Promo Baby Set Diskon 25% Glori Melamine

Hello Bunda di Rumah, Berikut Tips Membersihkan Peralatan Makan Bayi

Bagi seorang ibu, kebutuhan anak adalah hal yang nomor satu. Artinya, apapun yang diberikan kepada buah hati pasti menjadi hal yang utama salah satunya dalam hal kebersihan. Terutama saat anak masih berusia kurang dari 12 bulan, kebersihan alat alat yang digunakan sangat perlu diperhatikan. Hal ini menjadi hal utama yang harus dipelajari oleh seorang ibu. Jadi, bagaimana langkah langkahnya? Agar tak bingung, mari lihat tips membersihkan peralatan makan bayi dan mensterilkan peralatan makan dan minum si buah hati dengan baik

Tips Membersihkan Peralatan Makan Bayi

1. Bilas dan bersihkan dengan air mengalir

Setelah pemakaian, cuci bersih dibawah air mengalir. Namun, sebelumnya jangan lupa untuk membuang sisa makanan atau minuman di dalam peralatan makan dan minum. Cuci bersih hingga tidak tersisa bau.

2. Rendam peralatan di air hangat

Untuk membantu sterilisasi peralatan makan dan minum milik bayi, rendam peralatan pada air hangat kurang lebih 10-15 menit. Air hangat membantu membunuh kuman yang masih tersisa terutama pada peralatan dengan bahan dasar plastic. Setelah selesai direndam, maka langsung keringkan dengan lap atau dengan tisu.
Untuk peralatan yang dilengkapi dengan tutup nya, jangan menyimpan dalam keadaan tertutup karena jika saat disimpan dalam keadaan tertutup masih lembab, justru akan menimbulkan tumbuhnya jamur dan bau yang kurang sedap dan susah untuk dibersihkan.

3. Letakkan pada baskom yang tidak digunakan untuk kegiatan lain

Simpan pada wadah atau baskom yang memang dikhususkan untuk menyimpan peralatan makan dan minum milik sang bayi. Pastikan bahwa wadah tersebut tidak digunakan untuk menyimpan peralatan yang lain atau digunakan untuk kegiatan yang lain.
Letakkan wadah tersebut pada tempat yang terjangkau dan juga pastinya pastikan area sekitar bersih. Hal ini untuk memastikan bahwa saat disimpan, peralatan makan dan minum bayi tetap steril sebelum digunakan kembali.

Baca Juga : 3 Hal Penting yang Perlu Kamu tahu tentang Kualitas Menu Masakan

4. Sebelum dipakai, bilas sedikit dengan air galon

Sebelum digunakan, hendaknya bilas dengan air minum atau ai gallon yang digunakan, bukan menggunakan air keran. Hal ini untuk membersihkan bakteri yang ada selama disimpan.

Jika tidak ingin menggunakan cara tradisional dan ingin lebih praktis, sekarang ini sudah banyak yang menjual peralatan yang khusus digunakan untuk mensterilisasi peralatan makan dan minum. Sterilisasi nya pun beragam ada yang sterilisasi dingin dan ada juga yang sterilisasi panas. Untuk sterilisasi dingin, dibutuhkan waktu untuk merendam kurang lebih 30 menit.

Jika dalam waktu terdesak, atau buru buru manfaatkan microwave yang ada di rumah untuk membantu mensterilkan peralatan makan bayi. Sebelum dipanaskan, pastikan anda memiliki wadah nya yang dapat dibeli di pasaran. Panaskan pada microwave kurang lebih 4-9 menit lamanya. Jika pada kemasan peralatan terdapat petunjuk peraturan, maka disarankan ikuti petunjuk nya.

Sumber : bayimu.com

Semoga bermanfaat ya bun 🙂

Related News