Alat makan kini memang tersedia dengan beragam jenis dan bentuknya. Anda bisa membelinya sesuai kebutuhan di pasaran. Misalnya harga gelas plastik yang cukup berbeda dilihat dari penggunaan material, ukuran serta kualitas masing-masing. Lantas apa saja jenis-jenisnya?

Jenis-jenis Harga Gelas Plastik

Bagi Anda yang berkeinginan untuk mendirikan sebuah usaha di bidang minuman, maka harus mengenali apa saja jenis-jenis dari gelas plastik satu ini. Peralatan ini memang tersedia dengan beragam pemilihan materialnya saat proses produksi sehingga berpengaruh saat penggunaannya.

1. PET atau Polyethylene Terephthalate

PET satu ini memiliki istilah lain yaitu serat bebas kerut. Jadi berbeda dengan kantong plastik yang umum Anda ketahui di pasaran ataupun supermarket. Pasalnya, Polyethylene Terephthalate ini memiliki sifat untuk mencegah udara seperti oksigen masuk agar tidak merusak produk di dalamnya.

Sifat tersebut juga berfungsi untuk menjaga karbon dioksida yang ada di dalam minuman berjenis karbonasi tidak akan keluar. Penggunaan gelas plastik satu ini dianggap lebih bisa menjaga kualitas dari produk di dalamnya. Keuntungan dari jenis ini adalah bening, bisa didaur ulang dan cukup fleksibel.

2. HDPE atau High Density Polyethylene

Cukup berbeda jika Anda bandingkan dengan jenis lainnya. Pasalnya HDPE ini mempunyai rantai polimer yang akan membuatnya sangat padat sehingga menjadi plastik dengan sifat lebih kuat dan tebal daripada PET sebelumnya. Biasanya digunakan sebagai wadah susu ataupun jus buah.

Produk HDPE ini dianggap sangat aman karena tidak akan mentransfer bahan kimia ke dalam minuman yang dikemasnya. Selain bisa didaur ulang, gelas plastic satu ini juga dipilih oleh banyak orang ketika ingin mengemas berbagai jenis hidangan lantaran memiliki sifat kaku, bening dan kuat.

3. Low Density Polyethylene

Gelas plastik jenis ini mempunyai struktur polimer yang paling sederhana sehingga sangat mudah saat diproses ke produk lebih lanjut. Banyak produsen beranggapan bahwa LDPE ini memang menjadi bahan sangat sehat dan tahan terhadap bahaya alkohol serta asam jadi lebih aman untuk mengemas.

Bahan plastik berjenis LDPE ini seringkali diaplikasikan untuk mengemas minuman berupa susu, soft drink dalam keadaan pana dan dingin serta beberapa botol yang dapat diperas seperti mustard dan madu. Banyak juga produsen menggunakannya sebagai penutup wadah karena cukup tebal.

4. Gelas Karakter PP atau Polypropylene

PP ini memiliki sifat yang lebih tahan terhadap panas sehingga dianggap paling kaku jika dibandingkan dengan jenis bahan lainnya. Banyak produsen kuliner akhirnya memilih gelas plastik dengan material satu ini untuk mengemas minuman ataupun makanan dalam keadaan hangat atau memiliki suhu tinggi.

PP memang dianggap menjadi pilihan terbaik apabila Anda sedang mencari gelas plastik yang aman untuk mengemas berbagai jenis hidangan. Biasanya produsen akan memilih jenis satu ini sebagai wadah pengemas yogurt dan juga botol sirup karena umumnya memiliki sifat asam tinggi dari produknya.

Gelas plastik memang banyak jenis dan kegunaanya, seperti gelas plastik tebal, gelas plastik cup, gelas plastik kopi, dan gelas sablon. Beberapa jenis dan kegunaannya bisa Anda sesuai dengan keperluan bisnis Anda sendiri.

Hal Penting dalam Penggunaan Gelas penggunaan gelas plastik

Pemilihan bahan plastic sebagai material utama untuk pembuatan gelas memang menjadi solusi paling terbaik. Sayangnya masih ada beberapa kekurangan apabila Anda menggunakannya sebagai kemasan makanan ataupun minuman sehingga harus diperhatikan agar tidak menimbulkan bahaya.

  • Ada Plastik yang Tidak Tahan Panas

Perlu Anda ketahui bahwa beberapa bahan plastik ini memang tidak bisa tahan panas meskipun beberapa diantaranya mampu mengemas minuman atau makanan dengan suhu tinggi. Hal ini membuat para produsen dalam bidang kuliner seperti usaha katering harus lebih teliti saat memilihnya.

Jadi tidak semua gelas plastik ini bisa menghantarkan panas yang baik, bahkan beberapa diantaranya justru akan meleleh apabila terkena minuman dan makanan bersuhu tinggi. Tentu Anda sudah sering menjumpai jika alat makan ini dapat berubah bentuk atau bahkan penyok saat ketebalan cukup tipis.

