Cangkir Kopi Elektrik yang Aman untuk Anda Pakai Sehari-hari

by | Mar 9, 2021 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Cangkir Kopi Elektrik dapat menjadi solusi untuk membuat minuman tetap terasa hangat meski dalam jangka waktu lama. Hal ini karena produk tersebut dapat merebus air menggunakan daya listrik. Yaitu untuk mempermudah para penggunanya tanpa harus memanaskan secara manual diatas kompor.

Fungsi Cangkir Kopi Elektrik

Kemajuan teknologi melatarbelakangi banyak produk baru yang muncul, tidak terkecuali cangkir kopi elektrik. Kepraktisan membuatnya banyak dipilih, terutama masyarakat dengan tingkat kesibukan tinggi. Oleh sebab itu saat bekerja tidak perlu lagi repot menghangatkan menggunakan kompor.

  1. Pemanas Kopi

Kopi merupakan yang disarankan untuk diminum selagi hangat, namun seringkali kesibukan mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah membuatnya sampai dingin. Oleh sebab itu, Anda dapat memanaskan melalui cangkir elektrik sehingga tidak perlu menggunakan kompor.

Sebelumya pastikan pada penyambungnya dengan listrik dalam keadaan kering dengan tujuan menghindari terjadinya korsleting. Apabila masih basah karena proses pencucian, maka gunakan saja cara manual atau bersihkan menggunakan bahan yang menyerap air dengan baik misalnya tisu.

  1. Melindungi dari Kotoran

Desain dari cangkir elektrik ini memiliki penutup yang rapat, untuk itu bisa membuatnya lebih kedap kotoran. Produk ini juga terbilang aman karena penggunaannya dalam waktu singkat dan jumlahnya lebih sedikit. Dengan begitu, hemat energi untuk itu tidak khawatir tagihan listrik akan membengkak.

Dewasa ini, cangkir elektrik banyak peminatnya dari berbagai kalangan. Hal ini selain karena kepraktisannya juga desainnya menarik. Bahannya sendiri terdiri dari stainless steel yang membuatnya tidak mudah berkarat serat tahan lama jika Anda melakukan perawatan dengan benar.

  1. Wada Kopi Multifungsi

Selain sebagai wadah cangkir elektrik juga dapat memanaskan minuman. Jika Anda suka menghirup aroma dari teh atau kopi, maka akan cocok menyeduhnya langsung dari produk tersebut. kegiatan seperti ini dipercaya dapat mengurangi stress berlebihan pada manusia.

Saat menggunakannya periksa terlebih dahulu voltasenya agar saat menggunakan bersamaan dengan peralatan elektronik lainnya. Pastikan juga mengaplikasikan bahan berkualitas tinggi, supaya tidak menimbulkan masalah suatu hari nanti misalnya mudah berkarat atau timbul bau tidak sedap.

Tips Jitu Memilih Cangkir Kopi Elektrik yang Aman

Memilih cangkir elektrik sendiri tentu tidak boleh sembarangan, karena berkaitan erat dengan daya tahan serta keamanannya. Pastikan menggunakan produk yang dilengkapi berbagai fitur. Saat merebus atau memanaskan kopi, usahakan tidak terlalu lama. Berikut ulasan lebih lengkapnya:

  1. Perhatikan Fitur Keamanannya

Sebelum melakukan pembelian penting untuk memperhatikan tingkat keamanannya, seperti perlengkapan elektronik lainnya. Sebab produk ini tentu dapat rusak dan berbahaya jika Anda tidak dapat menggunakannya dengan baik. Oleh karenanya pastikan ada berbagai fitur tambahan.

Pilih produk yang memiliki fitur tombol safety lock untuk mencegah air panas tumpah ke luar apabila cangkir terjatuh. Hal penting lainnya adalah boil-dry yaitu berfungsi menghentikan proses pemanasan jika cangkir sudah kosong. Sistem kerjanya yakni akan mati secara otomatis sehingga lebih aman.

  1. Pilih Material Sesuai Kebutuhan

Hal penting yang perlu Anda perhatikan saat memilih cangkir kopi yaitu materialnya. Usahakan tidak menentukannya secara sembarangan, karena bisa mengakibatkan cepat rusak atau bahkan gagal fungsi. Sebaiknya jangan cepat tergiur dengan harga murah, perhatikan ulasan berikut ini:

  • Kaca

Cangkir yang terbuat dari kaca bening bisa memudahkan Anda untuk mengecek keadaan air apakah sudah mendidih atau belum. Namun bobotnya sendiri lebih berat jika berbanding dengan bahan plastik. Oleh sebab itu jika membawanya untuk bepergian pilih ukuran kecil atau sedang.

