Mangkok Kertas Tahan Panas dan Keunggulan Lainnya Sebagai Kemasan

by | Aug 24, 2021 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Kini sudah banyak berbagai macam bahan organik sebagai penyusun utama kemasan makanan. Cara seperti ini tentu memiliki kelebihan tersendiri daripada material anorganik seperti plastik dan sterofoam, yakni bersifat ramah lingkungan. Ada banyak alasan pada pemakaian mangkok kertas tahan panas ini.

Sifat Mangkok Kertas Tahan Panas sebagai Kemasan Makanan

Kemasan mangkok dari kertas kini sudah banyak penggunaannya karena mereka menganggapnya lebih fleksibel. Pengaplikasiannya sering Anda jumpai dalam makanan dan minuman. Adapun kelebihannya ialah karena harganya murah serta pemakaiannya cukup luas untuk berbagai produk. Mangkok kertas juga tersedia berbagai bentuk seperti mangkok udon, oval, persegi dan lainnya.

  1. Tahan Panas untuk Penghangat Makan

Salah satu sifat dari kemasan kertas adalah tahan panas. Kelebihan ini memungkinkan Anda agar bisa menyantap makanan dalam keadaan masih hangat sehingga tidak perlu menghangatkannya lagi. Terutama jika membeli untuk memakannya di rumah daripada di tempat penjual makan.

Sifat ini juga memungkinkan Anda untuk menghangatkan makanan tersebut pada mesin penghangat. Tentunya tidak perlu memindahkan ke wadah lain sehingga hanya perlu memasukkan ke dalam microwave. Pastinya cara seperti ini terasa lebih mudah dan praktis bagi penggunanya.

  1. Terbuat dari Kertas Food Grade

Istilah food grade mengartikan bahwa sebuah bahan atau peralatan sudah terstandarisasi sehingga aman ketika menggunakannya untuk makanan dan minuman. Sebuah material dengan tag tersebut menunjukkan jika tidak ada senyawa dan kandungan berbahaya atau menimbulkan sebuah reaksi.

Penggunaan kertas food grade ini sudah menjadi persyaratan bagi semua produsen kemasan kertas saat memproduksinya. Tujuannya agar menjaga keamanan konsumen ketika menggunakannya. Harapannya tidak ada kontaminan akan bercampur ke dalam makanan seingga terjaga keasliannya.

  1. Menggunakan Sistem Pembuatan Leak Proof

Banyak orang yang menyangka jika penggunaan kertas sebagai kemasan makanan dan minuman akan menimbulkan sebuah kebocoran. Nyatanya hal ini tidak terjadi lantaran produsen pengemas sudah memakai sistem pembuatan leak proof. Metode ini bertujuan untuk menghindari cairan bocor.

Kertas memang memiliki sifat yang mudah menyerap air, namun kemasan ini nyatanya mempunyai keunggulan sendiri yakni tahan akan resapan air. Jadinya sangat aman apabila Anda memakainya untuk mengemas makanan berkuah, berbumbu kental ataupun minuman sekalipun.

  1. Daur Ulang Lebih Mudah

Kertas yang bisa Anda daur ulang menjadi salah satu keunggulannya daripada kaleng dan sterofoam. Hal ini dapat terlihat saat sebagian orang sudah menggunakan kemasan berupa paper lunch ketimbang memilih plastik ataupun kertas minyak. Tidak hanya itu, pengemas ini juga lebih ramah lingkungan.

Setidaknya, Anda harus beralih dari kemasan plastik, sterofoam hingga kaleng yang tidak bersifat biodegradable. Mengingat bahwa kemasan ini merupakan salah satu pertimbangan utama bagi konsumen sebelum membeli produk. Jadi bukan hanya melihat tampilan namun juga keamanannya.

  1. Tidak Membahayakan Lingkungan Sekitar (Eco Friendly)

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, salah satu sifat kemasan berbahan dasar kertas ialah lebih aman karena berasal dari serat pohon. Hal ini tentu bisa Anda katakan jika bahan pengemas ini tidak akan berbahaya atau bersifat eco friendly..

Hal ini juga mendasari bahwa banyak kemasan akan menjadi sampah ketika konsumen sudah tidak menggunakannya lagi. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar menghindari jumlahnya semakin meningkat adalah dengan menggunakan pengemas bersifat eco friendly seperti kertas.

Baca Juga : Mangkok Miso Sop Berbagai Macam dan Jenis Sesuai Kebutuhan Anda

Penggunaan mangkok kertas tahan panas nyatanya memberikan keunggulan tersendiri bagi Anda. Kini sudah banyak pedagang makanan yang menggunakannya karena lebih praktis dan tentunya aman bagi lingkungan. Jadi pemakaiannya tidak akan menambah sampah anorganik semakin meningkat.

Jika Anda sedang mencari mangkok serupa dengan mangkok plastik yang ringan dengan bentuk seperti keramik, Anda bisa menggunakan peralatan makan dari pabrik mangkok Glori Melamine, produsen peralatan makan melamin terbaik yang beralamat ditangerang.