Set Alat Makan Tipe dan Material yang Digunakan Menjadi Pilihan Favorit

by | Oct 13, 2021 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Rate this post

Pastinya set alat makan sudah menjadi hal yang penting untuk kebutuhan sehari-hari anda. Kehidupan sehari-hari, akan jadi lebih mudah dengan menggunakan set makan. Set peralatan makan ini tentunya membantu anda untuk menyajikan makanan.

Ditambah lagi, Alat makan bisa juga dijadikan barang hadiah. Baik hadiah untuk yang berulang tahun, pasutri baru, atau hadiah acara selamatan.  Set alat makan juga memiliki ragam kegunaan yang bisa anda simak di bawah ini.

Macam-Macam Ukuran Set Alat Makan

Apakah anda tahu kalau perlengkapan makan juga memiliki macam-macam ukuran? set alat makan tidak hanya memiliki satu ukuran saja. Tetapi, juga memiliki beberapa variasi lainnya. Perlu anda ketahui, ukuran set alat makan di Eropa, Amerika, dan Asia itu berbeda-beda.

Tetapi disini akan dijelaskan ukuran-ukurannya secara umum :

1.) Tipe Hidangan Penutup

Tipe ini adalah ukuran umum yang biasa digunakan untuk makan di rumah. Tipe ukuran hidangan penutup itu, terdiri dari garpu, sendok dan pisau dessert. Set makanan ini akan memberikan anda kesempatan untuk bisa memakan makanan anda.

Ukuran set makanan tipe hidangan penutup biasanya berukuran 18 sampai 22 cm. Karena itu lah, ukurannya pas bagi tangan masyarakat Asia yang umumnya terbilang kecil.

2.) Tipe Ukuran Meja

Untuk tipe Ukuran Meja adalah ukuran set makanan yang biasanya digunakan oleh menu makanan penuh. Tipe ukuran meja itu terdiri dari garpu ikan, sendok sup, pisau ikan, garpu, pisau dan sendok table. Set makanan akan memberikan anda kesempatan untuk makan sop, daging ayam, dan ikan.

Ukuran set makanan tipe meja biasanya berukuran 20 sampai 24 cm. Ukuran set makanan ini terbilang umum di negara Eropa atau AS karena terbilang besar.

3.) Tipe Ukuran Kecil

Tipe ukuran kecil adalah ukuran set makanan yang biasa digunakan untuk penyajian makanan ringan, atau contohnya teatime. Tipe ukuran set makanan ini terdiri dari kopi sendok, teh sendok, dan garpu kue. Set Makanan ini memungkinkan anda untuk dapat menikmati macam teh, kopi dan kue slice.

Tipe Set makan ini biasanya berukuran kurang lebih 14 cm. Set makanan tipe ukuran kecil ini juga bisa anda gunakan sebagai wadah memakan buahan dan hidangan kecil lainnya.

Material atau Bahan Set Alat Makan

set makan keluarga putih

Anda butuh set alat makan ? dapatkan peralatan makan murah beli disini

1.) Material Berbahan Stainless

Bahan ini adalah bahan yang paling umum digunakan sehari-hari. Selain itu penggunaannya mudah dan juga gampang dirawat. Bahan ini adalah bahan dari campuran logam dengan nikel dan besi. bahan ini tahan pada korosi dan juga anti karat.

Bahan campuran kromium-nikel yang tinggi di alat makan, bisa meningkatkan harga jual karena anti karatnya akan semakin baik. Tetapi, set alat makan dari bahan ini juga memiliki harga yang relatif murah di pasaran. Sehingga penggunaan set makanan dari bahan ini lebih populer di khalayak umum.

2.) Material Perak Bahan

Set alat makan berbahan perak biasanya lebih mementingkan bentuk dan tampang. Tampilannya yang indah dan cantik memberikan kesan mewah di atas meja makan. Penggunaan set makanan perak bahan biasanya disediakan oleh fasilitas mewah.

Karena itu lah penggunaan set makanan bahan ini masih terbilang jarang. Selain itu, agar tidak menghitam harus anda gunakan terus. Harganya pun terbilang sangat mahal sehingga penggunaan set makanan bahan ini tidak menjadi pilihan di masyarakat.

3.) Material Berbahan Kayu

Bagi anda yang ingin mencari alat makan yang ringan di pegang, bahan kayu bisa menjadi pilihan anda. Selain itu bahan kayu memiliki daya hantar panas yang rendah. Jadi jika anda sedang mengaduk sop, anda tidak akan merasakan panas di alat makannya.

Hanya saja bahan ini memiliki kelemahan tersendiri. Bahan berkayu tidak tahan lama, dan mudah terbakar. Jika anda tidak merawatnya dengan baik, ada kemungkinan alat makan berkayu anda berjamur dan bisa di makan rayap. Jadi selalu perhatikan set alat makan berkayu anda.

Baca Juga : Berbagai Macam Piring Melamin Motif Modern Dan Kegunaannya

4.) Material Melamin

Material jenis melamin banyak digunakan oleh restoran, cafe, hotel ataupun tempak makan lainnya, tak terkecuali di angkringan bahkan untuk piring pecel lele . Karakter bahan yang ringan dan terlihat elegan membuat bahan melamin menjadi pilihan, namun pastikan Anda membeli peralatan makan melamin dari produsen yang sudah berstandar SNI seperti merk melamin terbaik Glori Melamine.

Bisa dibilang alat makan itu tidak sesimpel yang anda bayangkan. Demikian artikel mengenai set alat makan untuk rumah tangga maupun untuk kebutuhan bisnis. Terima Kasih sudah membaca dan sampai jumpa.