Harga Sendok Plastik Berdasarkan Jenisnya dan Kelebihan Menggunakannya

by | Apr 4, 2021 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Harga sendok plastik dikenal sangat murah sehingga menjadi salah satu alasan mengapa banyak usaha catering atau rumah makan menggunakannya sebagai alat makan. Fungsinya pun beragam berdasarkan bentuknya masing-masing. Tidak heran jika perlengkapan satu ini sangat laris manis dipasaran dengan beragam pilihan menarik.

Jenis-jenis Sendok Plastik

Perlu Anda ketahui bahwa sendok plastik ini terdiri dari berbagai macam jenis, sama halnya seperti sendok melamin . Hal ini sengaja dirancang untuk memenuhi kebutuhan orang-orang khususnya usaha yang bergerak di bidang kuliner, seperti restoran hingga kedai pinggiran jalan. Lantas apa saja jenis-jenisnya?

Dinner Spoon

Sesuai dengan namanya, dinner spoon ini paling sering digunakan karena bentuknya sudah cocok jika berfungsi untuk menyendok makanan dan disuapkan ke dalam mulut. Pada umumnya jauh lebih sesuai apabila Anda gunakan pada saat menyantap hidangan berupa nasi baik kering ataupun basah.

Bagian ujung sendok jenis ini memiliki bentuk berupa bulat lonjong yang berukuran sekitar 18 cm. Ada banyak variasi dari dinner spoon satu ini khususnya pada bagian gagangnya dengan beragam hiasan untuk mempercantik tampilannya dan mempunyai daya tarik tersendiri.

Soup Spoon

Dari namanya, soup spoon ini seringkali digunakan untuk menikmati hidangan sop. Jenis sendok satu ini dirancang lebih cekung sehingga mampu menyendok kuah dalam jumlah banyak. Ujungnya pun juga dibuat dengan bentuk bulat agar mudah saat mengambil isi dari sayuran berkuah.

Umumnya gagang dari soup spoon berukuran lebih pendek dan lebar sehingga memudahkan saat Anda menyendok kuah. Sebagian besar memang terbuat dari bahan berupa stainless steel namun beberapa diantaranya juga ada dibuat menggunakan material plastik agar relatif ringan.

Tea Spoon

Teaspoon ini sering Anda jumpai di bagian minuman yang tersedia dalam prasmanan. Bentuknya memang menyerupai dinner spoon namun berukuran lebih kecil. Ukuran seperti ini dimaksudkan agar bisa mengaduk teh, kopi, coklat panas sampai menyendok es buah.

Usaha catering akan memanfaatkan jenis sendok satu ini untuk menyajikan minuman dengan berbagai jenis. Biasanya mereka juga menggunakan tea spoon ini pada saat menghidangkan jeli atau puding karena ukurannya kecil yang cocok digunakan saat hendak menyendoknya.

Ice Cream Spoon

Tentu saja ice cream spoon ini menjadi salah satu alat makan yang umum digunakan untuk menyendok es krim. Bagian ujungnya berbentuk lebih lebar dengan permukaan datar sehingga cocok saat Anda gunakan menyeroknya. Beberapa diantaranya bahkan memiliki bentuk menyerupai sekop pasir.

Tidak hanya dari bentuknya yang beragam, ice cream spoon ini juga terbuat dari berbagai bahan salah satunya plastik. Sayangnya material ini dirasa kurang kuat ketika digunakan untuk menyendok es krim meskipun dianggap paling murah dan mudah didapatkan.

Ladle atau Sendok Sayur

Sendok sayur ini umumnya memiliki pegangan yang cukup panjang daripada jenis lainnya sehingga mampu menjangkau isian di dalam kuah pada panci ataupun wadah lainnya. Biasanya berupa sop ayam, soto atau sayuran berkuah lainnya. Banyak usaha catering memakainya untuk mengukur porsi.

Anda akan menjumpai banyak sendok sayur yang tertata rapi pada prasmanan di hajatan seperti pernikahan ataupun acara besar lainnya. Ladle ini memang dibuat sedemikian rupa dengan handle berupa karet agar tidak menghantarkan panas dari panci sehingga memudahkan saat mengambil.

Rice Spoon

Banyak orang mengenalnya dengan sebutan centong. Alat makan ini memang didesain untuk bisa memudahkan pada saat mengambil nasi. Pasalnya ujungnya dibuat menggunakan permukaan lebih lebar dan cekung.

