Sejarah Piring Melamin yang Tidak Banyak Diketahui

by | Mar 31, 2021 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Sejarah piring melamin masih banyak yang tidak mengetahuinya. Saat ini, piring melamin dan peralatan makan tetap menjadi ikon populer tahun 40-an dan 50-an. peralatan makan adalah elemen penting dari kehidupan sehari-hari selama abad ke-20, membuatnya diminati banyak kolektor saat ini.

Penjelasan Lengkap Sejarah Piring Melamin

Hidangan melamin cenderung membawa perasaan nostalgia, karena mungkin Anda memilikinya di rumah Anda atau mungkin bibi atau nenek kesayangan Anda memilikinya. Memang produk melamine sudah menjadi sejarah , melamin telah digunakan untuk membuat piring, cangkir coffee, mangkuk, nampan kafetaria, peralatan makan, tatakan gelas dan banyak lagi sejak pembuatan barang-barang rumah tangga plastik dimulai pada akhir 1930-an. Peralatan makan melamin dapat dilihat sebagai salah satu dari banyak perkembangan menakjubkan yang muncul dari penemuan zaman ruang angkasa.

Meskipun melamin paling sering dikaitkan dengan usia 40-an dan 50-an, namun yang mengejutkan yaitu saat mengetahui bahwa zat melamin dibuat jauh lebih awal. Pada tahun 1834 Justus von Liebig, seorang ilmuwan Jerman, pertama kali mengisolasi melamin sebagai senyawa kristal tak berwarna di laboratorium. Karena tidak memiliki kegunaan praktis untuk zat tersebut pada saat itu, eksperimen tidak berkembang menjadi sesuatu yang konkret. Baru pada akhir 30-an, ketika harga melamin dalam bentuk mentah turun ke level terendah, pabrikan mulai mempertimbangkan aplikasi praktis untuk bahan tersebut.

Baca Juga : Bahaya Menggunakan Piring Pecah yang Perlu Anda Ketahui

Sebagai senyawa organik, bubuk melamin dipadukan dengan senyawa pewarna dan polimer untuk membuat resin sintetis yang dapat dipanaskan dan dicetak kemudian didinginkan, sehingga menghasilkan bentuk permanen yang tahan retak dan pecah. Tahan lama, terjangkau, dan tersedia dalam beragam warna, melamin adalah sesuatu yang ingin diinvestasikan oleh banyak produsen.

Ketika Perang Dunia II dimulai, sumber daya dari luar negeri lebih sulit diperoleh sehingga alat makan melamin menjadi pilihan logis bagi militer AS. Bekerja sama, Perusahaan Manufaktur Watertown dan Angkatan Laut mengembangkan lini hidangan melamin yang disebut “Watertown Ware.” Dianggap sebagai “plastik ajaib”, melamin dapat bertahan dalam kondisi di mana Bakelite yang rapuh dan resin yang larut dalam air gagal berfungsi.

Mengapa alat makan melamin banyak digunakan hingga saat ini? Pasca Perang Dunia II, orang Amerika mulai menjalani gaya hidup yang lebih kasual. Mereka berpakaian lebih santai dan banyak keluarga menikmati kemakmuran yang lebih besar, memungkinkan mereka untuk menikmati kegiatan santai. Piknik dan makan di tepi kolam renang menjadi hal biasa, dan melamin adalah alat makan yang sempurna untuk kegiatan ini. Hidangan melamin akan memantul, bukan pecah seperti alat makan keramik tradisional, dan karenanya terus populer hingga tahun 1970-an.

Melamin, dengan kenyamanan dan portabilitasnya tidak pernah sepenuhnya ketinggalan zaman, yang tak terlepas dari sejarah peratatan makan melamin, yang menjelaskan mengapa melamin kembali populer. Mengumpulkan alat makan melamin antik telah menjadi semakin populer selama puluhan tahun terakhir dan alat makan melamin dalam desain baru yang segar sedang diproduksi untuk digunakan dan dinikmati di rumah lagi.

GLori Melamine merupakan produsen peralatan makan melamin yang sudah beroperasi sejak 1996, dan tidak diragukan lagi kualitas sesuai dengan standard management mutu ISO 9001:2015 . Dapatkan peralatan makan melamin murah hanya diwebsite kami.