Mangkok Ulir Untuk Makanan Khusus, Untuk Sajian Favorit Anda

by | Sep 23, 2021 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Rate this post

Mangkok ulir menjadi salah satu jenis mangkok yang banyak orang-orang gunakan. Tipe satu ini memiliki tekstur sesuai dengan namanya yakni ulir. Umumnya berwarna merah dan hitam. Anda pun seringkali menjumpainya pada pedagang es buah di pinggir jalan atau minuman es lainnya.

5 Makanan yang Tersaji Menggunakan Mangkok Ulir

 

mangkok kuah ulir bakso   

Disini >> Beli Mangkok Ulir

Bagi Anda yang suka kulineran berbagai macam menu hidangan, tentu sudah tidak asing lagi dengan mangkok satu ini. Banyak pedagang di pinggiran jalan seringkali menggunakan tempat ini sebagai wadah utamanya. Pasalnya mampu menampung makanan cukup banyak dengan ukuran sangat pas.

1. Bakso

Bakso merupakan hidangan yang menjadi favorit banyak orang. Kebanyakan penggemar makanan berkuah ini akan memakannya bersama menu pelengkap lainnya seperti gorengan, siomay dan sayuran lainnya. Sebagian besar pedagang menggunakan mangkok ulir saat menyajikannya.

Bakso sebagai makanan yang memiliki kuah cukup banyak tentu akan terasa lebih nyaman ketika Anda menyantapnya menggunakan mangkok ulir. Lain halnya jika memakai piring karena tampak kurang enak. Penggemar hidangan berkuah ini bisa memakannya dari daging bakso sapi, ayam ataupun ikan.

2. Mie Ayam

Pedagang mie ayam umumnya akan menjualnya bersamaan dengan bakso. Kedua hidangan ini sama-sama memiliki kuah cukup banyak sehingga lebih cocok jika penjual menghidangkannya memakai mangkok ulir. Sebenarnya beberapa diantaranya menggunakan tempat makan lainnya.

Pedagang mie ayam yang tidak menggunakan mangkok ulir biasanya akan memilih mangkok gambar jago ayam. Keduanya hanya berbeda dari bahan penyusunnya saja. Penjual hidangan ini juga sering melengkapinya dengan santapan pelengkap lainnya seperti gorengan, lontong, siomay dan ceker ayam

3. Bubur Ayam

Bubur ayam menjadi hidangan favorit kebanyakan orang ketika mereka bingung untuk memilih sarapan. Makanan ini memang tidak memiliki kuah namun ukurannya terbilang lumayan banyak sehingga lebih cocok jika menggunakan mangkok daripada piring saat menyajikannya.

Beberapa penjual bubur ayam juga tidak semuanya menggunakan mangkok ulir. Ada juga diantaranya memilih mangkok kertas atau sterofoam sebagai tempat menyajikannya. Anda bisa menyantap menu sarapan ini dengan hidangan pelengkap lainnya seperti sate telur puyuh, kerupuk ikan dan telur asin.

4. Soto Ayam

Makanan berkuah berikutnya yang umum menggunakan mangkok ulir yakni soto ayam. Bagi Anda penggemar hidangan ini tentu lebih sering menjumpainya di dalam mangkok daripada menggunakan piring. Hal ini karena kuahnya memang cukup banyak sehingga cocok jika berada di wadah bervolume.

Dua jenis mangkok yakni ulir dan bergambar ayam jago menjadi yang paling sering penjual soto ayam gunakan. Keduanya sama-sama nyaman pada saat menggunakannya hanya berbeda di rentan pecah atau tidak. Jangan lupa untuk menambahkan telur asin dan perasan jeruk nipis saat menyantapnya.

Baca Juga : Mangkok Sop Ombak dengan Beragam Desain yang Sangat Menarik

5. Es Buah

Terakhir yakni es buah yang menjadi minuman dengan menggunakan mangkok ulir. Sebenarnya tidak hanya menu satu ini saja namun banyak hidangan lainnya seperti es campur, es oyen, es teler dan lain sebagainya. Tentunya pedagang lebih memilih wadah ini karena tahan banting saat tak sengaja jatuh.

Ada banyak varian es buah yang ada di dalamnya. Beberapa diantaranya seperti buah melon, semangka, buah naga, buah nangka, nata de coco, biji selasih dan lain sebagainya. Anda bisa membuatnya sendiri sesuai selera dengan menempatkannya menggunakan mangkok ulir.

Mangkok ulir sebenarnya sudah banyak penggunaannya pada berbagai jenis makanan dan minuman. Tentu Anda lebih sering menjumpainya pada pedagang di pinggir jalan daripada memilikinya sendiri di rumah. Jenis mangkok melamin satu ini memang mempunyai kelebihan utama yakni tidak mudah pecah.