menurut orang tidak menarik. Kapan terakhir kali Anda mengatakan makanan abu-abu dan berpikir, “Wah, itu kelihatannya enak”? Makanan coklat juga dianggap mengurangi nafsu makan karena coklat dapat dikaitkan dengan makanan yang gosong atau berlebihan.

Demikian pembahasan tentang warna piring yang dapat mengubah nafsu makan serta kebiasaan makan Anda, semoga bermanfaat.