Blog, Kuliner

5 Tips Berkunjung ke Festival Kuliner, Datang ramai-ramai, ajak teman, saudara, atau pacar kamu

bersantai dan nikmati festival kuliner, tidak perlu terburu-buru.

5 Tips Berkunjung ke Festival Kuliner – Datang ke Festival Kuliner tidak melulu tentang makanan unik saja, dibawah ini beberapa tips agar kamu bisa memaksimalkan waktu dan perutmu nanti!

Mengunjungi Festival Kuliner…

Seperti yang kita ketahui bahwa Negara Indonesia kaya akan keanekaragaman suku, budaya, ras, adat istiadat, dan agama. Dari keanekaragaman tersebut, pastilah melahirkan ribuan kuliner khas nusantara yang memiliki cita rasanya masing-masing. saking banyaknya, tidak terbayangkan butuh berapa lama waktu yang mesti kita habiskan apabila ingin mencicipi semua kuliner khas nusantara.

Tapi tenang saja, bukan berarti kita tidak bisa mencicipi kuliner nusantara tanpa harus datang ke kotanya langsung, pasalnya setiap daerah di Indonesia biasanya punya festival kuliner nusantara yang bisa kita kunjungi.

Nah, ini adalah kesempatan kita untuk mencicipi cita rasa makanan khas dari berbagai daerah tanpa harus menghabiskan banyak waktu dan biaya. Karena kita hanya tinggal datang ke satu event, dan memilih makanan dari daerah mana yang ingin kita coba. Berikut beberapa tips yang bisa kita coba saat datang ke festival kuliner.

1. Datang ramai-ramai, ajak teman, saudara, atau pacar kamu

lebih seru ke festival kuliner bersama orang lain.

Foto : lebih seru ke festival kuliner bersama orang lain.

Makan beramai-ramai memang asik, kita bisa sambil mengobrol santai dan bercanda tawa. Terlebih lagi kalau kita datang ke festival kuliner, tak hanya sharing cerita saja, kamu juga bisa sharing makanan.

Kalau kamu datang ke event kuliner dan memang bermaksud untuk mencoba berbagai macam jenis kuliner, jangan datang sendirian. Perut kamu dijamin tidak cukup untuk menampung semua makanan yang ada di event tersebut.

Coba datang bersama teman-teman atau keluarga. Kalian bisa saling mencicipi makanan satu sama lain, alhasil walaupun kamu hanya membeli satu jenis makanan, kamu tetap bisa mencoba makanan yang lain lewat hal tersebut. Dari segi biaya pun jadi jauh lebih murah kan.

BACA JUGA : 15 Hidangan Kuliner Unik Street Food Ini Banyak Peminatnya

2. Jangan tidak makan sebelumnya

Isi perutmu walaupun sedikit, untuk menghindari perut sakit karena kekenyangan.

Foto : Isi perutmu walaupun sedikit, untuk menghindari perut sakit karena kekenyangan.

Melihat banyaknya ragam makanan di depan mata mungkin akan membuatmu kalap dan lapar mata, pasti kamu memiliki keinginan untuk mencoba semua jenis makanan yang ada.

Untuk mengantisipasi rasa kenyang sebelum waktunya, alias kenyang saat kamu masih ingin coba ini itu, kamu berpikir untuk tidak makan sebelum datang ke festival kuliner tersebut, namun hal itu justru salah besar. Karena ketika kamu tidak makan seharian, lalu tiba-tiba makan banyak, kamu akan merasa cepat kenyang. Sama seperti saat kamu puasa, setelah seharian tidak makan, pada waktu buka puasa kamu cenderung akan cepat kenyang.

Usahakan tetap makan walaupun sedikit sebelum kamu datang ke festival kuliner. Kamu bisa coba makan selembar roti atau buah.

3. Jangan cuma makan makanan berat, coba juga makanan ringan dan minuman khasnya

jangan lupa juga coba makanan ringan unik dan khas.

Foto : jangan lupa juga coba makanan ringan unik dan khas.

Kalau kamu ingin coba banyak makanan, jangan terpaku dengan makanan-makanan berat saja, coba makanan ringan ataupun minuman khas dari daerah lain yang dijual di festival kuliner tersebut. Karena porsi makanan berat yang cenderung banyak, kamu akan cepat merasa kekenyangan. Imbangi dengan makanan yang ringan agar tidak memberi tekanan berlebih kepada perutmu.

Di event seperti ini juga merupakan kesempatan kamu untuk mencoba minuman khas dari daerah lain lho. Jarang-jarang kan kamu bisa mencicipi minuman yang unik-unik.

4. Cari momen unik saat kamu motret makanan

di festival kuliner kamu bisa juga cari momen untuk foto kece.

Foto : di festival kuliner kamu bisa juga cari momen untuk foto kece.

Buat kamu para food blogger atau ‘anak instagram’ masa kini, pasti kamu tidak mau ketinggalan untuk mengambil foto makanan-makanan yang ada di depan mata kamu.

Coba sekali-kali jangan hanya terfokus dengan makanan yang ada di meja kamu saja. Coba cari momen unik untuk difoto selain makanan yang ada di tangan kamu. Kamu bisa foto pedagang yang sedang memasak, bara api yang menyala saat membakar sate, atau ekspresi penjual yang sedang meracik makanan. Pasti banyak keunikan yang bisa kita temui, tidak melulu ‘photo before fork’ saja, alias mengambil foto makanan di meja makan.

5. Jangan terburu-buru

bersantai dan nikmati festival kuliner, tidak perlu terburu-buru.

Foto : bersantai dan nikmati festival kuliner, tidak perlu terburu-buru.

Mendatangi festival kuliner bukan hanya tentang makan dan minum saja, tapi kamu juga harus menikmati suasana santai bersama teman-teman, atau dengan dirimu sendiri apabila kamu datang sendirian.

Nikmati setiap suapan yang ada di piringmu, janganlah terburu-buru. Makan dengan perlahan sama saja menyayangi organ pencernaanmu, dan menikmati setiap gigitan yang masuk ke dalam mulut juga bisa membawa kebahagiaan.

Jangan lupa untuk memberi jeda sehabis makan yang satu sebelum ke makanan yang lain. Dijamin kamu akan bisa lebih menikmati hidangan yang ada di depanmu.

BACA JUGA : 5 Restoran Paling Mewah di Jakarta,Tentunya Anda harus berkantong tebal

***

Jadi untuk kamu yang sudah mempunyai rencana untuk datang ke festival kuliner di waktu mendatang, coba beberapa tips diatas agar kamu bisa lebih menikmati seninya datang ke festival kuliner. Selain kamu bisa mencicipi berbagai macam makanan unik yang belum kamu coba sebelumnya, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan yang lain seperti memaksimalkan waktu bersama sahabat dan keluarga, atau sekadar memanjakan diri sendiri dengan menikmati makanan yang ada di depanmu.

Selamat mencoba!

Sumber : phinemo