Blog, Perlengkapan Dapur

Serba-Serbi tentang Talenan dan Peralatan Masak di Dapur Anda

Serba-Serbi tentang Talenan dan Peralatan Masak di Dapur Anda

Peralatan masak di dapur adalah salah satu hal yang tidak bisa dihilangkan keberadaannya di rumah, terlebih lagi jika Anda memang sering memasak sendiri untuk konsumsi sehari-hari. Bahkan jika Anda bukan tipe yang sering memasak, tetap saja dibutuhkan peralatan dapur yang mendasar untuk selalu tersedia.

Talenan dan Peralatan Masak di Dapur Anda

Setidaknya ada lima jenis peralatan masak yang wajib ada di dapur rumah Anda, yaitu panci, penggorengan atau wajan, sendok kayu, pisau, dan talenan maupun nampan, ada nampan yang terbuat dari plastik,ada juga nampan melamin atau nampan stainless meskipun nampan biasanya digunakan untuk tempat menyajikan makanan,minuman, kadang nampan digunakan sebagai tempat meletakkan bahan/barang yang di dapur.

Panci merupakan peralatan yang akan Anda akan butuhkan minimal untuk merebus air yang akan digunakan untuk minum, membuat teh atau kopi. Kemudian sesuai dengan namanya, penggorengan atau wajan dibutuhkan untuk menggoreng berbagai masakan termasuk yang sederhana seperti telur ceplok dan nasi goreng. Sendok kayu perlu Anda miliki untuk mengaduk, membalik, dan menggoreng supaya tidak terkena panas yang terhantar dari makanan yang sedang dimasak. Sedangkan pisau tidak bisa dilupakan karena diperlukan untuk memotong berbagai bahan makanan.

BACA JUGA : 5 Tips Estetika Menghidangkan Makanan dan Alat Saji

Yang terakhir dan tak kalah pentingnya adalah talenan, yang digunakan sebagai alas memotong bahan makanan untuk dimasak. Talenan merupakan salah satu peralatan dapur yang sudah digunakan turun-temurun sejak jaman nenek moyang dulu, menandakan bahwa alat yang satu ini tidak bisa dilepaskan dari dapur Anda.

Berikut adalah beberapa hal mengenai talenan yang penting untuk Anda ketahui.

Jenis Talenan

Talenan memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan bahan pembuatannya dan memiliki ciri khas masing-masing.

Berikut adalah beberapa jenis talenan yang banyak dijual dan dipakai di masyarakat sebagai salah satu Peralatan Masak yang Wajib Dimiliki:

Talenan Kayu

Talenan yang berbahan dasar dari kayu mungkin banyak Anda temui dimana-mana karena talenan jenis ini yang paling lama ada dan digunakan oleh masyarakat Indonesia. Talenan yang biasanya terbuat dari kayu jati, maple, beech, dan angasana ini memang lebih kokoh sehingga membuat Anda lebih nyaman saat memotong bahan makanan. Bahan kayu tersebut juga membuat talenan lebih awet dan terlindung dari goresan pisau yang mengenai permukaan talenan. Namun talenan kayu lebih cepat lembab dibanding jenis lainnya karena menyerap air, sehingga harus lebih sering dibersihkan setelah digunakan.

Talenan Plastik

Talenan yang cukup banyak beredar di pasaran ini terbuat dari bahan dasar plastik yang menjadikannya lebih ringan dan memiliki warna serta bentuk lebih beragam dibanding jenis lainnya. Bahan dasar plastik yang digunakan pada talenan ini membuatnya lebih kering dan tidak cepat lembab, juga mudah untuk dibersihkan. Namun karena bahan plastik itu juga yang membuat talenan ini lebih mudah terkena bekas goresan pisau di permukaannya. Selain itu, talenan plastik cenderung lebih licin dan mudah bergeser saat digunakan untuk memotong bahan makanan.

