Perbedaan Kedai dan Cafe, Begini Memilih Peralatan Makan Minumnya

by | Nov 16, 2021 | Tips dan Rekomendasi | 0 comments

Bagi Anda yang ingin membuka usaha kuliner kopi pasti akan dihadapkan oleh dua pilihan yaitu kedai dan cafe. Keduanya tentu memiliki pengertian yang berbeda, dan perbedaan kedai dan cafe pasti ada.

Jika Anda memilih dari salah satu jenis usaha kuliner tersebut, tentu konsep yang diusung juga tidak akan sama. Jangan sampai Anda nanti salah membentuk konsep mulai dari desain interior, menu sajian, hingga peralatan makan dan minum. Sebelum itu, tentu Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa perbedaan kedai dan cafe secara umum.

Perbedaan Konsep Kedai dan Cafe

perbedaan kedai dan cafe konsep

Kedai bisa disebut sebagai tempat berjualan. Seiring berjalannya waktu, masyarakat justru sering menggunakan istilah kedai sebagai tempat makan dengan ukuran bangunan yang kecil. Umumnya, kedai mengusung konsep yang merakyat. Sehingga desain yang digunakan juga cenderung sederhana dan apa adanya.

Berbeda dengan cafe, yang mana mengusung konsep lebih elegan dan bergengsi sehingga hanya bisa menjangkau masyarakat kalangan menengah ke atas. Oleh sebab itu dari segi konsep ini, cafe lebih memperhatikan detail seperti desain interior, menu makanan, hingga harga yang lebih mahal dari kedai.

Perbedaan kedai dan cafe tentu sangat terlihat jelas bagaimana awal konsep tersebut diusung. Maka dari itu, pemilihan peralatan makan dan minum juga harus diperhatikan. Hal ini juga tergantung pada budget yang tersedia agar penggunaan peralatan makan minum bisa sesuai dengan kebutuhan.

Memilih Peralatan Makan Minum untuk Kedai dan Cafe

Banner Piring Melamine

Lihat koleksi peralatan makan eklusif dari Glori Melamine disini

1. Kelengkapan Peralatan Saji

Karena kedai menggunakan konsep yang lebih merakyat dan sederhana, tentu kebutuhan untuk sajian pun tidak terlalu banyak. Anda cukup menyediakan peralatan seperti piring, mangkok melamin, gelas, sendok, dan garpu saat menyajikan makanan kepada konsumen.

Berbeda halnya untuk bisnis cafe, dimana peralatan makan dan minum yang digunakan tentu lebih beragam daripada kedai. Seperti menyediakan piring khusus steak, cangkir khusus kopi, pisau, alas piring, dan sebagainya yang tentunya disesuaikan dengan sajian menu yang ditawarkan.

2. Material Peralatan Saji

Kedai umumnya tidak terlalu memprioritaskan visual hidangan yang disajikan kepada konsumen. Peralatan makan dan minum yang dipakai umumnya menggunakan bahan dari kaca atau melamin dengan harga yang terjangkau.

Sedangkan cafe, sangat memperhatikan material bahan peralatan saji yang digunakan. Apakah menggunakan piring dari kayu, atau tembikar, atau bahkan keramik. Tentunya beberapa material tersebut terbilang cukup mahal jika dibandingkan dengan piring yang berbahan kaca dan melamin.

3. Detail Konsep Perbedaan Kedai dan Cafe

Kedai bisa saja mengusung konsep tertentu agar memiliki daya tarik tersendiri dibanding kedai-kedai lainnya. Namun tetap, detail konsep yang digunakan juga tidak akan serumit konsep cafe. Apapun konsep yang digunakan, peralatan saji yang dipakai juga tetap sederhana dengan harga terjangkau.

Untuk detail konsep cafe, tentu akan lebih rumit daripada konsep kedai. Misalnya, jika cafe yang dibangun ingin berkonsep ala korea, tentu peralatan saji yang digunakan harus menyerupai budaya korea seperti penggunaan sumpit stainless, panci seng, piring keramik, dan sebagainya.

Baca Juga : 4 Macam-macam Restoran yang Wajib Diketahui Sering Kita Temui

4. Perhatikan Perawatan

Perbedaan kedai dan cafe juga perlu diperhatikan dari segi perawatan peralatan makan dan minumannya. Perawatan peralatan saji di kedai tentu sangat sederhana. Perawatan perabotan piring seperti kaca, enamel, biasanya tidak memerlukan teknik khusus namun tetap bisa tahan lama.

Karena harga beli peralatan tersebut tidak terlalu mahal dan mudah ditemukan di pasaran, tentu Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu ada kerusakan maupun kehilangan.

Berbeda halnya dengan peralatan saji di cafe, sebagian cafe ada yang menggunakan peralatan makan yang dibuat secara khusus dari pabrik asalnya. Dalam arti, produk atau barang yang digunakan tentu sangat terbatas dan tidak mudah ditemukan di pasaran.

Terlebih lagi perawatan dari berbagai material peralatan makan dan minum pastinya memerlukan teknik khusus seperti tips mencuci piring melamin . Sehingga, Anda harus dengan hati-hati menjaga peralatan saji yang digunakan agar tetap tahan lama. Karena jika sewaktu-waktu rusak, tentu akan sangat sulit untuk menemukan produk yang sama seperti sebelumnya.