Macam-Macam Piring, dari Fungsi sampai Estetika yang Perlu Diketahui

by | Dec 24, 2021 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Fungsi paling utama piring adalah untuk menyajikan makanan. Meskipun begitu, terdapat macam-macam piring yang perlu anda ketahui. Berbagai macam piring ini dibedakan berdasar nilai fungsi dan estetika. Berbeda jenis makanan, berbeda pula jenis piring yang digunakan. Sedangkan nilai estetika diperlukan dalam acara makan formal seperti table manner dsb.

Macam-Macam Jenis Piring

  1. Dinner plate

Anda pasti punya jenis piring makan ini karena penggunaanya sangat umum untuk acara makan sehari-hari. Berdiameter kurang lebih 8-12 inchi. Dinner plate memiliki dua bentuk, yaitu berbentuk datar dan berbentuk cekung.

Diameter yang luas memang mendukung fungsinya sebagai tempat untuk menyajikan hidangan utama di acara makan formal atau table manner. 

  1. Appetizer plate

Berukuran kurang lebih 5-9 inchi dan biasanya memiliki ujung yang lengkung tanpa lekukan, jenis piring ini memiliki fungsi untuk menghidangkan jenis makanan yang ukuran dan porsinya tidak terlalu banyak.

Seperti namanya, biasanya untuk menyajikan makanan pembuka, seperti salad dan jenis makanan pembuka lainnya. Piring appetizer yang baik terbuat dari melamin, karena tahan panas dan dari segi bentuk cukup sopan untuk perjamuan makan resmi.

  1. Dessert plate

Sesuai namanya, piring ini digunakan untuk menyajikan makanan penutup di perjamuan makan resmi. Bentuknya bulat dan berukuran sekitar 18 cm.

Selain itu menyajikan makanan penutup, piring ini cukup multifungsi. Bisa untuk appetizer atau sebagai alas appetizer dan dessert. Anda juga bisa menemui piring ini banyak digunakan di berbagai acara seperti resepsi pernikahan, pesta, restoran dan berbagai acara lainnya.

  1. Soup plate

Dari macam-macam piring, yang satu ini pasti sering anda gunakan, yaitu piring soup. Memiliki bentuk cekungan ke dalam sampai ke bagian dasar piring sehingga cocok untuk menyajikan berbagai jenis makanan berkuah seperti sup dan sayuran.

Ukurannya kurang lebih antara 4-7 inchi. Biasa digunakan untuk acara makan formal ataupun informal. Untuk acara makan formal, biasanya menggunakan piring sop yang lebih pendek.

  1. Saucer dan Charger

Kedua jenis piring ini memiliki fungsi yang kurang lebih sama, yaitu sebagai tatakan atau alas dan sebagai dekorasi meja makan. Perbedaannya adalah pada ukurannya.

Saucer berdiameter 14 cm, sangat kecil karena biasa untuk alas piring sop, kopi, dan jenis minuman lainnya agar tidak tumpah ke meja. Bisa juga digunakan untuk makanan ringan seperti kentang goreng, potongan kue dsb

Sedangkan charger berdiameter sekitar 33 cm, sangat besar untuk mengalasi hidangan utama atau bagian dari dekorasi meja makan.

  1. Oval Plate

Berbentuk oval, biasanya digunakan sebagai tempat daging, ikan, dan sayuran. Memiliki ukuran yang beragam menyesuaikan dengan bentuk dan ukuran hidangan yang ingin disajikan.

Jenis piring restoran ini sering digunakan untuk menyajikan ikan, sehingga dikenal pula dengan nama fish plate.

Baca Juga : Jenis-jenis Cup Minuman yang Ramah Lingkungan Sesuai Dengan Jenisnya

  1. Bread dan Butter plate

Piring ini punya bentuk bulat seperti dinner plate, dengan ukuran yang lebih kecil yaitu kurang lebih 15 cm. Sesuai dengan namanya, memiliki fungsi untuk menyajikan hidangan roti, mentega dan sejenis lainnya. Biasanya berpasangan dengan pisau kecil untuk mengoles roti dengan mentega.

Piring ini memiliki nama lain yaitu side platter atau piring kuarter karena posisinya seringkali berada di sebelah kiri dari garpu.

Itulah beberapa macam-macam piring yang biasa digunakan di restoran atau acara-acara formal maupun informal. Piring mana sajakah yang sering anda gunakan?