Cangkir Kopi Blirik dan Fakta Unik di Baliknya

by | Mar 13, 2021 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Cangkir Kopi Blirik merupakan produk lama yang sampai saat ini masih banyak diminati oleh masyarakat. Sebenarnya bentuknya sendiri sama seperti pada umumnya, namun terdapat keunikannya yaitu terletak pada motif serta penutupnya yang khas.

Fakta Unik Cangkir Kopi Blirik

Cangkir kopi – Produk ini sudah ada sejak dahulu, bahkan identik dengan sejarah panjangnya. Bahkan menemani perjuangan masyarakat pada zaman dahulu. Seiring berjalannya waktu, cangkir kopi blirik tetap memiliki penggemar sampai saat ini. Berikut fakta menarik lainnya:

  1. Motifnya Unik

Keunikan motifnya tentu terlihat jelas dari blirik yaitu perpaduan warna hijau dan juga putih. Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) artinya yaitu bercorak lurik yaitu mirip motif dari pakaian adat abdi keraton Jawa dengan arah vertikal sehingga sangat khas dan unik.

Hingga tahun 1960-an produk ini menjadi primadona di kalangan masyarakat, namun mulai tergeser pada 1990 an oleh produk plastik. Meski peredarannya tidak dapat Anda temui di semua wilayah, namun seringkali menjadi pajangan rumah klasik maupun museum sejarah daerah tertentu.

  1. Dulunya Berupa Tea Set Khas Eropa

Sejak dahulu masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan minum kopi atau teh selepas bekerja di sawah maupun ladang. Selain menggunakan kendi, cangkir blirik menjadi pilihan karena tahan lama serta bahannya juga ringan. Bahkan motifnya terlihat estetik dan membuat minuman tetap hangat.

Budaya tersebut berasal dari Eropa yang pada waktu itu menduduki Indonesia. Dahulunya cangkir blirik beredar di pasaran dengan bentuk satu set berupa gelas, teko, dan tutup, dan juga tatakannya. Seiring perkembangan sampai saat ini membuatnya bisa Anda dapatkan secara terpisah.

  1. Simbol Perjuangan Kaum Buruh

Produk tersebut sudah ada di Indonesia sejak zaman peperangan Diponegoro yaitu pada tahun 1830. Meskipun terkesan mewah, namun cangkir blirik sendiri merupakan simbol perjuangan para buruh dan juga petani. Hal inilah yang membuatnya menyimpan cerita panjang dan kenangan.

Selain itu juga menjadi simbol perjuangan para buruh pada tahun 1921 yaitu ketika terjadi demo di Semarang sebagai bentuk perlawanan atas pemerintahan Hindia Belanda. Inilah mengapa meski terlihat jadul dan ketinggalan zaman namun masih banyak penggunanya sampai sekarang.

  1. Harganya Cukup Hemat

Gelas satu ini dapat Anda temukan dengan mudah di toko perkakas rumah tangga, namun tidak semuanya menyediakan. Oleh karenanya bisa memeriksa marketplace untuk mendapatkannya sesuai kebutuhan. Selain perpaduan hijau dan puti, saat ini ada beberapa warna lain seperti biru.

Harga cangkir blirik sendiri cukup beragam yaitu mulai dari Rp.35.000,00 – Rp.50.000,00 menyesuaikan dengan tingkat ketebalan dan kualitasnya. Anda juga tidak perlu khawatir karena sudah lengkap dengan penutupnya, sehingga lebih aman dari debu dan kotoran maupun semut.

  1. Menjadi Trend

Masyarakat sering menyebutnya sebagai produk jadul karena sudah ada sejak zaman dahulu. Meskipun demikian, cangkir blirik tetap menjadi produk hits saat ini. Terutama saat tersebar foto Presiden Joko Widodo sedang menyeruput kopi menggunakannya yang kemudian viral di internet.

Gelas ini identik dengan minuman hangat, karena tahan panas. Saat menggunakannya bisa memegang pada bagian pegangannya untuk memudahkannya. Meskipun dari seng, namun cukup ringan untuk itu dapat Anda bawa ketika bepergian baik menempuh jarak jauh maupun dekat.

  1. Terbuat dari Bahan Dasar Seng

Bahan dasar dari gelas ini yaitu seng yang dilapisi enamel untuk membuatnya tidak mudah berkarat dan tahan lama. Hal tersebut guna menghindari terjadinya pengendapan zat kimia berbahaya di dalam tubuh, untuk itu lebih aman. Keunggulan lain yaitu dapat Anda gunakan dalam jangka lama.

