Cangkir Kopi Cappucino yang Banyak Peminat

by | Mar 1, 2021 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Menggunakan cangkir kopi cappucino merupakan salah satu kekhasan dari cafe dengan konsep kekinian. Minuman ini identik dengan gaya kekinian dengan penikmat para remaja serta kebanyakan kalangan menengah atas, daya tariknya sendiri terletak pada motifnya.

Beberapa Ciri Khas Cangkir Kopi Cappucino

Setiap cafe memiliki ciri khas tersendiri untuk memilih ukuran serta bentuk dari gelas capucino. Hal ini tergantung dengan kesan yang ingin mereka sampaikan kepada para pelanggannya. Agar lebih nikmat saat menikmatinya, seringkali desain ruangan dibuat klasik. Berikut ulasannya:

  1. Tersedia Berbagai Ukuran dan Tingkat Ketebalan

Perkembangan coffee shop di Indonesia menjadi salah satu penyebab dari beragamnya ketersediaan ukuran gelas. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dari para pembeli, namun saat menikmati capucino umumnya menggunakan yang sedang. Berikut rinciannya:

  • Ukuran 320 ml

Ada beberapa kedai kopi yang menggunakan ukuran yang terbilang cukup besar ini. Salah satu alasannya adalah sulitnya menemukan gelas dengan kapasitas sedang. Meskipun demikian tidak mengurangi nilai estetisnya, karena bergantung pada desain dari hiasan permukaan kopi.

  • Ukuran Standar 220 ml

Tingginya konsumen terhadap kopi, membuat para pemilik usaha cafe bersaing untuk memberi layanan terbaik. Menggunakan ukuran gelas sesuai standar menjadi trik menarik minat para pecinta minuman satu ini, namun hal ini seringkali terkendala karena di Indonesia ketersediaannya terbatas.

  • Ukuran 180 ml

Penggunaan ukuran gelas berapapun sebenarnya bukan indikator utama menentukan banyaknya pelanggan, karena yang terpenting adalah rasa serta keunikan dari motif. Pada umumnya jika menggunakan gelas kecil, maka kemungkinan tujuan utamanya adalah untuk menonjolkan rasa.

  • Ukuran 165 ml

Umumnya gelas jenis ini digunakan untuk penyajian kopi, namun beberapa tempat membuat cappucino. Hal ini karena sulitnya menentukan takaran, selain itu tingkat kesulitan membuat motif pada permukaannya menjadi lebih tinggi sebab ukurannya cukup kecil.

2. Bahannya Ringan serta Tahan Lama

Minuman yang sudah ada sejak berapa tahun silam memiliki banyak peminat dari berbagai kalangan dengan kecenderungan usia yaitu remaja. Pada masing-masing jenis, memiliki ciri khasnya misalnya saja pada capucino, salah satunya yaitu terletak pada gelas serta ukurannya.

Pada awal perkembangannya, cangkir hanya diproduksi dari tanah liat karena guna mengurangi rasa panasnya saat tersentuh, namun kalornya dapat tersimpan dengan baik. Hal ini membuatnya tetap hangat meski Anda biarkan cukup lama, inilah salah satu alasan mengapa banyak peminat.

3. Bentuk Cangkir yang Cenderung Simpel

Umumnya gelas cappucino yang beredar di pasaran berbentuk setengah lingkaran berwarna putih. Hal paling penting adalah tingkat rasa serta desain yang terdapat pada permukaan. Saat ini penjual perabotan rumah tangga sudah menyediakan berbagai jenis produk tersebut.

Ukurannya sendiri cukup beragam, sehingga Anda dapat memilih sesuai kebutuhan. Produk minuman asal Italia ini, di indonesia sudah mengalami perkembangan pesat karena memiliki banyak peminatnya. Buktinya adalah banyaknya coffee shop yang menyediakan pilihan rasa.

