Piring Makan Anak Karakter: Cara Pancing Anak Agar Semangat Makan

by | Feb 17, 2022 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Anak yang sedang dalam masa pertumbuhan pasti sedang gemar-gemarnya makan dan Anda sebagai orang tua pasti juga senang melihat sang buah hati lahap menyantap makanannya.

Si Kecil susah makan tak jarang membuat orang tua kebingungan mencari berbagai cara agar anak semangat makan. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya mau makan.

Anda boleh coba menggunakan piring makan anak karakter untuk membantu. Mengapa bisa?

Kenapa Harus Pakai Piring Makan Anak Karakter

  1. Karakternya Disukai Anak

Desain piring makan anak tentu akan lebih variatif, mulai dari tokoh kartun, gambar hewan atau bunga yang pasti akan disukai oleh anak-anak.

Dengan adanya karakter tersebut juga bisa jadi cara agar anak semangat untuk menghabiskan makanannya, sebab anak kecil sering kali akan tidak sabaran untuk makan ditemani oleh hal yang disukainya.

  1. Menarik Perhatian Anak

Warna-warna piring yang colorful ini biasanya lebih dipilih oleh anak-anak karna di usianya, mereka cenderung memilih berdasarkan apa yang mencolok dan menarik perhatiannya seperti dari warna.

  1. Tersedia Banyak Pilihan

Para produsen piring makan sering menyediakan banyak pilihan karakter favorit anak-anak yang digemari ataupun sedang tren saat itu juga. Anda bisa mengajak anak untuk ikut memilih karakter yang dimau.

  1. Nyaman Digunakan

Piring anak-anak didesain dengan ukuran yang lebih kecil sehingga akan lebih nyaman ketika digunakan sebagai wadah makanan.

  1. Edukatif

Piring makan dengan karakter hewan atau bunga dapat jadi cara untuk mengedukasi anak. Anda bisa mengenalkan nama-nama hewan, bunga selagi menyuapi anak makan.

Tips Sebelum Membeli Piring Makan

Sebelum memutuskan untuk berbelanja, Anda harus memperhatikan beberapa tips yang harus dilakukan.

  1. Pilih yang Food Grade

Selalu memastikan bahwa bahan piring makan anak karakter sudah bersertifikasi food grade yang aman digunakan sebagai peralatan makan.

Piring yang tidak bersertifikasi food grade bisa membahayakan anak-anak karena ada bahan yang bisa saja ikut masuk ke dalam tubuh.

  1. Sesuaikan Ukurannya

Sebelum membeli, perhatikan pula ukuran piring tersebut apakah sesuai dengan badan si Kecil agar ia lebih mudah mengambil makanannya.

  1. Memilih yang Bersekat

Piring makan untuk anak sering dijumpai yang bersekat. Hal ini bertujuan agar nutrisi yang diterima anak bisa seimbang. Anda bisa coba pilih jenis yang satu ini.

  1. Mudah Dibersihkan

Beberapa bahan biasanya ada yang sulit dibersihkan sehingga bisa meninggalkan noda meski sudah dicuci. Carilah piring yang bahannya mudah dicuci dan tidak meninggalkan bekas noda atau minyak menempel.

Kotoran yang masih menempel ini bisa berkembang menjadi bakteri dan berbahaya saat dipakai sebagai wadah makanan.

  1. Cari yang Tidak Mudah Pecah

Tak jarang anak sering menumpahkan atau menjatuhkan piringnya, demi keamanan maka pilihlah yang berbahan dasar plastik atau stainless agar tidak melukai anak apabila piringnya jatuh.

Baca Juga : Sedang Mencari Tempat Bumbu Paling Bagus? Yuk Perhatikan Hal Ini!

  1. Tidak Mengubah Bau

Beberapa bahan dasar piring ada yang bisa mengubah bau makanan, Anda bisa menghindari jenis piring yang dapat mengubah bau.

  1. Sisi Piring Tidak Tajam

Ketika sedang memilih selalu raba bagian sisi piring dan pastikan produknya tidak tajam yang dapat melukai anak-anak. Hal ini bertujuan agar menghindari piring yang cacat produksi.

  1. Ajak Anak untuk Memilih

Supaya tak salah pilih, Anda boleh turut serta mengajak sang buah hati ketika membeli agar sesuai dengan pilihannya. Selain itu, cobalah mengajari anak berkomitmen untuk lebih semangat makan setelah membeli piring pilihannya.

Itulah beberapa alasan kenapa harus pakai piring makan anak karakter dan tips sebelum membelinya. Semoga bermanfaat.