  • Plastik

Resin atau plastik sendiri merupakan material paling standar yang digunakan untuk cangkir elektrik. Produk satu ini juga memiliki banyak peminat, karena kepraktisannya serta bobotnya cukup ringan sehingga jika Anda bawa bepergian tidak terlalu memberatkan misalnya untuk mendaki atau berlibur.

  • Baja Anti Karat

Material baja anti karat dapat bertahan dalam jangka waktu lama, disamping itu juga membuat tampilannya lebih mewah serta elegan. Keunggulan lainnya yaitu memiliki kemampuan cukup tinggi untuk menjaga kopi agar tetap panas, namun bahannya cukup berat jika ukurannya besar.

  1. Periksa Konsumsi Daya Listrik

Biasanya semakin besar kapasitas, maka konsumsi dayanya juga lebih tinggi. Cangkir elektrik yang tersedia di pasaran, umumnya memiliki sekitar 400 – 1.300 watt. Hal ini juga akan mempengaruhi tingkat kecepatan perebusan, semakin besar maka akan lebih mengefektifkan waktu.

Sebelumnya perlu Anda perhatikan, hal ini juga akan mempengaruhi penggunaan daya. Apabila listrik di rumah berkapasitas kecil, sebaiknya memilih yang wattnya rendah. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kelebihan tegangan karena dapat mengakibatkan terjadinya hal buruk misalnya konsleting.

  1. Pilih Ukuran Cangkir yang Tepat

Bagi Anda yang suka traveling bisa menggunakan ukuran kecil sampai sedang, karena jika besar bisa memberatkan saat di perjalanan. Usahakan menyesuaikan dengan kebutuhan baik dengan dimensi 500 ml atau 1,5 liter. Ada baiknya melihat fungsinya terlebih dahulu agar tidak salah pilih.

Membuat satu cangkir kopi, umumnya menggunakan air sekitar 140 ml, sedangkan jika untuk mie maka sekitar 300 ml sampai 500 ml. Sebagai acuan, sesuaikan dengan jumlah kebutuhan setiap harinya, supaya menghemat energi karena semakin banyak kapasitas maka voltasenya meningkat.

  1. Periksa Fitur dan Kegunaan Lainnya

Awal penciptaannya, produk ini hanya dapat untuk memanaskan minuman, namun untuk menjawab tuntutan pasar kini ada beberapa fitur tambahan. Salah satu fungsinya yaitu dapat menyimpan panas mencapai satu jam. Sebab, bisa membuatnya sangat praktis dan dapat menghemat energi.

Suhunya juga dapat pengguna atur dengan mudah, namun sebelum membelinya pastikan budget mencukupi karen umumnya harganya lebih mahal. Alasannya, berkaitan dengan kualitas serta fitur tambahannya. Agar bisa tahan lama, pastikan juga Anda melakukan perawatan dengan baik.

  1. Perhatikan Penutup Cangkir

Cangkir akan mudah dingin apabila penutupnya tidak rapat, selain itu dapat terhindar dari kotoran. Sebenarnya bentuk dari produk ini layaknya pada umumnya, namun terdapat tingkat kerapatan berbeda tergantung bahannya baik dari kaca, stainless steel, maupun plastik.

Desain dari cangkir umumnya sama perbedaannya terdapat di ukuran. Agar lebih menarik, usahakan memilih warna sesuai keinginan, sebaiknya hindari yang cerah karena akan terlihat cepat kotor atau pilih kombinasi agar tetap estetik.

  1. Pilih Sesuai Konsep

Bagi Anda yang ingin mendirikan usaha coffee shop, ada baiknya menentukan konsep terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar bisa menentukan produk serta perlengkapan tambahan yang akan digunakan. Poin paling penting selain rasa dan tempat strategis adalah keunikannya.

Baca Juga : Desain Cangkir Kopi Kekinian yang Unik

Perkembangan dunia modern mempengaruhi beberapa sektor kehidupan masyarakat, tidak terkecuali cangkir elektrik. Bentuknya sendiri saat ini semakin beragam, meskipun termasuk produk lama namun peminatnya cukup banyak dengan berbagai keperluan.

Demikian penjelasan mengenai cangkir kopi elektrik yang bisa menjadi referensi jika nantinya ingin membuatnya sebagai souvenir, koleksi, maupun membangun usaha coffee shop. Produk-produk tersebut bisa menambah daya tarik karena memunculkan kesan unik dan menarik.