Tips Memilih Piring Makan Sehat Untuk Gaya Hidup Sehat Anda

by | Mar 17, 2022 | Tips dan Rekomendasi | 0 comments

Mungkin tak banyak orang yang mengerti bagaimana cara memilih piring makan sehat. Karena kebanyakan orang beranggapan bahwa semua jenis piring adalah sama saja.  Benarkah demikian? Simak penjelasan dibawah ini.

Memilih Piring Makan Tak Boleh Sembarangan

Tahukah anda bahwa menggunakan piring makan sehat adalah sebuah keharusan.  Hal ini karena ternyata jenis piring makan yang anda gunakan bisa mempengaruhi kesehatan anda.  Apa kaitannya piring makan dengan kesehatan?

Menjaga kesehatan tak melulu hanya soal jenis makanan yang dikonsumsi atau pola hidup yang sehat.  Untuk hal sederhana seperti memilih jenis piring makan juga penting untuk diperhatikan.  Hal ini karena ternyata sembarangan dalam memilih piring makan bisa membahayakan kesehatan.

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa kesalahan dalam memilih jenis piring makan akan menyebabkan berbagai penyakit yang pastinya berbahaya.  Salah satunya adalah kanker.  Jika anda belum tahu alasan mengapa harus memilih piring makan sehat, maka simak beberapa jenis penyakit yang timbul akibat kesalahan memilih jenis piring makan.

  • Piring Plastik

Menggunakan piring plastik untuk menaruh makanan panas dapat menyebabkan gangguan pada organ reproduksi,  gangguan pada pertumbuhan janin serta yang terparah adalah kanker.

  • Piring Aluminium

Sama halnya dengan kedua jenis piring diatas,  piring makan berbahan dasar alumunium juga dapat menyebabkan gangguan pada otak. Salah satu jenis penyakitnya adalah Alzheimer.

Berdasarkan penjelasan diatas,  maka bisa disimpulkan bahwa memilih piring makan memang tidak boleh sembarangan.  Kesalahan memilih piring makan akan memicu beberapa gangguan kesehatan diatas yang mana biasanya akan dirasakan dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga : 4 Cara Menyimpan Daging Ayam Tanpa Kulkas Tetapi Masih Tetap Awet

Tips Memilih Piring Makan Yang Sehat

Jika anda peduli dengan kesehatan,  maka urusan memilih piring makan memang sangatlah penting.  Memilih piring makan sehat akan membantu anda dalam mencegah berbagai jenis penyakit. Untuk itu,  ada beberapa tips yang perlu anda perhatikan antara lain :

  • Selektif Dalam Memilih Jenis Bahan Piring

Tips pertama yang bisa anda perhatikan dalam memilih piring makan adalah memilih jenis bahan piring yang aman.  Bahan piring yang aman misalnya saja adalah yang berbahan kayu,  kaca dan keramik.

Jika anda sudah terlanjur memilih beberapa jenis piring berbahan plastik atau melamin maka bukan berarti tidak bisa digunakan lagi.  Anda tetap bisa menggunakannya namun untuk jenis makanan tertentu.

  • Perhatikan Cara Penyajiannya

Cara penyajiannya juga perlu diperhatikan.  Menyajikan makanan berbahan kayu,  keramik dan kaca anda bebas menggunakannya untuk makanan panas maupun dingin.  Berbeda dengan piring melamin dan plastik,  sebaiknya anda gunakan untuk untuk meletakkan makanan dingin saja.

  • Perhatikan Tempat Penyimpanan

Menyimpan alat makan seperti piring makan juga perlu diperhatikan.  Sebisa mungkin simpanlah piring makan di dalam lemari yang tertutup.  Namun sebelum dimasukkan kedalam lemari piring,  pastikan sudah kering agar tidak lembab.

  • Pilih Bahan yang Berkualitas

Solusi lain yang paling aman dalam memilih piring makan adalah yang sudah memenuhi standar kesehatan.  Biasanya piring makan yang sehat terdapat tulisan food grade seperti piring melamin dari Glori Melamine yang sudah berstandar SNI.  Hal ini menandakan bahwa ini aman untuk kesehatan.

Dengan menyimak beberapa tips diatas, maka akan mempermudah anda dalam memilih piring makan.  Pemilihan piring makan sehat yang tepat, akan mencegah timbulnya berbagai macam penyakit yang dapat membahayakan tubuh dan kesehatan anda.