Mangkok Ramen yang Banyak Digunakan Untuk Masakan Jepang

by | Nov 28, 2021 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Mangkok ramen adalah sejenis mangkok khusus yang digunakan dalam penyajian ramen. Mangkok ini umumnya berbentuk besar dan bulat. Oleh sebab itu, biasanya mangkok ini mudah untuk dikenali oleh kalangan umum.

Tidak hanya besar dan bulat, mangkok ini juga memiliki beragam corak dan desain. Jika anda ingin mengetahui berbagai bentuk dan corak yang ada di dalam mangkuk ini, maka silahkan simak uraian berikut.

Pengertian Mangkok Ramen

mangkok udon hitam glori

Beli mangkok ramen melamin langsung dari pabrik berstandar SNI Glori Melamine, lihat koleksi mangkok melamin lainnya

Mangkok ramen merupakan jenis mangkok yang khusus digunakan untuk menyajikan ramen. Mangkok ini cukup populer karena budaya bangsa Jepang yang memperkenalkannya pada masyarakat ketika akan menyantap ramen.

Mangkok ini pada umumnya terbuat dari bahan melamin yang sulit pecah dan retak. Selain dibuat dari bahan melamin, biasanya mangkok ini mempunyai karakteristik sendiri yang membedakannya dengan mangkok yang lain.

Mangkuk udon ini memiliki ciri khusus yaitu berbentuk lancip di ujung bawahnya. Jadi makin ke bagian bawah mangkok makin sempit bentuk wadahnya. Mangkok ini dibuat khusus agar tahan terhadap suhu ekstrim sangat dingin sekitar -20 derajat celcius dan sangat panas sekitar 120 derajat celcius.

Kendati tahan terhadap suhu ekstrim, disarankan agar tidak menyajikan makanan dalam suhu yang sangat dingin maupun sangat panas. Sebab jika dituangkan makanan yang bersuhu terlalu ekstrem dikhawatirkan akan ada zat kimia yang berpindah dari mangkok ini ke dalam makanan.

Tentunya anda tidak akan suka jika terjadi hal yang demikian. Oleh sebab itu, sebaiknya anda menghindari menyajikan makanan yang bersuhu ekstrim. Walau demikian, mangkok ini masih aman selama digunakan untuk makanan dengan suhu antara -20 sampai 120 derajat. Tentu pastikan Anda membeli produsen melamin terbaik Glori Melamine.

Selain tahan terhadap suhu ekstrem, mangkok ini juga memiliki daya pikat tersendiri. Daya pikat ini terletak pada corak dan desainnya yang beragam. Corak dan desain pada mangkuk ini biasanya identik dengan gaya Jepang seperti adanya ukiran bunga, tulisan jepang, naga atau corak etnik.

Adanya corak dan hiasan memang menjadikan mangkok ini jadi terlihat lebih menarik. Namun bukan berarti mangkok yang polos tidak menarik perhatian, ya. Saat ini banyak juga yang tertarik pada produk yang berdesain polos dan simpel.

Karena selera bagi setiap orang tidak sama, sehingga para produsen membuat mangkok ini dalam dua varian, yaitu yang bercorak dan polos. Adanya berbagai macam pilihan yang dapat dipilih oleh konsumen, pastinya akan menimbulkan kesan lebih puas terhadap produknya.

Namun sebelum membeli mangkok ini, pastikan anda tidak salah pilih. Sesuaikan ukuran dan model mangkok ini dengan keperluan yang anda butuhkan. Berikut beberapa tips dalam membeli mangkok ramen.

Baca Juga : Beginilah Cara Pilih Nampan Melamin Sesuai Kebutuhan Anda

Cara Memilih Mangkok Ramen

Cara membuat Mie Ramen Lezat khas Jepanese

Tentunya anda tidak ingin salah pilih ketika membeli suatu barang, termasuk dalam mangkok ini, bukan? Simak penjelasan berikut agar lebih memudahkan anda untuk memilih mangkok ala Jepang ini sesuai dengan keperluan anda.

  1. Kualitas Mangkok
    Menentukan kualitas mangkok ini adalah hal utama yang harus diperhatikan. Anda dapat meneliti dan memilih terlebih dahulu mangkok mana yang terbuat dari bahan yang tebal dan berkualitas tinggi. Sebab hanya bahan yang berkualitas baik yang awet dan tahan lama.
  2. Corak dan Warnanya
    Hal kedua yang perlu diperhatikan dalam memilih mangkuk ini adalah menentukan corak dan warnanya. Apakah anda menyukai mangkok yang berdesain polos atau bercorak dan berulir? Warna dalam mangkok juga tentunya akan sangat mempengaruhi selera tiap orang.
  3. Ukurannya
    Terakhir adalah menentukan ukuran mangkok yang akan Anda gunakan. Biasanya ukuran yang banyak dipilih adalah ukuran medium atau sedang, karena lebih umum untuk digunakan. Namun ukuran ini bisa Anda sesuaikan dengan jumlah ramen yang biasa Anda makan.

Itulah beberapa tips dan ulasan mengenai mangkok ramen melamin. Apakah Anda sudah tertarik membeli mangkok ini. Pastikan untuk memilih sesuai selera dan keperluan anda agar anda tidak salah dalam membeli, ya.

Dapatkan peralatan makan ala Jepang lainnya di Glori Melamine, Anda bisa menghubungi langsung tim marketing kami untuk informasi lebih lanjut.