Sendok nasi ini memiliki beragam variasi juga mulai dari ukuran, bentuk hingga bahan pembuatannya. Umumnya dibuat menggunakan material berupa plastik sehingga lebih ringan dan nasi tidak akan menempel pada permukaannya.

Garpu Plastik

Sendok plastik ini memiliki pasangan yang tidak bisa dipisahkan yakni sebuah garpu plastik juga. Alat makan ini akan memudahkan Anda untuk menyantap lauk ataupun hidangan padat lainnya sehingga perlu ditusuk terlebih dahulu. Biasanya terdiri dari 2 sampai 4 gigi.

Garpu ini memang sangat populer digunakan khususnya di negara Barat ketika mereka hendak menyantap daging. Indonesia pun juga ikut serta menggunakannya pada usaha catering seperti nasi kotak untuk memudahkan konsumen saat mengkonsumsi makanan.

Baca Juga : Apa Arti Food Grade dan Mengapa Penting?

Kelebihan Menggunakan Sendok Plastik

Dari beragam jenis sendok plastik yang sudah disebutkan diatas tentu ada beberapa kelebihan dari penggunaannya. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak usaha catering lebih memilih alat makan ini daripada bahan lainnya. Berikut ulasannya:

  1. Kuat

Perlu Anda ketahui bahwa bahan plastik diketahui termasuk material yang cukup kuat jika terkena berbagai kondisi. Pasalnya tidak memiliki berat berlebihan sehingga aman-aman saja apabila harus bergesekan dengan alat makan lainnya.

Plastik pun dikenal tidak mudah bocor ataupun pecah. Jangan khawatir jika harus memberikan kemasan berlapis-lapis pada saat memindahkannya dari satu lokasi ke tempat lainnya. Sendok dari bahan ini juga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari menyendok sayur atau es krim.

  1. Fleksibel

Salah satu kelebihan lain dari penggunaan plastik yakni fleksibilitasnya ketika digunakan. Hal ini menjadi pembeda paling utama jika dibandingkan dengan material lainnya seperti stainless steel dimana Anda harus merasakan bebannya cukup berat saat dibawa kemana-mana.

Lain halnya jika Anda membawa sendok plastik untuk berbagai keperluan. Kini sudah banyak industri alat makan terkenal yang memproduksinya menggunakan bahan berkualitas demi memenuhi kebutuhan dan memudahkan para konsumen. Material ini juga lebih mudah dibentuk dan diberi warna.

  1. Ringan

Anda bisa membandingkan betapa ringannya sendok plastik dengan bahan lainnya seperti kayu atau stainless steel. Hal ini membuat pengguna tidak akan merasa membawa beban berat apabila sedang butuh untuk menjadikannya alat makan untuk memakan bekal.

Plastik memang dianggap menjadi bahan yang paling ringan daripada lainnya. Sendok dengan material ini pun akan sangat mudah untuk dibawa kemana-mana. Bentuk dan ukurannya juga beragam sehingga memudahkan para pengguna untuk mencarinya sesuai kebutuhan.

Bahan lainnya yang ringan seperti plasik namun dengan versi yang lebih exclusive adalah sendok melamin Glori Melamine, dengan berbagai warna, peralatan makan melamin menjadi pilihan terbaik.

  1. Mudah Dibentuk dan Diberi Warna

Tentu Anda sudah mengetahui bahwa sendok plastic tersedia di pasaran dengan berbagai jenis bentuknya. Hal ini memang lebih mudah dirancang apabila dibandingkan dari material lainnya. Bahan ini sangat fleksibel untuk dibentuk sesuai kebutuhan mulai dari bulat, cekung atau bahkan karakter.

Tidak hanya mudah dibentuk saja, beberapa sendok plastik juga tersedia dalam berbagai warna. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri terlebih jika sebuah usaha catering akan menyediakan hidangan khusus bagi anak-anak karena terlihat menarik Rak dapur pun tampak lebih indah saat menggunakannya.

Harga sendok plastik di pasaran kini memang sangat beragam. Perbedaan ini umumnya didasarkan atas bentuk, motif dan juga jumlahnya saat Anda membelinya. Penggunaan alat makan ini dipercaya memberikan banyak kelebihan terutama dalam hal fleksibilitas untuk dibawa kemana-mana.