Manfaat dan Jumlah Hitungan Kalori Untuk Nasi Merah Untuk Kesehatan

by | Mar 14, 2022 | Lifestyle | 0 comments

Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, mengkonsumsi nasi adalah kebutuhan pokok. Akan tetapi, nasi yang dijadikan konsumsi makanan pokok orang Indonesia adalah nasi dengan jenis beras putih, sehingga jika kita berbicara terkait nasi merah hanya aka nada segelintir orang saja yang mengkonsumsi beras merah ini.

Hal tersebut dikarenakan harga beras merah yang memang lebih mahal daripada beras putih. Akan tetapi, harga yang mahal ini sebenarnya juga seimbang dengan kandungan nutrisi yang baik, yang terkandung didalam nasi merah ini. Nutrisi yang terkandung dalam nasi merah ini seperti, asam folat, lemak, serat, karbohidrat, zinc, fosfor, niacin, vitamin A dan magnesium.

Pada umumnya banyak juga yang mengolah beras merah ini sebagai bubur, karena pada dasarnya beras merah ketika ditanak menjadi nasi merah memiliki tekstur yang sedikit keras dari nasi putih. Sehingga terkandung dalam proses tanah airnya harus lebih banyak atau diberi sedikit campuran nasi putih.

Jumlah Kalori 1 Piring Makan Nasi Merah

Selain itu, nasi merah ini cukup sering digunakan sebagai makanan pendamping air susu ibu atau MPASI, selain karena cukup mudah didapat, nutrisi yang banyak terkandung di dalam nasi merah ini akan sangat berguna bagi proses tumbuh kembang bayi atau balita anda. Selain itu, ada bagi beberapa orang yang sedang dalam proses diet atau memiliki riwayat penyakit tertentu sangat disarankan untuk beralih dari nasi putih ke nasi merah ini, karena selain kalori yang rendah, kadar gula dalam nasi merah tidak sebanyak nasi putih pada umumnya. Ada beberapa manfaat dari nasi merah ini, diantaranya:

  1. Karbohidrat yang baik untuk menurunkan berat badan

Nasi merah sendiri banyak mengandung protein, karbohidrat, dan serat. Manusia pada umumnya memiliki kebutuhan kalori harian, untuk menurunkan berat badan, kalori harian yang masuk kedalam tubuh haruslah kurang dari kebutuhan kalori harian. Akan tetapi sebagian orang tidak dapat menghindari nasi, maka dari itu nasi merah ini bisa menjadi solusi pengganti nasi putih.

Jika pada umumnya jumlah kalori 1 piring makan nasi putih bisa mencapai 204 kalori per 100 gram. Sedangkan jumlah kalori 1 piring makan nasi merah hanya kisaran 110 kalori per 100 gram. Itulah mengapa, banyak orang yang sedang dalam fase diet untuk mengurangi berat badan memilih beralih ke nasi merah.

  1. Mengontrol kadar gula darah

Salah satu sebab jumlah kalori 1 piring makan nasi merah lebih sedikit dari pada nasi putih adalah karena kandungan gula di dalamnya. Beras merah mengandung lebih sedikit gula, tetap kaya akan serat. Maka dari itu biasanya para penderita penyakit gula tetap bisa makan nasi dengan beralih ke nasi merah.

Baca Juga: Peralatan Serba All You Can Eat Jakarta, Pengertian Apa Itu AYCE?

  1. Mengurangi resiko penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular atau lebih dikenal dengan sakit jantung adalah sebuah kondisi dimana terjadi penyempitan pada pembuluh darah. Fungsi pembuluh darah yang mengalirkan darah keseluruh tubuh akan sangat fatal akibatnya jika mengalami gangguan fungsi atau penyumbatan.

Antioksidan yang terkandung di dalam beras merah, akan sangat membantu tubuh untuk mencegah atau mengurangi resiko terserang penyakit kardiovaskular ini.

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan serat dan karbohidrat kompleks dalam nasi merah akan sangat membantu sistem pencernaan anda. Kandungan bakteri baik yang dihasilkan dari beras merah dapat membantu sistem pencernaan mencerna makanan dengan baik.

Dan yang terpenting adalah porsi jumlah kalori 1 piring makan nasi merah untuk kesehatan itu sendiri. Jika berlebihan maka efeknya pasti kurang baik bagi tubuh kita sendiri.