Inilah Jenis-Jenis Dinner Set yang Perlu Anda Ketahui Sekarang Juga

by | May 23, 2022 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Makan malam formal memiliki beberapa menu seperti hidangan pembuka, yang terdiri dari hidangan panas (sop) dan hidangan dingin (salad) dan dihidangkan dengan menggunakan Dinner Set.

Lalu ada hidangan utama yang sering menyediakan daging steak, ayam, atau makanan laut. Setelah itu, makan malam formal juga menyediakan hidangan penutup. Hidangan penutup ini biasanya berupa makanan atau minuman ringan seperti es krim, dan cocktail.
Seperti namanya, Dinner Set adalah alat-alat makanan.

Yang satu setnya biasanya terdiri dari 4 sampai dengan 12 orang. Karena penataanya yang banyak dan istimewa, penggunaan Dinner Set bisa berlangsung lama.

Tentunya disesuaikan dengan menu yang dihidangkan oleh restoran dan tema acara. Alat-alat makan ini terdiri dari gelas minum, sendok, garpu, pisau, piring besar dinner plate, dessert plate, mangkok sop, mangkok casserole, dan piring roti.

Dinner plate adalah yang paling besar ukurannya karena digunakan untuk makanan utama. Dessert plate berukuran lebih kecil karena digunakan untuk makanan penutup. Lalu piring roti digunakan untuk menaruh roti. Dan mangkok digunakan untuk sop dan casserole.

Baca Juga : Tips Membeli Piring Sesuai Kebutuhan Anda, Jangan Salah Beli!

Jenis-jenis Dinner Set

dinner set hitam

Dinner Set Melamin Hitam

1.) Keramik Bone China
Salah satu bahan yang kuat dan tahan lama dengan bentuk yang sangat elegan. Jenis ini memiliki struktur yang tipis sehingga tahan lama. Jenis ini biasanya dibuat dari daging hewan yang dicampurkan dengan porselen tanah liat yang dipanaskan di temperatur rendah.
Set makanan ini juga bisa dibuat tembus pandang yang memberikan tampak cemerlang sehingga terlihat lebih cantik. Selain itu set makanan ini juga sangat ringan yang bisa menjadi poin plus. Dinner Set ini bisa dimasukkan ke microwave dan juga bisa dicuci di mesin pencuci piring.

2.) Bahan Stainless
Dinner Set berbahan stainless ini sangat umum di perumahan India. Jenis set ini sangat tahan lama dan juga hanya membutuhkan perawatan yang sangat minim. Bahkan jenis set ini terbilang murah di pasaran. Dinner set ini mungkin dibuat dalam variasi yang berbeda-beda.
Ada berbagai jenis bahan baku material yang di mana semakin bagus bahan bakunya semakin bagus pula produknya. Bahan stainless ini tidak mudah pecah dan tidak mudah terkorosi. Maka dari itu Dinner sit ini bisa bertahan untuk beberapa generasi.

3.) Melamin
Peralatan makanan ini bisa disebut peralatan makanan modern. Karena alat makan ini dibuat dengan sangat baik dan mudah sekali perawatannya. Jenis Melamin pada dasarnya meniru atau menyamakan dengan tampang alat makan berbahan keramik.

Alat makan Melamin itu tahan terhadap pecah sehingga dianggap sebagai alat makan yang serba guna. Tidak lupa, jenis alat makan ini memiliki banyak variasi warna. Karena penampilannya yang angkuh dan unik, Dinner Set ini bisa dikatakan populer dan banyak menarik minat konsumen.

4.) Porselen Biasa
Dinner Set ini lebih murah dari Dinner Set keramik Bone China. Jenis set ini sangat bagus untuk acara formal atau saat tamu datang ke rumah. Jenis set ini juga sangat mudah dicuci baik pakai tangan atau di mesin cuci piring. Dan jenis ini juga aman digunakan dalam microwave.

Jenis set ini umumnya di buat di dalam api bersuhu tinggi sehingga membuatnya tahan lama. Tetapi ada beberapa porselen yang menggunakan desain metalik diatasnya, jadi yang bagian itu tidak aman untuk digunakan di dalam microwave.

Sekian dari penjelasan tentang Dinner Set di atas. Semoga artikel ini dapat membantu. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa.