Ciri-Ciri dan Tips di Dalam Memilih Perabot Dapur Melamin Berkualitas

by | May 9, 2022 | Tips dan Rekomendasi | 0 comments

Perabot dapur melamin sangat mudah untuk Anda jumpai, mulai dari toko-toko khusus perabotan dapur hingga pasar swalayan yang besar. Perabotan berbahan melamin sendiri tentunya harus mengetahui ciri serta tips di dalam pemilihannya supaya perabot dapur yang Anda pilih sesuai dan tentunya aman. Simak saja informasi selengkapnya di bawah ini.

Ciri Perabot Dapur Melamin

Supaya Anda tidak tertipu, perhatikan ciri-ciri berikut ini agar perabot dapur yang dibeli memang terbuat dari bahan melamin. Berikut ini cirinya:

1. Kandungan Bahan 100% Terbuat dari Melamin
Perabotan dapur yang berbahan dasar melamin akan sangat bagus dan tentunya ori berbahan melamin adalah yang kandungan melaminnya 100%. Sehingga sebelum memilih harus Anda lihat dahulu berapa persen kandungan melaminnya. Ketika Anda mencoba memegang produknya, maka akan terasa kokoh.

2. Terdapat Petunjuk dan Peringatan Pemakaian
Suatu produk akan sangat terpercaya dan bagus apabila terdapat petunjuk serta peringatan pemakaian. Petunjuk pemakaian disini di maksudkan supaya tidak salah di dalam penggunaan karena melamin sendiri adalah plastik sehingga perlu petunjuk yang jelas serta peringatan di dalam pemakaiaannya. Produk melamin ini sendiri tidak disarankan dan tidak diperbolehkan untuk digunakan pada microwave. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena perabot dapur melamin dapat digunakan pada alat pencuci piring atau dishwasher.

3. Terdapat Label SNI
Suatu produk yang baik dan terpercaya adalah yang sudah mendapat Standar Nasional Indonesia (SNI) seperti Glori Melamine . Dengan adanya label SNI tentunya suatu produk sudah diakui dan lulus sertifikasi. Bukan main-main bukan? Oleh karena itu perhatikanlah poin yang ini supaya Anda lebih yakin bahwa perabotan dapur yang Anda beli memang terbuat dari melamin yang baik.

4. Tahan Pada Suhu -20oC hingga 120oC
Mempunyai ketahanan di rentang suhu tersebut tentunya akan membantu Anda sekali. Apalagi perabotan dapur identik dipakai di suhu yang tinggi karena akan terkena panas dari kuah dan lain sebagainya. Pastikan ketika Anda membelinya rentang suhunya sekitar yang disebutkan di atas ya.

Baca Juga : Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Syarat Dapur yang Baik

Tips Memilih Perabot Dapur Melamin

mangkok miring putih melaminpiring cekung segi empat putih mangkok sambal set putih

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk memilih perabotan dapur dari bahan melamin yang baik dan tidak abal-abal, tips ini bisa juga Anda gunakan untuk mencari di toko perabotan rumah tangga Jakarta . Ini dia 4 tipsnya:

  1. Tidak Berwarna
    Umumnya perabotan dapur terbuat dari beragam warna, desain, dan juga motif. Lebih aman apabila Anda menggunakan produk berbahan melamin yang tidak berwarna atau yang berwarna jernih. Perabotan dapur dari melamin yang aman tentunya mempunyai ciri yang mengkilap, kandungan plastiknya yang transparan, rendah daya tembus uap, ringan, dan jernih.
  2. Memperhatikan Kode Barang
    Pilihlah perabotan dapur dari melamin yang mempunyai kode barang BPA free, PP (polyprophylene), ataupun non-BPA.
  3. Usia Pakai
    Produk dari melamim mempunyai batas usia pemakaian sekitar 6 bulan dan batas tersebut tentunya tergantung pemakain ya. Apabila sudah terdapat banyak goresan ya tentunya harus diganti dengan yang baru.
  4. Jangan Tergores
    Anda harus memperhatikan ketika sedang mencuci ataupun membeli perabot dapur seperti piring,mangkok melamin,sendok dari melamin agar tidak terlalu kasar sehingga tidak tergores. Ketika sudah tergores, maka bakteri serta kuman dapat dengan mudah berada di dalamnya.

Itulah sedikit informasi terkait dengan ciri-ciri dan tips di dalam memilih perabot dapur melamin yang baik dan terpercaya. Semoga dengan adanya informasi tersebut membuat Anda tidak salah memilih produknya dan jangan lupa untuk mempraktikkannya supaya produk yang Anda beli tahan lama dan tidak merugikan bagi kesehatan.