Cara Dan Tips Memilih Tempat Untuk Menyimpan Bumbu Dapur

by | Jan 2, 2022 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Bumbu dapur merupakan salah satu bahan pelengkap masakan yang paling utama. Dengan menambahkan bumbu dapur pada masakan, akan membuat hidangan lebih sedap dan menggugah selera. Agar tidak repot saat memasak, sebaiknya anda menyimpan bumbu dapur dengan baik.

Anda dapat menggunakan tempat untuk menyimpan bumbu dapur untuk mempermudah dalam mengorganisir dapur dan memudahkan anda untuk memilih bumbu – bumbu yang akan digunakan.

Ada 3 jenis tempat untuk menyimpan bumbu dapur yang umum digunakan. Tempat atau wadah – wadah ini disesuaikan dari jenisnya, dan jika perlu anda label wadah – wadah tersebut agar tidak salah saat menggunakannya. Berikut diantaranya.

  1. Wadah Plastik Melamin

Tak hanya dibuat untuk peralatan makan saja, produk melamin juga terdapat wadah – wadah kecil yang bisa digunakan untuk menyimpan bumbu dapur. Baik wadah yang tertutup rapat atau yang berpori – pori. Anda dapat bumbu – bumbu dapur dengan wadah ini, seperti biji ketumbar, biji merica, dan cengkeh.

  1. Wadah Kaca

Anda dapat menjadikan wadah kaca untuk menyimpan bumbu – bumbu dapur yang berbentuk bubuk dan kristal, seperti bubuk merica, garam, gula, hingga bubuk penyedap rasa. Anda pun dapat menyusun berdasarkan penggunaannya. Dengan wadah kaca, bumbu – bumbu tersebut tetap terjaga tingkat kekeringannya.

  1. Wadah Steinlestil

Sama seperti wadah kaca, wadah berbahan staenlestil juga dapat menjaga tingkat kelembaban dari suhu disekitarnya. Umumnya wadah staenlestil lebih sering dipilih dan digunakan, karena lebih mudah untuk dibersihkan dan di isi ulang.

  1. Wadah Melamine

Tempat menyimpan bumbu dapur dari wadah melamin sangat mudah ditemukan direstoran ataupun tempat-tempat yang terbilang eklusif, karena bahan dari melamin sangat terlihat elegan. Dengan kareteristik ringan seperti plastik namun bahannya menyerupai keramik, membuat wadah dari melami dari Glori Melamine banyak menjadi pilihan.

Piring Bumbu Sekat Tiga Oriental 10 Inch Hitam tempat bumbu jepang

Anda sedang mencari tempat saus bumbu dapur terbuat dari bahan melamin eksklusif? bisa Anda dapatkan di Glori Melamine 

Tips Menyimpan Bumbu Dapur agar Awet

Namun, saat menyimpan bumbu dapur dalam jumlah banyak sebaiknya anda tidak menaruhnya secara sembarang. Pasalnya, bumbu – bumbu dapur yang umumnya berasal dari rempah – rempah cenderung mudah busuk jika tidak disimpan dengan baik dan benar. Agar bumbu dapur lebih awet, berikut ini 4 cara menyimpan bumbu dapur agar tidak cepat busuk.

  • Simpan Di Tempat yang Kering

Sebaiknya bumbu dapur tidak di simpan dalam kulkas. Setelah anda membeli bumbu dapur, lebih baik simpan di tempat terbuka. Karena bumbu dapur cenderung sensitif pada lingkungan yang basah dan lembab. Oleh karena itu, gunakan tempat untuk menyimpan bumbu dapur yang kering dan terbuka agar terdapat sirkulasi udara yang lancar. Simpanlah di tempat bersuhu ruangan, hindari tempat yang lembab. Dengan cara ini dapat membuat tahan hingga lebih dari satu bulan.

Salah satu pilihan wadah untuk menyimpan bumbu segar adalah keranjang dengan pori – pori besar. Pori-pori ini penting agar sirkulasi udaranya lebih baik. Selain itu, supaya bumbu dapur tidak cepat busuk sebaiknya anda pisahkan antara jenis bumbu satu sama lain, serta jauhkan dari sayuran atau buah – buahan.

  • Hindari Dari Sinar Matahari Langsung

Kebanyakan bahan makanan dan bumbu dapur sangat sensitif terhadap pancaran sinar matahari langsung. Oleh karena itu, cara menyimpan bumbu dapur yang baik dan benar sebaiknya terhindar dari sinar matahari secara langsung. Karena hal ini bisa mengakibatkan bumbu dapur menjadi lebih cepat kering, tengik, hingga cepat membusuk.

  • Jauhkan Dari Kompor

Terdapat efek yang hampir sama karena pengaruh sinar matahari, menyimpan bumbu dapur berada di dekat kompor juga dapat membuat bahan – bahan tersebut menjadi cepat busuk. Sebaiknya, tempat untuk menyimpan bumbu dapur diletakkan jauh dari kompor. Suhu panas yang menguar dari kompor bisa membuat bumbu dapur menjadi cepat kering dan menjadi berubah warna.

Baca Juga : Keuntungan Dari Memiliki Tempat Sayur Set Melamin Terbaik Saat Ini

  • Simpan Bumbu Dapur Halus Pada Tempat Tertutup

Terdapat beberapa jenis bumbu dapur yang sering digunakan, seperti rempah yang berbentuk daun, biji – bijian, hingga bumbu – bumbu bubuk halus seperti lada, kunyit bubuk, pala bubuk, dan lain – lain. Untuk itu simpan bumbu bubuk di wadah tertutup. Agar lebih awet, pilih wadah plastik, kaca, atau steinlestil yang tertutup rapat dan kedap air juga kedap udara agar kualitasnya tetap terjaga.