Enamel sendiri adalah lapisan porselen yang ditempel pada materi logam, tujuannya yaitu untuk membuat perkakas lebih awet, tampilannya menarik, serta tahan panas. Biasanya lapisan tersebut juga diaplikasikan pada kulkas dan bak mandi sehingga dapat bertahan lama.

  1. Produk Kekinian di Solo

Anda bisa dengan mudah menemukan cangkir blirik di Daerah Solo dan Jogja salah satunya yaitu di angkringan. Meski produk zaman dahulu, namun pemilik tempat mendesainnya dengan konsep kekinian. Selain itu, seringkali lengkap dengan wifi sehingga nongkrong pasti lebih nyaman.

Beragam makanan dan minuman bisa Anda nikmati, meskipun demikian harganya cenderung lebih murah dari cafe pada umumnya. Agar semakin serasi, tidak hanya motif blirik yang tersedia melainkan lebih berwarna-warni dengan desain ruangan bergambar karikatur atau quotes.

Mengapa Menggunakan Cangkir Blirik?

Produk bersejarah ini memiliki keunikan yang membuatnya sangat cocok untuk menumbuhkan suasana asri serta kekeluargaan. Hambatannya adalah, saat ini produk tersebut sulit Anda temukan kecuali di beberapa daerah atau marketplace tertentu. Berikut ini ulasan lengkapnya:

1. Lebih Tahan Lama

Bahannya sendiri yaitu seng yang sudah terlapisi enamel, untuk itu dapat tahan lama jika Anda bisa merawatnya dengan baik. Biasanya jika sudah lama Anda gunakan, pada bagian bawah akan menunjukkan kerusakan berupa noda seperti  karat dengan ukuran beragam berwarna coklat.

Apabila Anda biarkan, lama-kelamaan akan keropos dan berlubang. Hal ini menyebabkan kebocoran, sehingga tidak dapat Anda fungsikan kembali. Bagi para pengguna, sebaiknya hindari membuangnya sembarangan karena sulit terurai, lebih baik serahkan kepada pengepul agar didaur ulang.

2. Mudah Dibersihkan

Pembersihannya cukup mudah karena permukaannya halus meskipun terdapat noda membandel, namu saat terkena minyak sebaiknya aplikasikan sabun yang dapat menghilangkannya dengan mudah atau menggunakan cairan lemon. Selain lebih kesat baunya juga harum seperti aroma terapi.

Sebaiknya segera bersihkan kemudian keringkan agar noda tidak mengendap serta air cepat menghilang. Tujuannya untuk meminimalisir cepatnya kerusakan karena bagian bawah berkarat. Patikan juga tidak menaruhnya di bawah benda berat sebab beresiko penyok.

3. Tahan Panas

Meski terbuat dari seng, namun lapisan enamelnya membuat lebih tahan panas, oleh karena itu bisa menghambat kalor dari dalam ke luar meski udara sedang dingin. Umumnya penggunaannya biasanya saat berkebun atau bercocok tanam di sawah.

Bobotnya yang ringan membuatnya lebih ringan, agar makin serasi sebaiknya gunakan juga tatakan dan teko. Bagi para pelaku usaha warung coffee shop dapat menerapkannya untuk menarik minat target market. Peminatnya sendiri mulai dari remaja sampai orang dewasa.

4. Cocok untuk Fotografi atau Videografi

Keunikan motifnya bisa memberi daya tarik, selain itu penggunanya sendiri semakin sedikit karena sudah tergantikan dengan gelas kaca atau plastik. Cangkir blirik ini erat kaitannya dengan suasana pedesaan oleh karena dapat menimbulkan kesan tradisional.

Agar lebih menarik, silahkan tambah dengan efek berkabut atau makanan berupa ketela goreng. View seperti ini bisa memberi makna mendalam, untuk menceritakan kesederhanaan dan nilai sejarah dari produk tersebut.

Baca Juga : Cangkir Kopi Emas  dan Cara Merawatnya

Demikian penjelasan mengenai cangkir kopi blirik yang perlu Anda Ketahui jika ingin menggunakannya baik saat mendirikan suatu usaha maupun menjadikannya pajangan. Kekhasannya merupakan daya tarik yang jarang bisa ditemukan pada produk masa kini.