  • Gelas Tidak Bisa Didaur Ulang

Tentu Anda sudah mengetahui bahwa penggunaan plastic menjadi sumber utama dari tumpukan sampah yang ada di seluruh dunia. Sayangnya konsumsi bahan ini juga tidak kunjung berhenti atau bahkan justru bertambah setiap tahunnya di berbagai negara terutama di negara Indonesia sendiri.Bahan plastik memang menjadi material yang sangat sulit untuk diurai secara alami sehingga jika Anda membuang secara sembarangan hanya akan memperparah keadaan. Jadi para produsen minuman perlu diingat lagi agar bisa mengoptimalkan penggunaanya demi tidak mencemari lingkungan saat ini.

  • Terkandung Bahan Kimia dan Rentan Pindah ke Minuman di Dalamnya

Perlu Anda ketahui, bahwa setiap kemasan makanan dan minuman ini memiliki masa-masa tertentu dimana nantinya akan mentransmisikan bahan kimia ke dalam produk yang sedang dikemasnya. Tentu saja hal ini cukup berbahaya apabila ikut dimakan dan dicerna oleh sistem pencernaan dalam tubuh. Jadi jangan sampai Anda tertipu dengan harga gelas plastik murah.

Penggunaan gelas plastik ini memang dianggap sangat menguntungkan dan memudahkan bagi para produsen minuman. Adanya transfer komposisi bahan kimia ini menjadi alasan mengapa adanya larangan jika alat makan ini boleh digunakan lebih dari satu kali yakni untuk meminimalkan hal tersebut

  • Rentan akan Jamur

Menariknya bahan plastik memang tidak akan mengalami karatan layaknya material logam pada umumnya. Tentu sifat ini membuatnya dianggap lebih awet meskipun sudah digunakan dalam waktu lama khususnya sebagai peralatan di dapur sehingga Anda pun bisa mengganti sat benar-benar rusak.

Sayangnya gelas plastic ini juga dipercaya sangat mudah berjamur. Terutama jika produsen minuman kurang memperhatikan penyimpanannya. Sebaiknya Anda menyimpan dalam tempat yang sejuk dan masih bisa mendapatkan akses matahari agar tidak gampang tercemar oleh kontaminan mikroba.

  • Cenderung Menyerap Rasa dan Bau

Perlu Anda ketahui bahwa setiap peralatan yang dibuat dari bahan plastik cenderung menyerap rasa dan baru makanan di dalamnya. Hal ini menjadi alasan juga mengapa penggunaanya dianjurkan hanya sekali saja tanpa adanya pengulangan pemakaian.

Anda bisa membayangkan apabila gelas plastik digunakan secara berkali-kali, maka rasa dan bau dari minuman sebelumnya tidak akan hilang bahkan menempel. Lain halnya jika menggunakan alat makan berbahan stainless steel ataupun kayu.

  • Menjadi Penyebab Pencemaran Lingkungan

Poin ini sangat berkaitan dengan sifat bahan yang sangat sulit untuk diuraikan oleh alam. Penggunaan pun kian hari juga semakin banyak. Hal ini menjadi PR tersendiri bagi produsen minuman atau makanan untuk menggunakan gelas dengan jenis plastik lebih aman.

Anda bisa saja menggunakan gelas plastic yang berbahan dasar LDPE karena dipercaya bisa didaur ulang. Tentu hal ini menjadi upaya kecil untuk menjaga lingkungan alam sekitar agar lebih terhindar dari penumpukan sampah.

Perbedaan harga gelas plastik memang didasarkan atas berbagai macam faktor mulai dari pemilihan bahan baku hingga ukurannya. Sayangnya masih ada beberapa kekurangan di balik penggunaan packaging makanan dan minuman ini, sehingga Anda harus tetap memperhatikan secara teliti saat memilih alat makan satu ini.

Harga gelas plastik 1 lusin saat ini di toko online mulai dari Rp. 500,00 – Rp. 15.000,00 sama halnya dengan harga gelas cup plastik. Harga tergantung ukuran gelas plastik dan jenisnya. Beberapa yang sering dijual dipasar seperti di pusat perabotan jembatan lima adalah, cup plastik, cup kopi,harga gelas plastik tebal, harga gelas plastik sekali pakai,gelas pop ice, kopi. Selain gelas cup minuman di jembatan lima Anda juga bisa menemukan perabotan makan plastik lain seperti box makan plastik.

Hal penting lainnya sebelum Anda beli gelas plastik adalah ukuran, untuk ukuran cup plastik 16 oz (470 ml)
dengan Diameter gelas  8 cm. Jadi sebelum mencari jual gelas plastik pastikan Anda sudah paham tentang ukuran gelas yang ingin digunakan nantinya.

Jenis gelas lainnya yang paling banyak digunakan oleh restoran, hotel, cafe dan kebutuhan dapur untuk rumah tangga adalah gelas melamin, Anda bisa mendapatkan harga gelas melamin 1 lusin murah hanya di Glori Melamin. Peralatan minum melamin tentu memiliki keunggulannya sendiri seperti lebih awet, SNI dan Food Grade.