Apa Itu Katering Makanan dan Apa Saja Jenis-Jenisnya?

by | Jul 28, 2022 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

katering makanan merupakan jenis katering yang saat ini tengah menjadi tren tersendiri di masyarakat. Banyak jenis yang bisa ditemukan dari mulai catering harian, mingguan hingga bulanan.

Apa itu katering makanan ialah istilah untuk usaha yang manan melayani pemesanan berbagai macam makanan dan juga minuman siap saji untuk pesta maupun kebutuhan lainnya dalam suatu instansi dengan skala yang cukup besar.

Kemudahan yang diperoleh dari menggunakan jasa catering ini diantaranya adalah katering tidak perlu menyediakan petugas untuk melayani tamu. Pihak katering hanya menyimpan masakan yang disajikan dalam kotak. Jenis katering makanan ini sangat cocok untuk digunakan pada acara-acara rapat, seminar, konsumsi kantor bahkan acara akikah.

Industri katering sendiri terdiri dari bisnis yang menyediakan makanan, minuman dan berbagai layanan lainnya. Biasanya bisnis ini ditujukan untuk acara khusus, namun tetapi ada pula yang rutin hari demi hari dan inilah yang paling banyak dicari oleh pemasok makan siang perusahaan.

Katering makanan juga ada yang khusus menyediakan katering makann sehat, jenis ini juga semakin menjamur, namun pebisnis harus cermat dalam menentukan jumlah kalori pada setiap makanan yang disajikan. Pemilihan bahan baku juga tidak bisa dilakukan karena harus memperhatikan kalori pada setiap masakan.

Jenis-Jenis Jasa katering Makanan

Berikut ini merupakan beberapa jenis catering makanan yang populer saat ini, setelah mengetahui Apa itu katering makanan, berikut jenis jenis yang perlu Anda ketahui:

1. Nasi Kotak

yang pertama ialah katering nasi kotak, usaha laris manis ini tentu Anda sudah mengetahui sendiri, beragama acara bisa untuk memesan jasa katering naik kotak seperi, hajatan, syukuran, pesta ataupun acara dikantor.

Banyak pilihan menu tersedia biasanya di catering ini, mular dari lauk pauk, sayuan, sambal dan tentunya nasi, yang bisa Anda pesan secara online, dan tinggal menunggu duduk manis untuk menunggu orderan nasi box pesanan sampai.

2. Rantangan

Ada jenis katering yang menyasar seperti karyawan kantoran, indekos dan juga rumah tanggga. Dengan jenis jasa catering rantangan menyediakan menu masakan sehari-hari, tanya untuk makan siang, rantangan umumnya menyediakan dari mulai dantapan pagi, siang dan malah harinya.

3. Rumah Sakit

Jenis yang satu ini, mungkin terdengar rada aneh, namun taukah Anda, terkadang rumah sakit sendiri menggunakan jasa catering pasien rumah sakit, namun tentu jenis jasa catering pasien rumah sakit akan diawasi khusus oleh ahli gizi dari rumah sakit. Itu berarti perlu kerjasama khusus untuk bisa menangani katering khusus pasien rumah sakit.

4. Katering Pesta

Salah satu jenis tempat makan yang laris dan akan terus dicari oleh masyarakat adalah jenis tempat makan yang melayani kebutuhan pesta. Catering pesta biasanya melayani untuk pernikahan, ulang tahun atau perayaan lainnya. Jika Anda ingin mencoba menjalankan bisnis ini, selain rasa makanannya sendiri, Anda juga perlu menguasai dekorasi makanannya.

Baca Juga : Mangkok Es Dawet Dengan Berbagai Manfaat yang Dirasakan

Pasalnya, makanan pesta cenderung mengedepankan estetika dan keindahan. Jenis makan ini biasanya disajikan di atas piring atau la carte dan sebagai prasmanan atau buffet. Biasanya katering pesta harganya akan lebih mahal tergantung dari tingkat kesulitan request.

5. Menu Sehat

Bisnis makanan terbaik berikutnya untuk pembeli saat ini adalah menu sehat. Menu makanan sehat atau biasa disebut healthy food catering menyasar konsumen dengan kondisi kesehatan tertentu, sehingga harus menjaga pola makannya.

Makanan tersebut harus mempertimbangkan gizi setiap porsi untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan bahan dan cara memasaknya.

Demikian pembahasan tentang apa itu katering makanan, berikut dengan beberapa jenis catering yang sedang populer saat ini. Semoga bermanfaat.