Blog, Kuliner

Mie SOBA, Masakan Khas Orang Tokyo Jepang Asli, Enak dimakan baik Dingin maupun Panas

Soba merupakan masakan mi tradisional Jepang yang dibuat dengan bahan utama tepung gandum, yang terkenal seperti Tempura dan Sushi.

Mie soba, mie asal negeri Sakura ini memang belum sefamiliar dua jenis mie asal Jepang lainnya yaitu ramen dan udon. Soba merupakan mie asli Jepang yang dibuat dari gandum. Menurut jenisnya soba terbagi dua menjadi soba dingin dan soba panas.

Masakan Mie Soba Asli Masakan Khas Jepang

Soba (蕎麦 atau そば?) adalah salah satu jenis mi Jepang yang dibuat dari tepung gandum kuda. Dalam bahasa Jepang, tumbuhan serealia gandum kuda juga disebut “soba”. Selain itu, istilah “soba” juga bisa berarti mi telur asal Cina yang dimasak menjadi yakisoba atau ramen.

Orang Jepang mempunyai tradisi memakan soba di malam tahun baru. Soba yang dimakan di malam tahun baru disebut toshikoshi-soba (soba melewatkan tahun). Selain itu juga terdapat tradisi memakan soba sewaktu baru pindah rumah. Soba yang dimakan untuk merayakan tempat tinggal yang baru disebut hikkoshi-soba (soba pindahan). Ref : wikipedia

Selain soba dengan kuah yang hangat, pada umumnya ada juga Zaru Soba * dan Mori Soba yaitu Soba yang setelah matang kemudian diletakan di atas keranjang bambu hingga dingin, kemudian dimakan dengan dicelupkan ke dalam kuah. Soba merupakan salah satu masakan yang melekat di makanan sehari-hari orang Jepang yang dijual dimana-mana mulai dari restoran khusus Jepang, Kios Soba berdiri, dan juga soba kup instan yang dimasak hanya dengan menuangkan air panas. ※ Soba yang diatasnya ditaburi rumput laut disebut dengan [Zaru Soba], dan soba yang diatasnya tidak ditaburi dengan rumput laut disebut dengan [Mori Soba].
Kuah Soba ala Tokyo Edomae baik rasa dan warnanya pekat, sedangkan ala Kansai memiliki warna dan rasa yang ringan.

Kuah Soba ala Tokyo terbuat dari kuah dari kaldu Bonito dicampur dengan kecap asin yang pekat, arak, dan gula yang direbus, sehingga memiliki warna dan rasa yang pekat. Sedangkan Soba ala Kansai selain menggunakan kuah dari kaldu bonito juga menggunakan rumput laut, dan menggunakan kecap asin yang tidak pekat sehingga warnanya juga tipis.

Mie Soba dimakan dengan cara dicucup sehingga bersuara?

Mie SOBA, Masakan Khas Orang Tokyo Jepang Asli, Enak dimakan baik Dingin maupun Panas

Mie SOBA, Image : livejapan.com

Bumbu pelengkap yang digunakan untuk Soba selain bawang daun serut sesuai selera adalah Shichimi Togarashi (Cabe bubuk 7 rasa) untuk Soba yang hangat, dan Wasabi untuk Soba yang dingin yaitu Mori Soba atau Zaru Soba. Restoran soba pada umumnya akan mengeluarkan Soba Yu (Air Panas Soba), air panas yang digunakan untuk merebus soba pada saat selesai makan Mori Soba atau Zaru Soba. Merasakan kuah Soba yang telah diencerkan dengan Air Panas Soba ini juga merupakan salah satu cara menikmati rasa lezat setelah makan Soba dingin. Kebanyakan tata krama di mancanegara adalah tidak boleh makan mie sambil dicucup sehingga bersuara, tetapi khusus untuk Soba atau Udon Jepang, mencucup mie nya hingga bersuara tidak melanggar tata krama yang ada. Dikarenakan hal tersebut dianggap untuk menikmati aroma soba dengan cara mencucup mie bersama dengan udara.

Sumber : menu-tokyo.jp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *