Mangkok yang di Restoran Berdasarkan Fungsinya Ada Berbagai Pilihan

by | Aug 28, 2021 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Bagi Anda jika sering memesan makanan di rumah makan kelas atas atau dalam tatanan table manner, tentu menjumpai banyak item di atas meja. Mangkok yang di restoran pun berbeda sesuai fungsinya bahkan memiliki bentuk tidak serupa. Sayangnya masih banyak orang belum tahu akan hal ini.

5 Jenis Mangkok yang di Restoran

 
   

Lihat >> Jual Mangkok Melamin

Jamuan resmi yang ada di restoran membuat Anda menjumpai banyak alat makan termasuk mangkok. Perbedaan dan fungsinya memang tidak sama sesuai dengan ukuran dan bentuknya. Entah berfungsi sebagai tempat mekanan pembuka, utama, camilan, penutup hingga minuman.

  1. Dessert Bowl

Sesuai dengan namanya, dessert bowl ini memiliki bentuk dan ukuran khusus sebagai tempat hidangan penutup. Banyak pengrajin juga menyebutnya menggunakan nama luncheon plate. Beberapa diantaranya tidak hanya meletakkan makanan pelengkap saja namun juga fungsi lainnya.

Penggunaan dessert bowl ini juga sering orang gunakan untuk meletakkan camilan dan hidangan pembuka. Mangkok ini umumnya memiliki diameter 18 cm. Anda biasanya akan sering menemukannya di acara pesta ulang tahun, pernikahan atau event lainnya yang memiliki sesi prasmanan.

  1. Appetizer Bowl

Appetizer bowl memiliki ukuran yang lebih kecil daripada dessert bowl yakni hanya 17 cm saja. Biasanya memiliki ujung cenderung lengkung namun tidak mempunyai lekukan. Desain seperti ini sudah khusus bagi mangkok untuk hidangan pembuka pada table manner.

Tampilan appetizer bowl memang sedikit mirip dengan plate bread and butter, namun ukurannya lebih besar. Hal ini sesuai seperti fungsinya yakni menjadi tempat hidangan pembuka seperti keju, buah dan salad. Anda akan menggunakan sendok dan garpu berukuran cenderung kecil sebagai pelengkapnya.

  1. Fish Bowl

Mangkok satu ini banyak Anda jumpai ketika makan di restoran. Sesuai seperti namanya, fish bowl berguna secara khusus untuk penyajian makanan berupa ikan-ikanan. Bentuknya lebih lonjong daripada yang lainnya karena menyesuaikan dengan ukuran lauk di dalamnya.

Beberapa fish bowl tidak selamanya memiliki ukuran yang sama. Banyak diantaranya tersedia dengan berbagai variasi karena menyesuaikan panjang ikan itu sendiri. Anda bisa memesan menu makanan ini di restoran sesuai selera, misalnya nila bakar, gurami bumbu kuning dan lain sebagainya.

  1. Salad Bowl

Banyak jenis mangkok yang memiliki nama sesuai dengan fungsi utamanya, termasuk juga salad bowl. Tentunya fungsinya untuk menyajikan salad. Umumnya pelayan akan mengantarkan kepada pelanggan sebelum mereka memakan hidangan main course sebagai appetizer.

Baca Juga : Mangkok Saji Keramik: Keunggulan Produk yang Perlu Diketahui

Ukuran dari salad bowl cenderung kecil sesuai dengan fungsinya namun memiliki bentuk ceper ke bawah. Model seperti ini akan memudahkan dressing oil cepat merata di seluruh bahan saladnya saat Anda memakannya. Jadi jangan lupa untuk mengaduknya terlebih dahulu sebelum menyantapnya.

  1. Soup Bowl

Bentuk soup bowl ini sangat berbeda jika Anda bandingkan dengan mangkok ataupun piring. Hal ini karena fungsinya sebagai wadah sup sehingga memerlukan tatakan secara lebih fungsional. Tujuannya agar pelanggan lebih mudah saat mengambil maupun menuangkan makanan berkuah.

Ada beberapa perbedaan soup bowl untuk jamuan informal dan formal. Biasanya pada acara yang lebih santai akan menggunakan mangkok dengan ukuran lebih tinggi. Anda pun bisa secara mudah mengidentifikasi jenis wadah satu ini apabila menyandingkannya bersama tempat makan lainnya.

Ada beberapa jenis mangkok yang di restoran khususnya jika Anda sedang mendatangi jamuan secara formal. Pengetahuan ini menjadi basic bagi sebagian orang agar tidak salah menggunakan alat makan ketika menyantap berbagai hidangan.

Jika Anda ingin membuka usaha dibidang kuliner seperti restoran, Anda bisa menggunakan peralatan makan dari Glori Melamine, yang merupakan pabrik mangkok terbaik di Indonesia, menyediakan banyak peralatan food & drink berstandar SNI.