Gelas Mug Bergambar Printing Favorite untuk Minum Kopi, Kado, Bahkan Souvenir

by | Dec 3, 2020 | Promosi | 0 comments

Rate this post

Gelas mug adalah salah satu tempat meminum minuman hangat seperti kopi dan teh atau jenis minuman hangat lainnya. Hadir dengan beberapa macam model dan juga desain gambar untuk lebih menarik konsumen membelinya. Tidak heran jika jenisnya semakin booming di pasaran.

Keberadaannya tidak lekang oleh waktu, membuat gelas mug sering dicari. Selain hanya sebagai tambahan koleksi membuat kopi dan teh, tidak jarang barang ini menjadi rekomendasi kado untuk yang terkasih. Nah, salah satunya desain yang sering dipesan karena bisa bebas memilih sesuai selera.

Bagaimana Cara Membuat Gelas Mug Bergambar dengan Mesin Press?

gelas Mug Glori Melamine

Ada beberapa metode membuat gelas mug. Metode pertama yang jaman dulu dibuat adalah dengan cara membentuk bahan tanah liat yang dibentuk sedemikian rupa lalu melalui beberapa proses dan bisa menghasilkan mug. Karena teknologi yang semakin maju membuat ilmuwan menciptakan mesin pres.

Mesin pres ini digunakan untuk membuat mug dengan cara yang lebih mudah. Maka dari itu, bisa kita lihat sekarang sudah banyak macam mug dengan bahan selain tanah liat. Bukan berarti tanah liat tidak digunakan lagi, namun masih digunakan. Biasanya mug ini sebagai wadah teh agar lebih wasgitel.

Kesuksesannya yang tidak sebentar dan kegunaannya membuat benda ini laris dipasaran, bahkan telah menjadi rekomendasi souvenir favorite dan juga kado. Harganya ramah dikantong, bukan sembarang barang yang artinya berguna bagi setiap orang, adalah beberapa alasan orang memilihnya.

Gelas Printing Kado Juga Souvenir Favorite dan Proses Pembuatannya

Jasa Cetak Gelas Mug Melamin Harga Terjangkau, Dijamin Tahan Lama

Terkadang ada sebagian orang bertanya-tanya bagaimana caranya menempelkan desain yang diminta ke permukaan gelas polos. Zaman yang modern sekarang ini membuat segalanya lebih mudah ya kawan. Hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari setengah jam untuk mencetak 1 gelas. Beginilah prosesnya:

1. Tentukan Dahulu Desain dan Tema yang Diinginkan
Hal ini menjadi bagian pertama proses karena dibutuhkan desain yang diinginkan konsumen untuk gelas mug sesuai seleranya. Biasanya pihak cetak desain menggunakan adobe illustrator, jika tidak bisa desain grafis, utarakan saja permintaan desain yang diinginkan pada pihak printing.

2. Siapkan Mug yang Sudah Dicoating
Biasanya mug yang digunakan berwarna polos. Proses coating dari mug diperlukan karena hasil cetak tidak akan bisa menempel jika mug belum melalui proses coating. Ciri mug yang sudah dicoating memiliki permukaan kasar dan terlihat glowing.

3. Cetak Hasil Desain dengan Kertas Inkjet
Kertas ini memang khusus untuk mencetak hasil desain yang akan ditempelkan pada mug dan sudah disiapkan pada tahap kedua. Cetak menggunakan mesin print lalu ganti tinta dengan tinta sublime. Menggunakan tinta biasa sampai kapan pun gelas tidak akan jadi.

4. Tempelkan Hasil Cetak Sublim ke Mug
Menempelkannya tidak dengan cara asal jika ingin menghasilkan mug yang bagus dan rapi. Hadapkan kertas sublim bergambar pada mug. Jadi antara gambar dan permukaan gelas menempel. Rekatkan menggunakan lakban atau selotip.

5. Siapkan Mesin Press dengan Suhu 180° C
Karena kertas sublim akan bekerja pada suhu yang tinggi. Dengan begitu gambar yang sudah didesain sebelumnya bisa menempel sempurna. Menggunakan mesin press ini tidak mudah juga gampang. Penggunaan suhu yang tinggi bisa menjadi gagal diproses sublimasi.

6. Keluarkan Gelas dari Mesin Press
Jika sudah terlihat berhasil menempel dengan sempurna pada gelas, kupas kertas dan gelas mug siap untuk dibungkus menjadi bingkisan indah untuk terkasih juga bisa menjadi souvenir cantik di acara penting Anda. Jangan lupa menggunakan sarung tangan saat mengambilnya.

