Blog, Tips Memasak

Resep Membuat Bulgogi, Masakan khas Korea yang Enak

Resep Membuat Bulgogi, Masakan khas Korea yang Enak

Resep Membuat Bulgogi, Masakan khas Korea yang Enak – BULGOGI ini memang memiliki penampilan dan cita rasa yang ‘hampir’ mirip dengan semur. Bedanya bulgogi tidak semanis semur dan ciri khas utamanya adalah pada taburan wijen panggang yang menyelimuti permukaan daging sapi berbumbu yang tidak kita temukan pada semur. Selain itu bumbu bulgogi sangat sederhana dan menggunakan kecap asin dan minyak wijen yang jarang digunakan di masakan Indonesia. Bagi anda yang tidak terbiasa dengan rasa minyak wijen yang sedikit unik mungkin akan mengernyitkan kening saat potongan daging pertama memasuki mulut.

Resep Membuat Bulgogi, Masakan khas Korea yang Enak

Bulgogi adalah makanan daging khas Korea yang terkenal karena kelezatannya. Bulgogi memanfaatkan daging sirloin dan bumbu-bumbu khusus yang bisa menghasilkan cita rasa unik dan enak. Daging sirloin sebagai bahan pembuatnya sendiri adalah daging sapi yang letaknya di bawah iga hingga bagian luar has dalam. Daging jenis ini termasuk daging murah untuk kelas daging has. Daging has umumnya keras karena merupakan bagian otot yang banyak digunakan untuk bekerja. Namun, kerasnya daging ini justru menjadi ciri khas dan tantangan tersendiri untuk membuat bulgogi yang lezat. Meskipun terkesan kompleks, namun resep Bulgogi sebenarnya cukup sederhana dan bisa dipraktekkan bahkan oleh orang yang belum begitu pandai memasak.

Resep Membuat Bulgogi, Masakan khas Korea yang Enak

Bulgogi : Masakan Khas Korea , Foto : Youtube

Sajian Bulgogi sendiri cocok diandalkan untuk berbagai kegiatan. Bulgogi biasanya digunakan sebagai menu utama saat acara makan-makan. Masakan ini tergolong berat karena menggunakan bahan daging yang sifatnya mengenyangkan. Bagi orang Indonesia yang ingin membuat Bulgogi, bahan-bahan pembuatnya sebenarnya sangat mudah dicari. Berbagai bahan untuk membuat makanan ini bisa ditemukan bahkan di toko-toko tradisional. Selain mudah, bahan-bahan tersebut pun juga termasuk terjangkau harganya. Jadi, tak ada salahnya para keluarga Indonesia mencoba membuat sendiri masakan lezat khas negeri Gingseng ini. Apalagi, Bulgogi juga menyehatkan karena mengandung protein hewani yang tinggi.

Bahan Resep Membuat Bulgogi

Berikut ini bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bulgogi, makanan korea yang terkenal karena kelezatannya:

  • 2 pon daging sirloin yang telah diiris tipis-tipis
  • 3 siung bawang merah yang sudah dipotong halus
  • 3 siung bawang putih yang sudah digeprek dan dicincang hingga halus
  • 1 buah bawang Bombay yang sudah dipotong halus
  • 2 sendok makan kecap manis.
  • 2 sendok makan madu.
  • Lada hitam sesuai selera masing-masing
  • Setengah sendok gula pasir atau secukupnya mengikuti selera masing-masing
  • Setengah sendok minyak wijen
  • 1 buah daun selada
  • Garam (bila dirasa perlu)
  • Beberapa irisan wortel

Selain menyiapkan bahan-bahan di atas, siapkan pula alat-alat yang sekiranya diperlukan saat memasak bulgogi. Beberapa alat yang diperlukan antara lain wadah untuk tiap bahan, pisau, alat pemanggang, hingga wadah untuk menyajikan. Jadi, saat memasak Anda bisa lebih menghemat waktu serta tenaga. Anda bisa lebih fokus memasak dengan perhatian yang tidak teralihkan misalnya gara-gara mencari wadah untuk penyajian.

Resep Membuat Bulgogi, Masakan khas Korea yang Enak

Resep Membuat Bulgogi, Masakan khas Korea yang Enak. Foto : cbc.ca

Berikut Cara Membuat Bulgogi

  1. Siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan.
  2. Campur dan aduk rata semua bumbu yang telah disediakan dengan daging yang sudah dipotong-potong tipis. Campur dengan tangan Anda sehingga bumbu benar-benar merata menyelimuti daging.
  3. Bila Anda merasa ingin sedikit rasa asin, Anda bisa menambahkan garam secukupnya.
  4. Diamkan daging yang telah dicampur dengan bumbu tersebut selama kurang lebih 30 menit hingga satu jam. Bila perlu, masukkan daging tersebut ke dalam plastik yang diikat. Ini agar bumbu-bumbu tersebut benar-benar merasuk ke dalam daging dan menjadikan rasa Bulgogi menjadi lezat. Langkah ini sangat krusial karena kelezatan Bulgogi sangat terpengaruh dengan meresap tidaknya bumbu ke dalam daging.
  5. Panggang daging yang telah dibumbui hingga matang.
  6. Setelah dirasa cukup matang, angkat daging lalu hidangkan di wadah yang telah disediakan.
  7. Agar semakin menarik untuk dimakan, sajikan Bulgogi dengan cara penyajian menarik. Misalnya dengan memberikan daun selada.

Demikian Resep Membuat Bulgogi, makanan khas Korea yang terkenal karena kelezatannya. Resep masakan ini memang terkesan lebih rumit. Namun sebenarnya mudah saja bila Anda sudah menyiapkan alat, bahan, dan informasi cara memasak yang tepat. Meski masih pemula, Anda bisa saja membuat bulgogi yang lezat bila mengikuti langkah-langkah yang tepat. Apalagi, kelezatan makanan ini pada dasarnya bertumpu pada bumbu yang digunakan dan meresap tidaknya bumbu ke dalam daging.

Bila Anda sudah memastikan bumbunya benar dan meresap dengan baik ke dalam daging, maka bulgogi yang Anda buat pun akan sangat lezat.

Selamat Mencoba ya bun 🙂

Sumber : resepmedia.com

Save

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *