Tempat Sambal Jangan Salah Pilih, Begini Tips Cari Sesuai Kebutuhan Anda

by | Oct 19, 2021 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Tempat sambal, Masyarakat Indonesia terkenal dengan slogan “Makan bakal terasa kurang kalau gak pakai sambal”. Ternyata, Tempat Sambal pun bisa mempengaruhi cita rasa dari sambal itu sendiri, loh. Contohnya dari segi bentuk dan tampilan tempatnya tersebut.

Bahkan, kita sendiri pun merasa lebih nikmat juga makan dengan sambal di wadah yang enak dilihat serta memiliki bentuk estetik kan? Nah, biar makin paham dan menambah wawasan juga mengenai tempat untuk sambal ini. Langsung kita bahas saja, yuk.

Pengertian Tempat Sambal

Seperti namanya, tempat tersebut merupakan sebuah wadah yang umumnya berbentuk mangkok kecil. Dan sudah jelas digunakan untuk menaruh sambal dan saus.

Tempat untuk berbagai jenis sambal ini umumnya bisa kita temukan di banyak restoran loh. Atau di berbagai macam outlet makanan cepat saji.

Dikabarkan kalau Tempat Sambal ini sudah ada di Indonesia sejak zaman kolonial. Makannya, masyarakat Indonesia pun sudah sangat familiar dengan benda tersebut.

Seiring perkembangan zaman, benda yang juga disebut Mangkok Sambal ini pun mengalami perubahan, terutama dari bentuk, bahan, ukuran, dan lainnya.

Dan yang pasti mangkok sambal ini dapat kita temukan dengan mudah loh. Bahkan kalian pun bisa membeli tempat untuk sambal ini di pasar, minimarket, serta online shop.

Berbagai Bahan Dasar Tempat Sambal

piring sekat kantin melamin     

Nah lanjut lagi, nyatanya juga tempat untuk sambal inipun terdiri dari berbagai bahan dasar. Jadi tidak hanya satu bahan saja loh.

Makannya, kita banyak menjumpai berbagai motif dan bentuk dari tempat tersebut, seperti piring sambal sekat dua dan juga sekat tiga. Lantas ada bahan apa saja yang dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan Tempat Sambal ini.

1.) Bahan Dasar Kayu

Seperti kita tahu, kayu memang banyak manfaatnya. Serta digunakan sebagai bahan dasar untuk banyak benda, loh. Salah satu yang sering kita lihat adalah ketika membuat lemari kayu. Kita pun tahu kalau kayu juga digunakan untuk membuat meja, tangga, bahkan bangunan rumah.

Tapi siapa sangka, kalau kayu juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan tempat untuk sambal, loh. Hebat, kan. Bahan sebesar itu bisa menjadi sebuah peralatan makan berukuran kecil.

Umumnya kayu yang digunakan untuk membuat Tempat Sambal ini adalah kayu jati, mahogani, kayu sungkai, dan masih banyak lagi.

Selain itu, wadah yang juga dikenal dengan cobek sambal dari bahan kayu ini pun memiliki ciri khasnya tersendiri. Salah satunya memiliki motif original, alias motif bawaan yang berasal dari kayu itu sendiri. Sehingga serat-serat dari kayu pun tampil di tempat untuk sambal tersebut.

2.) Bahan Dasar Plastik

Ada juga nih, bahan yang terbuat dari plastik. Berbeda dengan bahan dasar kayu. Wadah sambal ini umumnya digunakan sekali pakai saja, loh. Contohnya biasa digunakan pada restoran cepat saji. Kendati demikian, cobek sambal dari plastic pun dibuat untuk bertahan lama.

Sehingga bisa digunakan berkali-kali tanpa khawatir rusak. Kelebihan menggunakan mangkok sambal dari plastic adalah dari segi harganya. Yang dimana jauh lebih murah dibanding bahan kayu. Sehingga sangat rekomendasi deh apabila hanya digunakan tuk keperluan sehari-hari.

3.) Bahan Dasar Melamin

Bahan melamin banyak menjadi pilihan tempat sambal terbaik, bahan yang ringan namun memiliki bentuk seperti keramik ini, sangat cocok untuk menambah nilai estetik tempat usaha, Anda bisa mendapatkannya di Glori Melamine.

4.) Tips Memilih Tempat Untuk Sambal 

Ada hal penting lainnya nih, yakni dalam memilih produk wadah sambal. Kalian jelas gak mau, kan. Membeli tempat untuk sambal yang mengecewakan. Bahkan berbahaya untuk Kesehatan.

Nah, kalau gitu, penulis berikan sedikit saran deh, agar kamu gak salah memilih mangkok sambal.

  • Pilih tempat untuk sambal dengan merk terkenal atau umum seperti Glori Melamine
  • Gunakan mangkok sambal dengan pilihan kualitas tinggi.
  • Beli tempat untuk sambal dengan harga ekonomis
  • Pilih mangkok sambal yang mudah dirawat dan dibersihkan.
  • Sesuaikan juga dengan kebutuhanmu.

Sekarang kita tahu, kalau berbagai tempat atau mangkok sambal memiliki beragam bahan dasar. Itu tentu saja bisa jadi pilihan kamu, loh.

Baca Juga : Mangkok Plastik Besar dengan Berbagai Macam Variasi Keunikannya

Tak hanya itu kamu juga perlu memilih produk terbaik, agar bisa sesuai ekspektasi, yang pasti gak bakal mengecewakan. Dan itulah yang bisa kami sampaikan mengenai Tempat Sambal. Yuk, bagikan informasi menarik ini agar yang lain juga bisa mendapatkan wawasan menarik.