Beberapa Faktor yang Memicu Kegagalan dalam Membuat Mug Printing

Walaupun terlihat mudah, ternyata membuat gelas mug printing tidak semudah itu. Ada beberapa faktor yang membuat proses sublimasi gagal. Jika sudah mengalami kegagalan jangan menyerah, yuk coba lagi cek penyebab kegagalan dibawah ini, mungkin salah satunya terjadi:

1. Hasil Desain yang Diprint Kurang Bagus
Mencetak atau print desain pada gelas mug sepertinya juga menjadi hal yang riskan untuk membuat sebuah mug printing. Karena tinta yang digunakan adalah tinta khusus sublim dengan kualitas yang bagus. Dari sinilah terkadang hasil cetak tidak sesuai harapan.
Penggunaan tinta cetak yang sembarangan menjadi pemicu gagalnya pembuatan gelas mug printing ini. Jika ingin memuaskan konsumen janganlah memakai bahan atau sesuatu dengan kualitas setengah. Namun harus mampu menyediakan layanan yang terbaik dan kualitas memukau.

2. Bahan Mug dengan Coating yang Kurang Bagus
Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa bahan utama jelas gelas mug. Berbagai gelas mug terlihat sama, tetapi ternyata kualitasnya berbeda. Faktanya terlihat dari mug yang memiliki coating rendah atau tidak baik. Sedangkan salah satu syarat khusus mug print adalah gelas bercoating terbaik.
Ketebalan coating menjadi hal utama untuk sebuah gelas mug yang akan dicetak menggunakan mesin press. Suhu yang tinggi bukan sepele untuk gelas. Dengan bahan coating kurang bagus, hasil akhir print juga akan terlihat tidak seperti harapan. Pilihan bahan berkualitas dengan coating terbaik.

3. Suhu dan Tekanan Mesin Press
Seperti pembahasan sebelumnya, bahwa suhu mesin press menjadi hal yang mudah tetapi terlihat sulit. Tekanan yang dihasilkan juga menjadi faktor utama kegagalan printing mug. Beginilah penjelasan untuk kedua faktor tak terduga itu.

4. Suhu Mesin Press Terlihat Mudah Tetapi Sulit Diperkirakan
Pengalaman dan ilmu yang tidak terbatas menjadi kunci utama membedakan berapa suhu terbaik untuk melakukan proses sublimasi desain gambar pada kertas ke permukaan gelas mug. Suhu terlalu tinggi akan mengubah warna gelas menjadi kuning atau kasus terburuk gosong.
Lalu berapa suhu yang tepat untuk mencetak satu desain ke gelas mug? Suhu yang dibutuh antara 180°-200° celcius. Waktu yang dibutuhkan saat mempres adalah 12 menit untuk menghasilkan kualitas gambar yang terbaik.

5. Tekanan Pada Mesin Press, Dibatas Rendah dan Menengah
Menekan barang mudah pecah seperti gelas mug menjadi hal wajar untuk di pertimbangkan. Jika terlalu kuat meletakkan tekanannya menjadikan gambar tidak bisa ditransfer pada permukaan gelas dan sebaliknya, jika terlalu longgar juga tidak akan berhasil. Sebaiknya cek tekanan pada mesin saat akan memulai.

Tips saat mengatur tekanan mould adalah jangan terlalu menekan tetapi menekan dengan cukup. Pastinya Anda tahu bagaimana menekan dengan tekanan rendah, menengah dan tinggi. Namun, untuk proses mempres gelas mug tidak dibutuhkan yang tinggi antara rendah dan menengah.

Jasa Cetak Gelas Mug Melamin Glori Melamine

Glori Melamin menyediakan jasa cetak gelas mug melamin custom order, untuk Anda pemilik restoran, hotel dan café gelas mug kami sangat cocok untuk bisnis Anda, hubungi marketing kami untuk mendapatkan harga special Sekarang juga.

Beberapa info tentang gelas mug sepertinya sudah dirasa cukup. Untuk Anda yang tertarik berbisnis printing gelas atau bahan lainnya, pembahasan kali ini bisa dijadikan sedikit ilmu sebelum memulainya. Untuk pemesanan, pastikan memilih tempat jual yang terpercaya. Pastikan pula memilih desain semenarik mungkin agar terkesan kekinian dan juga berkualitas.