Inilah Macam-macam Alat Alat Memasak yang Wajib Anda Miliki

by | May 5, 2022 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Bagi Anda yang sudah berkeluarga dan hendak menempati rumah baru, tentu semua harus direncanakan matang-matang terlebih dahulu. Mulai dari rumah, hingga isi rumah yang akan ditempati. Salah satu hal yang tidak kalah penting adalah dengan melengkapi dapur Anda dengan berbagai alat alat memasak.

Alat – Alat Masak

Bila Anda masih merasa bingung dengan peralatan masak apa saja yang harus Anda beli, berikut ini kami paparkan beberapa alat alat memasak yang harus dimiliki setiap rumah:

  1. Kompor Gas
    Tentu saja, setiap rumah harus memiliki setidaknya satu unit kompor. Untuk menunjang kebutuhan di rumah Anda, pilihlah kompor yang memiliki 2 tungku agar memasak menjadi lebih efisien. Selain itu, pilihlah selang gas serta regulator yang telah memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI), serta sebuah tabung gas 3 Kg.
  2. Wajan
    Untuk kebutuhan memasak di rumah, Anda wajib memiliki wajan di rumah Anda. Belilah satu buah wajan teflon terlebih karena memiliki lapisan anti lengket serta lebih mudah dibersihkan dengan sabun cuci piring. Namun bila Anda juga ingin membuat masakan berupa tumisan di rumah, Anda juga bisa membeli wajan aluminium berukuran sedang.
  3. Sutil
    Untuk membantu Anda dalam menggoreng di rumah, pastikan untuk memiliki setidaknya satu buah sutil. Bila Anda hanya memiliki wajan teflon di rumah, lebih baik untuk menggunakan sutil berbahan kayu. Pasalnya, sutil berbahan besi dapat merusak lapisan wajan teflon jika digunakan. Gunakan sutil besi untuk wajan aluminium.
  4. Panci
    Memiliki panci memang menjadi hal yang sangat penting karena dapat digunakan untuk memasak berbagai sayur ataupun merebus air untuk membuat teh dan kopi. Sebagai saran, Anda harus memiliki setidaknya dua buah panci dengan ukuran kecil dan sedang.
  5. Sendok Sayur
    Bila memiliki panci, mungkin Anda akan berpikiran untuk membuat sayur berkuah . Oleh karena itu, Anda harus memiliki setidaknya dua buah sendok sayur seperti sendok sup besar dan juga sendok sup kecil agar dapat memasak dengan lebih mudah.
  6. Pisau
    Pisau menjadi alat memasak yang penting karena akan selalu digunakan untuk memotong berbagai bahan masakan. sehingga, belilah pisau lebih dari satu dengan ukuran yang berbeda. Pisau kecil digunakan untuk memotong sayuran, sedangkan pisau besar digunakan untuk memotong daging.
  7. Talenan
    Untuk talenan, Anda bisa memilih antara talenan karet, kayu, ataupun plastik. Namun sebagai saran, gunakanlah karet karena lebih mudah dibersihkan serta tidak mudah rusak, walaupun tidak seawet talenan kayu
  8. Cobek
    Meskipun lebih mudah jika menggunakan blender, menghaluskan bumbu dengan cobek justru membuat cita rasa masakan menjadi lebih nikmat. Oleh karena itu, Anda wajib memiliki satu buah cobek beserta tumbukannya di rumah Anda.
  9. Parutan
    Baik parutan kelapa ataupun parutan keju, keduanya cukup wajib untuk Anda miliki di rumah. Terlebih, parutan kelapa akan lebih sering digunakan untuk memasak di rumah.
  10. Saringan
    Anda juga harus memiliki setidaknya dua buah saringan, karena alat ini akan sering anda gunakan untuk menyaring bahan makanan yang mungkin masih panas.
  11. Rice Cooker
    Karena masyarakat Indonesia selalu makan nasi, maka Anda perlu membeli satu buah rice cooker agar bisa menanak nasi dengan lebih mudah.

Baca Juga : Rekomendasi Nampan Melamin Putih Dengan Berbagai Warna dan Motif

Demikian beberapa alat alat memasak yang wajib Anda miliki di rumah. Semua alat masak tersebut dapat Anda beli di pasar dengan harga yang murah. Sehingga, Anda juga dapat menghemat pengeluaran.