4 Cara Menyimpan Daging Ayam Tanpa Kulkas Tetapi Masih Tetap Awet

by | Dec 12, 2021 | Tips dan Rekomendasi | 0 comments

Cara menyimpan daging ayam tanpa kulkas, Protein diperlukan bagi Anda yang berencana untuk menyimpan stok bahan makanan di rumah. Selain protein kacang-kacangan, Anda bisa mendapatkan protein dari daging ayam (utamanya bagian dada) dan kemudian menyimpannya. Jika Anda tidak ingin mengandalkan kulkas, apa yang harus Anda lakukan?

Ingin tahu bagaimana cara menyimpan daging ayam tanpa kulkas? Simak cara-caranya berikut ini.

Apa Saja Cara Menyimpan Daging Ayam Tanpa Kulkas

1.  Penggaraman
Cara paling mudah dalam menyimpan daging ayam tanpa memerlukan kulkas adalah dengan memberikan garam pada daging yang akan disimpan tersebut. Cara menyimpan daging ayam tanpa kulkas ini termasuk cara lama dan sudah dilakukan bertahun-tahun yang lalu, sebelum ada teknologi penyimpanan modern.

Pengawetan dengan pemberian garam cukup efektif dilakukan baik pada daging yang telah dimasak maupun daging ayam mentah.
Pertama-tama, Anda harus menghilangkan lemak yang terdapat pada daging yang hendak disimpan. Keringkan daging dengan kain atau tissue kering. Kemudian, Anda bisa menggosokkan garam dan rempah-rempah lain yang Anda inginkan secara merata. Tutup secara rapat dan simpan di tempat daging. Hindari sinar matahari secara langsung untuk menjaga kualitas daging ayam tersebut.

2. Pengasapan
Pengasapan adalah salah satu cara menyimpan daging tanpa freezer paling tradisional yang ada, dan juga sudah digunakan sejak lama berabad-abad yang lalu.

Pada mulanya, pengasapan digunakan di daerah-daerah yang memiliki kelembaban tinggi, di mana pengeringan dengan sinar matahari sulit dilakukan.

Pengasapan memiliki keuntungan tersendiri, dimana ini dapat membuat daging ayam memiliki aroma yang khas. Maka dari itu, beberapa orang sengaja melakukan pengasapan bukan untuk mengawetkan makanan, tetapi untuk menciptakan aroma daging asap.

3. Pengasinan/brining
Brining merupakan jenis penyimpanan daging ayam menggunakan garam tanpa kulkas. Jika penggaraman biasanya dilakukan tanpa perlu dilarutkan dalam air dan langsung ditaburkan pada daging ayam, maka proses brining adalah menggunakan larutan garam.

Anda hanya perlu merendam daging ayam ke dalam cairan yang berisi air asin. Anda hanya perlu mencampurkan air dan garam. Anda juga bisa menambahkan gula jika ingin. Seluruh bagian daging ayam harus terendam dalam larutan. Simpan dalam wadah tertutup. Anda dapat menyimpan daging ayam selama 1-4 mingguan pada suhu ruang.

Garam yang masuk ke dalam daging akan menghentikan penyebaran bakteri. Sementara air berfungsi menjaga daging ayam supaya tetap dalam kondisi yang baik.

Baca Juga : Ini Dia 5 Cara Menyimpan Cumi Di Kulkas Yang Wajib Anda Tahu

4. Pengalengan
Jika Anda ingin menyimpan daging supaya awet tanpa perlu menggunakan kulkas, Anda bisa melakukannya dengan pengalengan.
Pengalengan merupakan suatu proses di mana makanan diawetkan dengan cara disegel dalam wadah kedap udara, dengan umur simpan yang lama, bisa mencapai tahunan. Proses ini biasa dilakukan oleh industri-industri makanan.

Pengalengan daging ayam memerlukan kehati-hatian dan keterampilan supaya tidak berakhir dengan adanya bakteri berbahaya/mematikan dalam daging yang disimpan.

Anda memerlukan alat pengalengan/pressured canned yang baik supaya hasil penyimpanannya bisa tahan lama. Alat tersebut akan memanaskan air dan menjebak uap yang dihasilkan dalam wadah bertekanan pada suhu tertentu. Dengan suhu tinggi tersebut kemudian akan membunuh semua bakteri yang dapat menyebabkan pembusukan.

Setelah proses pengalengan selesai, botol atau toples penyimpanan yang berisi daging ayam tersebut kemudian dapat disimpan dan digunakan ketika Anda hendak memasaknya. Biasanya, proses pengalengan rumahan menggunakan toples kaca portabel yang bisa dibuka dengan mudah.

Sekian adalah empat cara menyimpan daging ayam tanpa kulkas yang bisa Anda coba. Setelahnya, Anda dapat membawa daging ayam tersebut kemana saja Anda mau tanpa perlu khawatir daging akan busuk meski tanpa menyimpannya dalam kulkas.

Jangan lupa selalu gunakan peralatan makan yang food grade seperti piring melamin dari Glori Melamine, untuk memastikan keluarga kesayangan Anda terhindar dari produk berbahaya.