Alasan Orang Menggunakan Cangkir Kopi Cappucino

cangkir kopi keramik model abstrak

Cappucino sendiri adalah salah satu minuman khas Italia yang terdiri dari 1/3 espresso, susu steamed, dan 1/3 busa susu. Bahan yang mereka aplikasikan tentu tidak sembarangan, karena dapat mengakibatkan kesulitan saat mendesain gambar. Berikut ini ulasan lengkapnya:

  1. Terbuat dari Bahan Pilihan
    Bahan pembuatan gelas cangkir kopi capucino tentu tidak sembarangan yang bertujuan agar tidak mudah pecah. Dahulunya materialnya yaitu porselen, keramik, kaca, dan logam namun jenis tersebut harganya lebih mahal dan rawan pecah. Hanya saja tetap ada penggunanya namun untuk koleksi pribadi.Penggunaannya secara meskipun dapat memberi daya tarik tersendiri, namun dari segi harga kurang mendukung. Hal ini karena material tersebut umumnya berfungsi pada zaman dahulu, sehingga termasuk produk antik. Biasanya bisa mendapatkanya dari para penjual barang lama atau kolektor.
  2. Gelasnya Cenderung Tebal
    Saat ini bahan yang paling banyak digunakan adalah polystyrene, yaitu jenis plastik yang sangat ringan serta tidak mudah rusak maupun pecah sehingga sangat cocok untuk minuman dingin. Selain juga terdapat gelas dengan material kertas, namun umumnya untuk kopi panas.Bahan polystyrene merupakan busa padat berwarna putih dan cukup tebal. Namun ada lapisan plastik untuk membuatnya kedap air, penggunaannya sendiri sangat cocok untuk minuman panas. Oleh sebab itu pada umumnya berfungsi untuk membuat gelas cappucino dengan berbagai ukuran.
  3. Memiliki Bentuk Simpel Namun Estetik
    Bentuk dari cangkir cappucino yaitu setengah lingkaran dengan warna putih, hal ini membuatnya terkesan lebih elegan. Agar semakin nyaman, pemilik cafe mendesain ruangannya bergaya klasik modern yaitu dengan memadukan antara coklat serta putih dan ditambah lampu estetik. Desain dari gelasnya sendiri seringkali polos tanpa adanya motif, kemungkinan tujuannya adalah untuk menonjolkan rasa serta menampilkan kesan sederhana. Dalam sajian capucino harus tercium aroma kopi berpadu dengan lembutnya susu yang cocok Anda minum saat hangat.
  4. Memiliki Pegangan
    Banyak peminat kopi, membuat perusahaan gelas berinovasi membuat beberapa bentuk menyesuaikan dengan penggunaannya, tidak terkecuali untuk wadah minuman cappucino. Meskipun demikian desainnya sangat simpel, karena sebagian besar tanpa motif hanya saja ada pegangan. Pegangannya sendiri tidak terlalu kecil maupun besar, namun tetap nyaman saat Anda gunakan untuk minum. Hal ini bertujuan untuk mengurangi panas yang timbul dari cappucino sehingga dapat dinikmati selagi masih hangat. Sebelumnya siapkan tisu untuk membersihkan sisa minuman di mulut.
  5. Tidak Terlalu Berat
    Hal ini karena bahan dari gelas sendiri cenderung ringan, supaya saat menikmatinya lebih nyaman, umumnya pelanggan juga akan disediakan tatakan. Sebelumnya penting Anda ketahui, buih dari cappucino dapat menempel pada mulut, untuk itu persiapkan pembersih bisa saputangan / tisu.

Jenis bahan polystyrene sendiri memang cukup ringan meskipun dimensinya cukup tebal, namun material tersebut sempat ada keraguan terkait tingkat keamanannya. Penyebabnya adalah sulit untuk didaur ulang, tetapi penggunaannya sendiri tidak hanya untuk sekali pakai bahkan bisa berkali-kali.

Baca Juga : Cangkir Kopi Batok Kelapa dan Ulasan Menarik Lainnya

Demikian penjelasan terkait dengan cangkir kopi cappucino yang perlu Anda ketahui untuk menunjang nantinya supaya dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Setidaknya tersedia 4 ukuran dengan bentuk sama namun berbeda dalam segi dimensinya.