Harga Mangkok Berdasarkan Perbedaan Bahannya yang Banyak Dicari

by | Jun 24, 2021 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Ada beberapa bahan yang umumnya cocok untuk menyusun peralatan makan. Penggunaan material berbeda akan menyebabkan harga mangkok, piring, gelas dan alat lainnya semakin beragam di pasaran. Jenis ini biasanya menjadi pertimbangan utama bagi para ibu-ibu sebelum memilihnya.

Bahan-Bahan Penyusun Mangkok

Penggunaan bahan yang berbeda akan berpengaruh terhadap cara pemakaiannya. Plastik dan kaca tentu memiliki perbedaan terhadap bagaimana perawatannya. Hal ini perlu perhatian lebih karena teknik penyimpanan pun tidak sama. Anda harus mengetahuinya terlebih dahulu sebelum membelinya.

   

  1. Mangkok Plastik

Mangkok plastik menjadi salah satu jenis bahan yang paling banyak konsumen gunakan. Para ibu-ibu akan sering memakainya terutama jika khusus pada konsumsi anak-anak. Hal ini karena sifatnya memang tidak mudah pecah sehingga tetap aman apabila jatuh atau rusak.

Mangkok plastik juga ada di pasaran dalam berbagai warna dan model. Sebagai orang tua bisa memilih sesuai selera anak-anak. Terutama jika cara ini efektif untuk meningkatkan nafsu makan mereka. Sementara bagi ibu-ibu tentunya akan lebih mudah saat membelinya apabila ingin dapur tampak cantik.

  1. Mangkok Melamin

Mangkok melamin kini sudah banyak konsumen gunakan terutama ibu-ibu rumah tangga yang ingin memiliki dapur tampak menarik karena peralatan makannya beragam. Pasalnya material ini tidak hanya aman, namun juga mempunyai bentuk beragam dan gambarnya pun sangat bervariasi.

Lihat : Jual mangkok melamin

Anda hanya perlu memperhatikan bahwa mangkok melamin ini tidak baik untuk penggunaan pada suhu yang masih panas. Pasalnya kandungan berupa formaldehid di dalam material ini akan ikut bercampur makanan dengan temperatur tinggi. Takutnya, senyawa ini bisa masuk lewat saluran pencernaan. Namun yang terpenting pastikan Anda membeli peralatan makan melamin dari produsen terpercaya Glori Melamine .

  1. Mangkok Kayu

Banyak peralatan makanan kini sudah mengaplikasikan kayu sebagai bahan utamanya. Pemakaiannya memang masih jarang karena memiliki harga lumayan tinggi. Mengingat bahwa material ini paling aman dari yang lainnya sehingga jangan heran jika Anda menemuinya relatif mahal di pasaran.

Mangkok kayu juga tahan pada suhu berapapun sehingga Anda tidak perlu khawatir jika menggunakannya dalam makanan yang dingin maupun panas sekalipun. Peralatan ini tentu sangat aman saat konsumen gunakan. Terlebih tidak akan pecah jika penggunaan khusus kepada anak-anak.

  1. Mangkok Aluminium

Beberapa mangkok juga memilih aluminium sebagai bahan utama. Bagi Anda yang menyukai material ringan dan tidak sulit perawatannya, maka peralatan satu ini memang cocok. Satu hal perlu konsumen ingat yakni mengenai cara perawatan dan penyimpanannya karena berpengaruh pada keamanannya.

Perlu Anda ketahui bahwa, partikel ion yang ada di dalam mangkok aluminium memiliki resiko gangguan pada otak. Kondisi ini hanya akan terjadi apabila pemakaian di makanan atau minuman dengan suhu tinggi. Kandungan tersebut mampu meleleh dan bercampur bersamanya.

  1. Mangkok Keramik

Salah satu jenis bahan mangkok yang juga aman selain kayu adalah keramik. Anda tidak perlu kebingungan saat memilihnya karena ada di pasaran dengan berbagai ukuran, model hingga variasi gambarnya. Tentu akan membuat kegiatan makan bersama keluarga menjadi lebih asik dan menarik.

Baca Juga : Piring Untuk Food Court / Catering Beberapa Pilihan Desain Terbaik

Mengingat bahwa keramik ini cukup berat maka alangkah lebih baik jika Anda tidak menggunakannya kepada anak-anak. Mereka akan keberatan saat memakainya sehingga kegiatan makan menjadi kurang nyaman. Banyak juga konsumen membeli mangkok dengan bahan ini hanya untuk pajangan.

Tentunya Anda bisa menjumpai harga mangkok yang sangat bervariasi berdasarkan jenis bahannya. Jangan lupa untuk memperhatikan bagaimana cara perawatan dan penggunaannya. Mengingat bahwa beberapa material memiliki sifat dan karakteristik berbeda sehingga perlu konsumen perhatikan.