Mangkok Porselen dan Tips Menggunakannya

by | Jul 21, 2021 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Bagi Anda yang sering menggunakan mangkok porselen, perlu mengetahui bahwa bahan ini cukup berbahaya apabila tidak memahami cara penggunaannya. Tentu hal ini masih banyak orang belum menerapkannya sehingga menimbulkan resiko gangguan pada kesehatan dalam jangka panjang.

Tips Menggunakan Mangkok Porselen

Porselen menjadi salah satu material yang cukup berbahaya bagi kesehatan. Pasalnya mangkok dari bahan ini mengandung zat seperti formaldehid dimana akan menimbulkan bahaya baru apabila masuk ke dalam sistem pencernaan tubuh. Lalu bagaimana cara menghindari dampak negatif tersebut?

  1. Gunakan dalam Kondisi Dingin

Jenis piring ataupun mangkok porselen ini akan aman ketika Anda menggunakanya dalam kondisi dingin. Pasalnya senyawa berbahaya seperti formaldehid mungkin ikut terserap akibat pemakaian suhu tinggi tersebut. Jadi pastikan jika tidak pernah meletakkan makanan atau minuman baru saja matang.

Zat yang ada di mangkok porselen ini mampu menyebabkan adanya gangguan dalam saluran pernafasan sekaligus kerusakan hati. Hal ini memang tidak bisa Anda rasakan secara singkat namun menjadi efek jangka panjangnya dan berbahaya bagi kesehatan.

  1. Jangan Menggunakannya dalam Microwave

Beberapa orang akan menghangatkan makanannya dalam mesin penghangat seperti microwave. Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, jangan pernah menggunakan mangkok porselen ini pada kondisi panas bahkan hangat sekalipun. Hal ini memungkinkan zat berbahaya ikut tercampur.

Kandungan yang ada di dalam porselen ini bisa menyebabkan gangguan iritasi saluran pencernaan. Efek jangka pendeknya dapat menimbulkan reaksi mual, muntah hingga diare. Lebih baik jika Anda melapisinya memakai alumuniom foil di mangkok sehingga tidak bersentuhan dengan makanan.

  1. Langsung Mencuci Setelah Anda Menggunakannya

Bahan porselen memang sudah banyak penggunaannya pada alat makan termasuk juga mangkok. Satu hal yang tidak boleh Anda melupakannya ialah cara pencuciannya. Jangan menunda untuk segera mencucinya karena nyatanya kebiasaan seperti ini memberikan efek buruk ke depannya.

Sisa makanan yang ada pada mangkok porselen bisa saja masuk ke dalam pori-pori permukaannya. Terutama jika alat makan tersebut merupakan bekas dari makan dan minuman berkuah dan berminyak. Kandungan minyak dan lemak ini akan menimbulkan reaksi oksidasi sebagai penyebab ketengikan.

  1. Jangan Gunakan Mangkok Porselen yang Memiliki Goresan

Alat makan dari porselen ini memang cukup rentan pecah sehingga sudah sering memiliki goresan pada permukaannya. Adanya sisi yang rusak seperti ini akan meningkatkan kemungkinan jika kandungan berbahaya di dalamnya ikut tercampur ke bahan makanan atau minuman.

Adanya goresan ini juga cukup berbahaya jika menimbulkan permukaan yang lancip dan tidak rata akibat bekas jatuh atau penggunaan kurang hati-hati. Terutama jika Anda menggunakannya sebagai tempat makan bagi anak-anak, tentu lebih baik jangan melakukannya karena memang beresiko.

  1. Sesekali Mencuci dengan Air Hangat

Anda bisa sesekali menggunakan air hangat ketika mencucinya. Tujuannya untuk menghilangkan sisa makanan yang menempel pada permukaannya dengan lebih ampuh. Terutama jika sempat memakainya sebagai tempat bekas makanan berminyak, kuah santan, sambal dan sejenisnya.

Baca Juga : Mangkuk Gelombang yang Memiliki Banyak Peminat

Pasalnya makanan yang berminyak dan berlemak memang cenderung lebih sulit saat Anda membersihkannya. Biasanya tidak akan ampuh jika hanya mengandalkan air biasa saja sehingga cobalah untuk menggunakan air hangat untuk benar-benar membersihkan sisa kotoran tersebut.

Material untuk alat makan ini memang cukup berbahaya dan sudah banyak orang mengetahuinya. Sayangnya sebagian besar diantara mereka belum memahami cara menggunakan mangkok porselen guna menghindari bahaya tersebut. Jadi jangan abaikan tips di atas agar anggota keluarga tetap aman.

Untuk Anda yang sedang mencari alternatif mangkok porselen, Anda bisa menggunakan mangkok melamin , jenis mangkok ini lebih ringan dan awet namun bentuknya menyerupai piring porselen, inilah yang membuat peralatan makan dan dari melamine banyak digunakan ditempat usaha seperti restoran dan cafe. Dapatkan mangkok melamin dengan harga murah hanya di website resmi kami www.glorimelamine.com