BACA JUGA : Ratusan Peralatan Makan & Minum Ada Disini

Talenan Bambu

Meski tidak sebanyak dan sepopuler dua jenis talenan sebelumnya, talenan bambu memiliki keunggulan yang dapat mengatasi kekurangan talenan jenis lain. Talenan ini lebih ringan dan tidak cepat lembab dibanding talenan kayu karena berbahan dasar bambu yang ramah lingkungan. Talenan ini juga lebih mudah dibersihkan dan tidak meninggalkan banyak bekas goresan pisau pada permukaannya. Namun talenan bambu juga memiliki kekurangan, yaitu penggunaan yang sering dapat membuat pisau Anda cepat tumpul.

Talenan Kaca

Jenis talenan terakhir adalah talenan kaca, yang unggul karena permukaannya yang tidak lembab dan tidak mudah keropos. Bahan dasar kaca pada talenan ini membuatnya lebih mudah dibersihkan dan juga enak dipandang karena kebeningannya. Namun seperti jenis kaca lainnya, talenan kaca juga bisa berbahaya karena dapat jatuh dan pecah sewaktu-waktu. Oleh karenanya, penggunaan talenan kaca ini biasanya bukan untuk memotong bahan makanan menggunakan pisau tapi lebih sebagai alas panci atau wajan yang panas.

Manakah yang Lebih Bersih dan Aman?

Setelah mengetahui berbagai jenis talenan diatas, Anda mungkin bertanya-tanya talenan manakah yang lebih bagus, bersih, dan aman? Dalam hal ini, ada beberapa pendapat dari para ahli yang menyatakan satu jenis talenan lebih bersih dari yang lainnya,. Namun ada juga pendapat lain yang bertentangan karena penelitian yang dilakukan oleh ahli yang tak kalah mumpuni.

Awalnya, talenan jenis kayu dianggap lebih cepat menumpuk kuman karena mudah lembab dengan lubang pori-pori pada permukaannya. Namun kemudian ada studi yang menunjukkan bahwa talenan plastik lah yang justru menumpuk kuman karena bekas goresan pisau di permukaannya menjadi sarang bakteri. Terlepas dari pro dan kontra tersebut, semuanya kembali lagi pada perawatan atas pemakaian dan kebersihan yang Anda lakukan terhadap talenan yang ada. Karenanya, Anda dapat memilih talenan jenis apapun yang memang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Cara Merawat dan Membersihkan Talenan

Seperti halnya barang lain, talenan juga akan cepat rusak dan tidak bisa digunakan jika Anda tidak melakukan perawatan yang baik. Pada dasarnya, perawatan talenan yang paling penting adalah rutin mencucinya setelah digunakan supaya tidak terjadi perkembangbiakan bakteri Sebaiknya Anda menggunakan air hangat yang mengalir saat membersihkan talenan supaya kuman yang ada di permukaan dapat terbasmi.

Hal lain yang penting untuk diperhatikan adalah jangan biarkan talenan Anda dalam keadaan lembab atau bahkan basah, terutama talenan berbahan dari kayu dan bambu. Kelembaban pada permukaan talenan akan menyebabkan pertumbuhan bakteri dan kuman yang mengancam kesehatan Anda. Karenanya, keringkan talenan Anda setelah dicuci bersih sebelum memasukkannya ke dalam rak piring. Pastikan juga untuk tidak pernah merendam talenan kayu dan bambu di dalam air karena akan membuat talenan cepat keropos dan rusak.

Jika Anda mendapati talenan yang masih memiliki sisa-sisa bau meskipun sudah dicuci, dan biasanya terjadi pada talenan plastik; maka Anda dapat menambahkan jeruk nipis atau lemon untuk membersihkannya. Anda juga bisa menggunakan sabut spons pencuci piring pada permukaan talenan plastik yang terdapat goresan bekas irisan pisau. Sedangkan untuk talenan kaca, pastikan untuk menggunakannya dengan sangat hati-hati dan tidak mengiriskan pisau diatasnya karena bisa membuatnya pecah.

BACA JUGA : Platform Bisnis Dropship – Reseller Online Tanpa Modal Besar

Demikianlah beberapa hal yang perlu diketahui dan diperhatikan mengenai Peralatan Masak di dapur Anda, terutama talenan.

Semoga informasi ini dapat berguna dan menambah wawasan kita semua!

Sumber : fancyfurni.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *