Inilah Kelebihan dan Kekurangan yang Dimiliki Nampan Stainless Kotak

by | Apr 25, 2022 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Nampan stainless kotak adalah salah satu perlengkapan rumah tangga yang cukup sering ditemukan ada dirumah. Sudah pasti alat satu ini ada di rumah Anda karena sering digunakan sebagai tempat untuk meletakkan minuman dan makanan.

Nampan dengan bahan stainless ini juga tersedia dalam berbagai bentuk, namun bentuk kotak menjadi yang paling banyak digunakan.

Nampan Stainless Berbentuk Kotak

Nampan stainless kotak dibuat dengan bahan campuran seperti silikon,karbon, nikel, kromium yang dianggap memiliki ketahanan dan kekuatan lebih baik dibanding bahan lain. Karena anti karat, rusak dan tidak mudah keropos.

Hal inilah yang membuat banyak orang suka menggunakan nampan dengan bahan utama stainless ini. Karena dianggap lebih awet dan tahan lama untuk digunakan.

Tidak hanya digunakan sebagai perlengkapan rumah tangga, nampan ini juga sering digunakan di dunia kuliner seperti restoran, cafe dan hotel sebagai perlengkapan pendukung. Tak hanya itu saja Anda pasti juga pernah menemukan nampan stainless ini di rumah sakit.
Sebab nampan ini juga biasa digunakan sebagai peralatan yang digunakan oleh dokter sebagai tempat meletakkan alat-alat operasi dan obat. Hal ini pastinya karena nampan stainless kotak memiliki kualitas yang bagus dan tahan lama, bahkan juga anti bakteri.

Kelebihan Nampan Berbahan Stainless

Harga nampan berbahan stainless ini memang tidak murah, namun hal ini setimpal dengan kualitas yang dimilikinya. Bagaimana tidak, dengan Bahannya yang bersifat anti karat, amat mudah dibersihkan dan memiliki esensi ketahanan sampai bertahun-tahun.

Membuat Anda tidak perlu mengganti alat memasak setiap tahunnya, dan lebih hemat dan ekonomis. Karena lebih baik beli sekali dengan harga mahal, daripada membeli berulang kali walau murah meriah. Memang itu lebih kepada bagaimana kita menganggap suatu hal dengan sudut pandang kita.

Dari sekian penjelasan singkat mengenai Stainless Steel, Ternyata Stainless Steel juga memiliki kelemahan yang wajib Anda ketahui. Agar Alat Stainless Steel di rumah Anda dapat terawat dengan baik:

1.) Bahannya yang terbuat dari logam membuat Stainless Steel cenderung sangat mudah menghantarkan panas. Untuk itu, pada setiap pemakaiannya harus hati-hati agar tidak terluka, tak seperti nampan melamin yang tidak menghantarkan panas, dan tentu lebih ringan saat dibawa.

2.) Pemakaian pada suhu yang terlalu tinggi, membuat stainless steel sangat rentan untuk cepat hitam. Tidak seperti bahan nampan lainnya yang langsung Meleleh atau Keropos. Namun, hal ini tentunya dapat dihindari dengan pemakaian yang teratur

3.) Akan menimbulkan bintik putih pada Bagian Peralatan berbahan Stainless Steel bila terpapar garam terlalu sering. Untuk itu, Anda dapat mengurangi aktivitas yang berbaur garam pada Stainless Steel

4.) Akan mudah berkarat bila pemakaiannya tidak teratur, maksudnya ketika Anda sudah mencucinya setelah pemakaian. Alangkah lebih baik Anda langsung mengeringkannya dengan bahan yang lembut, contohnya Kain Lap atau hal lainnya.
Hal ini dapat membantu menjaga Peralatan Stainless Anda tetap aman dan Tahan lama.

Baca Juga : Nampan Melamin Bulat, Apa Kegunaan Dari Nampan Jenis Ini

Cara Membersihkan Nampan Stainless

Stainless sendiri merupakan bahan yang cukup mudah untuk dibersihkan dan tidak membutuhkan perawatan yang terlalu rumit. Asalkan kebersihannya selalu dijaga agar tidak muncul karat yang akan membuat bahan stainless rusak.
Berikut ini adalah tips membersihkan nampan stainless agar awet :
• Baking Soda
• Pasta gigi
• Spons
• Kain lap
Campurkan bahan no. 1 dan 2, gunakan spons untuk menggosoknya agar menghindari goresan. Setelah itu bilas dan keringkan dengan kain lap. Lakukan berulang bila masih terdapat noda.

Oke, itulah penjelasan singkatan mengenai nampan stainless kotak. Dengan beberapa kelemahan dan trik yang dapat Anda coba dirumah. Selamat mencoba.