Mangkok Kobokan: Keunikan dan Manfaatnya yang Sering Digunakan

by | Jun 30, 2021 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Sudah tidak asing lagi, bahwa mangkok kobokan selalu ada di rumah makan tradisional. Biasanya mangkok tersebut bermanfaat sebagai tempat cuci tangan praktis. Jadi, tidak perlu cuci tangan ke wastafel. Apalagi air dalam mangkoknya akan selalu ada daun kemangi, membuat tangan wangi.

Informasi Tentang Mangkok Kobokan

Klik : Beli Mangkok Kobokan

Seperti yang sudah Anda ketahui, mangkok kobokan ini memang berfungsi sebagai tempat cuci tangan. Biasanya selalu disediakan di rumah makan tradisional atau seringkali mereka menyebutnya lesehan. Jadi, tidak perlu repot untuk cuci di wastafel karena dalam mangkok saja sudah cukup.

  1. Keunikan Mangkok Kobokan

Sesuai dengan namanya, mangkok kobokan ini memang berfungsi sebagai salah satu tempat cuci tangan yang jauh lebih praktis. Jadi, tidak perlu ke wastafel saat hendak mencuci tangan sebelum makan. Biasanya air kobokan tersebut selalu tersedia yang namanya daun kemangi.

Daun kemangi tersebut berguna sebagai pengharum tangan / pembersih secara tradisional. Tidak heran jika sampai saat ini, banyak sekali rumah makan tradisional / mengusung tema klasik. Sebagian besar menggunakan mangkok kobokan, nuansa khas pedesaan seakan kental terasa.

  1. Motif Mangkok Kobokan

Tahukah Anda, bahwa mangkok di zaman sekarang ini tersedia dari berbagai macam jenis dan motif desain. Meskipun ada di rumah makan tradisional sekali pun, namun sebagian besar mempunyai motif yang cukup unik dan menarik. Sedangkan bahan mangkoknya sendiri juga tahan banting.

Baca Juga : Jual Mangkok Miring dengan Beragam Motif yang Tersedia Terbaru

Ada yang berbahan dasar stainless steel, plastik, kayu, keramik dan masih banyak lagi lainnya. Tidak hanya di rumah makan tradisional saja. Biasanya mangkok kobokan ini akan banyak masyarakat gunakan juga di rumah, seperti saat ada tamu berkunjung ke rumah supaya bisa cuci tangan praktis.

  1. Manfaat Mangkok Kobokan

Sesuai dengan namanya, manfaat dari mangkok kobokan ini tidak lain adalah untuk tempat cuci tangan secara praktis. Biasanya masyarakat yang berkunjung ke rumah makan tradisional atau lesehan, akan selalu penjualnya sediakan beserta dengan mangkok untuk cuci juga.

Jadi, Anda tidak perlu berdiri dan cuci tangan ke wastafel. Cukup mencelupkan tangan ke mangkok kobokan saja, sudah selesai. Apalagi biasanya penjual makanan tersebut selalu menyediakan daun kemangi atau jeruk nipis di dalam airnya. Supaya tangan benar-benar bersih dan higienis.

  1. Bahan Mangkok Kobokan

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa bahan dasar pembuatan mangkok kobokan ini ada beraneka macam. Mulai dari stainless steel, plastik, keramik dan masih banyak lagi. Dari bahan tersebut, semuanya sama saja karena fungsinya sendiri memang untuk tempat cuci tangan praktis.

Namun, biasanya di rumah makan tradisional akan selalu disediakan mangkok dengan bahan dasar plastik atau bahkan kayu. Rumah makan dengan tema klasik lah yang selalu menyediakan mangkok kobokan semacam itu. Kesannya seakan seperti berada di lingkungan pedesaan yang cukup asri.

  1. Harga Mangkok Kobokan

Untuk harga dari mangkok kobokan sendiri sangatlah bervariasi, apalagi jika Anda mencarinya di berbagai macam market place kekinian. Baik itu jenis, bahan dasar pembuatan, desain dan motif semuanya memiliki kisaran harga masing – masing. Namun, sebagian besar harganya murah.

Jadi, tidak perlu khawatir jika ingin membelinya. Itu karena sebagian besar jenis mangkok kobokan memiliki kisaran harga cukup terjangkau. Mulai dari Rp 2.750 sampai dengan Rp 52.000 untuk mangkok versi lusinan.

Itulah beberapa ulasan secara detail mengenai mangkok kobokan. Sebagai salah satu tempat cuci tangan praktis, mangkok tersebut termasuk yang paling praktis. Mengingat penggunaannya sangat bermanfaat bagi yang hendak mencuci tangan, karena tidak perlu ke wastafel.

Anda bisa mendapatkan berbagai motif, desain dan warna di jual mangkok melamin Glori Melamine, pusat peralatan makan merk melamin terbaik yang sudah pasti aman, kami sudah puluhan tahun memproduksi peralatan melamine berstandar SNI, dan mendistribusikan hampir keseluruh wilayah Indonesia.