Blog

Pentingnya Seragam Kerja di Sebuah Restoran

Pentingnya Seragam Kerja di Sebuah Restoran

Seragam kerja digunakan oleh perkerja, baik atasan maupun karyawan selama jam kerja. Tidak hanya di pabrik, orang kantoran atau yang bekerja di perusahaan pun mengenakan pakaian khusus ini. Varian seragam kerja pun kini semakin banyak karena tuntutan zaman dan kebutuhan akan seragam kerja itu sendiri.

Manfaat Seragam Kerja

Kostum seragam kerja saat ini bukan hanya dikenakan oleh PNS, tentara atau murid sekolah saja, namun pakaian seragam sudah menjadi trend dan kebutuhan berbagai kalangan, komunitas, organisasi, instansi pemerintah maupun swasta. Seragam bukanlah pakaian kerja biasa namun menjadi komponen penting yang memiliki fungsi, nilai dan makna penting bagi anggota dan organisasinya.

Pentingnya Seragam Kerja bagi Para Pekerja Restoran

Seragam membuat Anda atau anggota suatu organisasi menjadi berbeda, hal ini menunjukkan bahwa seragam dapat menjadi identitas atau tanda pengenal sebuah organisasi. Ribuan perusahaan di dunia percaya usaha bisnis mereka dengan kekuatan seragam kerja, karena bukan sekedar mampu memberikan kesan pertama dan citra positif bagi perusahaan, namun seragam juga mampu menjadi media promosi suatu produk serta mampu meningkatkan semangat dan produktifitas kerja karyawan. Mengenakan seragam menjadi suatu kebanggaan bagi pemakainya, apalagi berada di dalam lingkungan organisasi atau perusahaan ternama yang memiliki prestasi.

Dengan mengenakan seragam standar yang sudah ditentukan tentu memberikan efek efisiensi bagi pelajar dan pekerja karena tidak perlu lagi membeli busana yang berlebihan. Selain itu, seragam mampu menumbuhkan rasa persatuan dan kekeluargaan diantara karyawan atau pelajar, sehingga tercipta kesetaraan dan persamaan yang mampu menghapuskan kesan kesenjangan sosial dan ekonomi. Begitu pentingnya seragam kerja, dan Itulah diantara alasan mengapa diterapkanaturan seragam kerja bagi anggota, pekerja atau pelajar pada sebuah organisasi.

Seragam kerja memiliki banyak fungsi. Antara lain:

1. Identitas Perusahaan :

Perusahaan dapat menunjukan identitasnya dengan berbagai macam cara dan hal. Salah satunya dengan seragam. Oleh karena itu, dalam pakaian khusus ini terdapat berbagai macam logo dan tulisan yang berhubungan dengan perusahaan tersebut. Misalnya, logo perusahaan, nama pegawai, dan beberapa logo atau tulisan dari produk yang telah dihasilkan perusahaan.

2. Gengsi :

Melalui baju kerja tersebut, perusahaan bisa menunjukan gengsinya. Oleh karena itu, tidak jarang setiap perusahaan kini berlomba membuat seragam terbaik agar tidak kalah bagus dari seragam perusahaan lain.

3. Penyetaraan :

Kadang-kadang, pegawai merasa minder dengan jabatannya. Namun, dengan adanya pakaian khusus yang membuat atasannya juga mengenakan pakaian tersebut, rasa minder jadi hilang. Sebaliknya, orang dengan jabatan tinggi pun jadi tahu diri, bahwa ia sama-sama bekerja untuk perusahaan tersebut sehingga tidak akan semena-mena pada rekan kerjanya, baik yang satu jabatan atau di bawah jabatan dirinya.

4. Keselamatan Kerja :

Pada beberapa perusahaan yang memiliki resiko tinggi akan keselamatan dalam pekerjaan mengharuskan setiap pegawainya mengenakan baju kerja berstandar yang mendukung keselamatan kerja tersebut. Biasanya, baju ini berbahan khusus dan memiliki bantalan yang dapat meminimalisasi risiko kecelakaan.

Bagaimana Memilih Seragam Kerja Restoran?

Untuk memilih seragam kerja keperluan Restoran, Perusahaan harus mempertimbangkan 6 hal penting berikut ini ;

1. Perhatikan Tren Fashion

Walaupun hanya pakaian kerja, tapi tren fashion harus tetap menjadi patokan agar para pegawai merasa percaya diri saat mengenakan seragam tersebut. Yaitu, pakaian kerja yang tidak ketinggalan zaman.

2. Desain Seragam Kerja juga Penting loh

Dalam desain pakaian kerja, profesionalisme harus ditunjukan dengan desain pakaian yang tampak rapi, elegan, dan tentu saja kesan formal pun harus ada. Misalnya untuk seragam saat hari terakhir kerja yang cukup santai, pilihlah plo shirt yang masih ada kesan formalnya.

3. Cutting yang Rapi

Potongan baju tidak boleh mengganggu kinerja pegawai. Buatlah baju kerja dengan cutting sesimple mungkin tanpa mengganggu detail desainnya. Sehingga, baju seragam tersebut turut membantu dalam meningkatkan kinerja karyawan di samping dari rasa percaya diri saat mengenakannya.

4. Warna yang Sesuai

Jangan sampai salah pilih warna. Warna tidak boleh norak. Sebaiknya, jika takut salah menetukan warna, ambil saja warna-warna netral yang tidak terlalu membosankan dan tidak terlalu mencolok. Misalnya, warna putih, hitam, abu-abu, atau navy.

5. Bahan Kain yang Digunakan

Pilih seragam kerja dengan kain yang sesuai kenyamanan karyawan. Tidak apa-apa membedakan kain untuk karyawan yang bekerja di pabrik dan yang dikantor selama desainnya masih sama. Karena itu artinya, perusahaan menyesuaikan baju tersebut dengan kebutuhan.

6. Bila Perlu Standar Keamanannya

Bagi seragam khusus, untuk meningkatkan keselamatan dalam bekerja, maka standarisasi seragam tidak boleh dilupakan. Pastikan bahwa seragam telah teruji dan direkomendasikan. Sehingga, pegawai pun dapat dipastikan aman dan nyaman saat mengenakannya.

Semoga Bermanfaat !

Source : Howuhowu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *